Gunakan Aplikasi Camera for Android Untuk Memotret

Salam hangat Devs semua. Pada kesempatan kali ini, Dicoding ingin membahas sebuah aplikasi yang mungkin para Devs tidak menyangka kalau ini buatan Indonesia. Jumlah download-nya sudah jutaan loh. Mau tahu aplikasinya apa? Berikut review dari aplikasi Camera for Android.

Background Developer & Challenge

Wixmob a.k.a Android Mobiler

Wixmob a.k.a Android Mobiler

Developer dibalik Camera for Android adalah Wixmob asal Jogjakarta. Di akun Google Play, Wixmob menggunakan nama Android Mobiler. Dalam akun Android Mobiler, sudah terdapat banyak sekali aplikasi yang sifatnya utilitas dan produkitiftas seperti Weather, Video Player, hingga Web Browser.

Wixmob sendiri melalui Camera for Android sudah memenangkan challenge di Dicoding yakni 1 Million Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Aplikasi

Screenshot Camera for Android 1

Screenshot Camera for Android 1

Aplikasi dengan tema fotografi merupakan aplikasi yang cukup digemari olah pengguna smartphone. Hal ini mengingat karena terkadang tiap vendor perangkat Android membuat sendiri aplikasi kamera mereka sehingga mungkin saja ada fitur yang dibutuhkan pengguna tapi tidak tersedia.

Aplikasi Camera for Android berusaha memberikan opsi aplikasi kamera lain bagi pengguna yang mungkin akan cocok sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain menyajikan fitur yang berbeda, Camera for Android juga coba memberikan experience menggunakan kamera di smartphone yang lebih baik.

Review Aplikasi

Screenshot Camera for Android 2

Screenshot Camera for Android 2

Camera for Android memiliki fitur yang cukup banyak dan lengkap. Bagi pengguna kamera yang awam maupun profesional akan dapat menikmati mengambil gambar menggunakan Camera for Android.

Pada umumnya, ada tiga fitur utama di dalam Camera for Android yakni fitur camera, video recorder, dan panomara. Lalu dibalik itu, terdapat juga fitur kostumisasi manual yang bisa kita atur.

Ada banyak sekali mode yang bisa kita ganti di dalam Camera for Android. Beberapa hal yang bisa kita atur secara manual adalah white balance setting, screen mode, exposure, HDR, countdown timer, dan lain sebagainya.

Yang menarik adalah dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya, aplikasi Camera for Android termasuk mudah untuk dioperasikan. Untuk zoom in dan zoom out, kita hanya perlu mencubit pada layar. Kemudian untuk mengatur setting manual, kita hanya perlu menekan layar dimana saja, maka akan muncul berbagai opsi yang bisa dinavigasikan hanya dengan menggeser jari kita.

Kesimpulan

Screenshot Camera for Android 3

Screenshot Camera for Android 3

Camera for Android menyajikan tidak hanya fitur yang cukup lengkap, tapi juga memberikan kemudahan untuk mengoperasikan dan menavigasikannya. Fitur-fitur yang terlihat cukup banyak ini menjadi mudah untuk digunakan, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Jadi tunggu apa lagi, bagi Devs yang senang dengan fotografi, segera unduh Camera for Android di link di bawah ini.

Camera for Android: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more