Geographiea, Game Untuk Menguji Pengetahuan Geografi di Indonesia

Halo Devs. Pengetahuan geografi Indonesia merupakan ilmu yang wajib untuk kita kuasai. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentunya perlu diuji apakah sudah memiliki pengetahuan geografi yang baik atau belum. Agate Jogja melalui game Geographiea akan menguji dan membantu mengasah pengetahuan tentang geografi Indonesia.

Background Developer & Challenge

Agate Jogja

Agate Jogja

Agate Jogja merupakan studio game yang didirikan pada tanggal 1 Januari 2012 di Yogyakarta. Founder dari Agate Jogja adalah Frida Dwi Iswantoro dan Estu Galih Nur Pratiwi. Agate Jogja sendiri merupakan independent business unit dari studio game yang bernama Agate.

Agate Jogja memiliki intelectual property yang cukup terkenal bernama Titok dan Kawan-Kawan. Pada mulanya game tersebut dikembangkan untuk platform web Flash. Kini Agate Jogja telah memiliki berbagai judul game yang sudah beberapa kali menjuarai tantangan di Dicoding.

Game Geographiea sendiri merupakan pemenang dari tantangan di Dicoding yakni Create Any Education Application or Games for Junior High School.

Background App

unnamed-8

Awalnya Geographiea merupakan game hasil dari internal challenge di Agate Jogja. Game ini merupakan kali pertamanya Agate Jogja mengembangkan game untuk platform Android.

Geographiea sendiri terinspirasi dari game ang cukup booming di Facebook bernama Geo Challenge. Namun pada Geographiea, Agate Jogja menyematkan konten lokal sebagai unsur utama di dalam game.

Review App

unnamed-9

Geographiea merupakan game bertema edukasi yang akan menguji kemampuan geografi Indonesia kita. Game ini ber-genre trivia yang berisikan berbagai kuis menarik tentang geografi Indonesia. Game yang dirancang untuk anak-anak ini akan menjadi media yang tepat untuk belajar sambil bermain.

Dalam Geographiea, akan ada beberapa level yang bisa kita mainkan untuk mendapatkan poin. Tiap level akan memberikan jenis pertanyaan dengan gameplay berbeda yang dapat dimainkan. Beberapa contoh level permainannya adalah menebak nama kota, menebak lokasi suatu provinsi, hingga menebak tempat-tempat penting yang ada di Indonesia.

Game ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah pilihan untuk login ke dalam game menggunakan akun Google Plus. Selain itu juga terdapat fitur leaderboard yang memungkinkan kita beradu score dengan teman-teman kita. Dan juga di dalam game ini terdapat banyak sekali achievements yang bisa kita dapatkan dengan rajin-rajin bermain dan menyelesaikan tiap tantangan.

Development Tools

Unity 3D

Unity 3D

Geographiea dikembangkan di atas game engine yang bernama Unity 3D. Untuk visual, Geographiea dikembangkan menggunakan Adobe Illustrator.

Agate Jogja memilih Unity 3D karena merupakan game engine yang mampu mempersingkat proses pengembangan suatu game. Hingga saat ini, Agate Jogja masih tetap mengandalkan Unity 3D sebagai senjata utamanya untuk mengembangkan game.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk monetisasi, Agate Jogja menggunakan iklan di dalam aplikasi. Geographiea memang tidak didesain untuk bisa di-monetize menggunakan in app purchase atau premium app sehingga iklan adalah satu-satunya opsi yang bisa dipilih.

Saat ini Geographiea telah mendapatkan total unduhan hingga angka 70.000-an. Game yang dikerjakan oleh 3 orang dalam waktu 4 minggu ini telah memiliki capaian yang cukup impresif. Sedikit masukan dari Agate Jogja, ada baiknya kita mengembangkan game dengan gameplay yang sudah terbukti sukses daripada haru merancang gameplay dari nol. Hal ini akan menghemat proses pra-produksi.

Kesimpulan

unnamed-10

Geographiea merupakan edugame yang cocok untuk dimainkan segala usia. Game ini akan menambah wawasan geografi Indonesia kita serta menguji seberapa luas pengetahuan geografi Indonesia yang kita miliki.

Unduh Geographiea: Google Play

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more