Gunakan Smartphone Untuk Mempersiapkan Ujian Nasional SMP

Menjelang Ujian Nasional, banyak dari para siswa yang sibuk mempersiapkan diri agar bisa mendapatkan nilai yang optimal. Namun alangkah baiknya jika persiapan tersebut dilakukan dari jauh-jauh hari agar lebih matang. Salah satu cara untuk mempersiapkan diri adalah dengan menggunakan aplikasi Tryout UN SMP karya Omega Mediatama.

Background Developer & Challenge

Omega Mediatama merupakan startup yang saat ini digawangi oleh Herdian Apriasmoro. Dari awal, Omega Mediatama memang fokus ke ranah pengembangan aplikasi di bidang pendidikan dan public service. Namun sekarang ini sedang fokus untuk bergerak di area mobile.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Omega Mediatama sudah beberapa kali merilis aplikasi mobile. Contohnya adalah Learn Iqra, Learn Doa, dan Learn Shalat. Sampai saat ini, jumlah unduhan terbesar diperoleh aplikasi Learn Iqra yang sudah menembus 1 juta download di berbagai platform seperti iOS, Android, Windows Phone, dan Blackberry.

Aplikasi Tryout UN SMP ini juga sudah memenangkan challenge dari Dicoding yang berjudul Create Any Education Application or Games for Junior High School.

Background App

Screenshot_2015-11-19-00-51-57

Belajar identik dengan duduk di depan meja belajar sambil membuka buku dan mengerjakan latihan soal. Hal tersebut tentu memiliki keterbatasan. Aplikasi Tryout UN SMP mencoba memberikan solusi praktis bagi para siswa yang ingin mempersiapkan diri menghadapi UN.

Dengan menggunakan aplikasi Tryout UN SMP, siswa bisa belajar tanpa perlu harus berada di depan mejanya. Mereka bisa belajar dimanapun dan kapanpun juga. Tidak perlu membawa buku yang tebal, Tryout UN SMP menghadirkan kumpulan soal yang bisa dikerjakan dengan mudah.

Review App

Screenshot_2015-11-19-00-52-15

Untuk menggunakan Tryout UN SMP, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengunduh soal latihan yang ingin kita kerjakan. Setelah diunduh, soal latihan ini bisa kita selesaikan tanpa perlu jaringan internet. Untuk itu proses mengunduh mungkin bisa dilakukan ketika memiliki koneksi internet yang memadai.

Ada banyak kategori soal yang bisa kita pilih sesuai dengan jenjang pendidikan saat ini. Soal-soal tersebut merupakan kumpulan soal yang dibuat dalam versi digital oleh Omega Mediatama. Jika kita telah selesai mengerjakan soal, maka kita bisa menyimpan nilai kita dan melihatnya kembali kelak.

Selain fitur latihan soal, Tryout UN SMP juga menghadirkan fitur untuk belajar. Dengan fitur ini, siswa bisa melihat soal-soal yang diujikan beserta kunci jawabannya.

Development Tools

xamarin

xamarin

Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Xamarin. Xamarin adalah tools yang dapat membantu proses pengembangan aplikasi agar bisa cross platform. Menggunakan tools ini dapat membuat waktu development menjadi lebih cepat dan bisa langsung deploy ke banyak platform sekaligus seperti iOS, Android, Windows Phone, dan Blackberry.

Keunggulan Xamarin adalah semua aplikasi yang dihasilkan sifatnya native. Hal ini membuat dari sisi kecepatan, aplikasi yang dibuat menggunakan Xamarin tidak perlu diragukan lagi performanya. Namun kekurangannya adalah adanya biaya untuk lisensi menggunakan Xamarin.

Aplikasi ini dikembangkan dalam waktu yang cukup singkat, tidak sampai 1 bulan. Mungkin proses yang cukup berat justru fase untuk mengumpulkan contoh-contoh soal agar bisa disajikan ke dalam aplikasi. Sampai saat ini pun proses penambahan kumpulan soal masih dilakukan dan siswa bisa mengunduh tambahan soal baru tersebut langsung dari aplikasi ini.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Strategi yang digunakan oleh Omega Mediatama untuk memonetisasi aplikasinya adalah dengan menggunakan iklan. Iklan tersebut diletakan dalam bentuk banner ads dan juga interstitial ads.

Layanan iklan yang dipilih oleh Omega Mediatama adalah Google Admob. Layanan ini dipilih karena melihat perilaku pengguna aplikasi di Indonesia yang kurang begitu senang membuka iklan apalagi sampai melakukan instalasi dari iklan. Untuk iklan dari sisi impresi, Google masih juara di antara layanan iklan lainnya.

Kesimpulan

Screenshot_2015-11-19-00-52-09

Bagi para Devs yang mempunyai adik, kakak, anak, atau saudara yang saat ini duduk di kelas tiga SMP, aplikasi Try Out UN SMP bisa dijadikan referensi bermanfaat untuk belajar. Dengan fitur yang memudahkan untuk belajar, persiapan untuk UN bisa menjadi lebih baik.

Unduh Try Out UN SMP: Google Play (Free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.