Gunakan Aplikasi Kumpulan Doa Untuk Panduan Ibadah Umat Muslim

Halo Devs. Bagi Devs yang beragama Islam, bisa coba nih aplikasi karya ODT Indonesia yang berjudul Kumpulan Do’a. Dengan aplikasi ini, Devs bisa mendapatkan panduan untuk berdoa sesuai dengan kondisi dan aktivitas Devs sekalian. Simak yuk review-nya.

Background Developer & Challenge

Orbit Dev Team (ODT) Indonesia

Orbit Dev Team (ODT) Indonesia

Orbit Dev Team (ODT) Indonesia merupakan perusahaan IT yang didirikan pada bulan Februari 2013. Perusahaan ini dipelopori oleh Arrival Dwi Sentosa, Ali Ibadurrahman, dan Bonni Pratama Nugraha. Saat ini tim mereka sudah terdiri dari 8 orang dan fokus mengembangkan aplikasi yang sederhana dan bisa membantu memudahkan berbagai aktivitas kita sehari-hari.

Walaupun usianya tergolong muda dengan tim yang masih kecil, ternyata ODT Indonesia sudah memiliki segudang prestasi. Beberapa prestasi dan capaian yang pernah mereka raih sebagai berikut:

  • Juara 1, Indonesian Skills Competition kategori IT Software Application 2014
  • Juara 1, Anugerah Prakarsa Jawa Barat 2014 kategori Pendidikan 2014
  • Runner Up, Anugerah UNPAD Motekar kategori Inovasi IT 2014
  • Nominator INAICTA 2014
  • Top 75 Apps Hackathon BestApps.ID kategori Personal Solution 2014
  • Top 20 Apps The NextDev Telkomsel kategori Pendidikan 2015

Aplikasi Kumpulan Do’a juga telah memenangkan tantangan di Dicoding yakni Create a New Application or Game Using Intel NDK.

Background App

Screenshot_2015-08-28-00-42-42

Kumpulan Do’a dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah pengguna untuk mencari kumpulan do’a yang lengkap dan terus di-update. Harapannya dengan aplikasi Kumpulan Do’a, para pengguna bisa memiliki satu referensi lengkap untuk mendapatkan berbagai informasi terkait do’a dari sumber-sumber yang terpercaya.

Yang membuat aplikasi Kumpulan Do’a berbeda dengan aplikasi lainnya adalah update do’a-do’a di dalam aplikasi di lakukan secara real time tanpa perlu meng-update aplikasi melalui Google Play. Ketika membuka menu Kumpulan Do’a, maka aplikasi akan memeriksa apakah ada do’a baru yang ditambahkan atau tidak.

Review App

Screenshot_2015-08-28-00-42-21

Aplikasi Kumpulan Do’a memiliki dua bagian utama. Menu pertama adalah kumpulan do’a yang berasal dari hadits. Lalu menu kedua adalah do’a yang bersumber dari Al-Qur’an.

Menu tersebut dapat kita pilih melalui side bar menu. Ketika kita memilih satu menu, maka akan ditampilkan seluruh do’a yang ditampilkan dalam bentuk list. Terdapat judul do’a juga preview dari doa tersebut.

Jika kita memilih do’a, maka akan terbuka menu yang berisikan informasi lebih detil tentang do’a tersebut. Selain judul, akan ditampilkan juga pelafalan do’a dalam bahasa arab dan bahasa Indonesia.

Development Tools

Android Studio

Android Studio

Pengembangan dilakukan menggunakan Android Studio sebagai IDE sebagaimana yang direkomendasikan oleh Google. Lalu untuk pembuatan desain visual, logo, dan UI digunakan software Adobe Photoshop.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Strategi monetisasi yang digunakan adalah memanfaatkan iklan banner dari Admob. Admob merupakan layan iklan milik Google yang akan menampilkan iklan-iklan di dalam aplikasi kita.

Saat ini Kumpulan Do’a sudah diunduh sebanyak 215 kali. Pengguna aktif setiap harinya ada 100 orang.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-28-00-42-25

Bagi Devs yang beragama Islam, aplikasi Kumpulan Do’a merupakan aplikasi yang cukup lengkap untuk sumber referensi do’a teman-teman. Bahkan di dalam aplikasi ini juga diberikan penulisan bahasa arab juga artinya.

Unduh Kumpulan Do’a: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more