Marbel Belajar Mengaji, Ajarkan Anak Mengaji Sambil Bermain

Salam hangat Devs semuanya. Sebelumnya perkenalkan dulu, nama saya Adam Ardisasmita. Ini adalah tulisan pertama saya sebagai kontributor dan penulis di Dicoding. Ke depan, saya akan banyak menulis tentang karya-karya developer Indonesia yang menarik dan berpotensi. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memperkenalkan karya-karya hebat para Devs kepada masyarakat luas dan juga sebagai penyemangat untuk kita semua agar terus berkarya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua yah.

Developers, pada kesempatan kali ini Dicoding akan membahas sebuah aplikasi dari salah satu pengembang aplikasi di Indonesia yang sudah banyak membuat karya, yakni Educa Studio. Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Iya, Devs tidak salah baca, 100 aplikasi lebih yang telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

Salah satu karya yang menarik untuk Devs coba adalah aplikasi berjudul Marbel Belajar Mengaji. Apalagi untuk Devs yang sudah memiliki anak dan ingin mengajarkan mereka cara mengaji yang baik dan benar, Marbel Belajar Mengaji sangat cocok nih untuk kamu. Dengan aplikasi Marbel Belajar Mengaji, kita bisa mengajarkan anaknya mengaji dengan cara yang menyenangkan sambil bermain. Yuk kita tengok fitur-fitur apa saja yang menarik dari aplikasi Marbel Belajar Mengaji.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Mengenal Huruf-Huruf Hijaiyah Dengan Mudah

Screenshot Marbel Belajar Mengaji - Belajar

Screenshot Marbel Belajar Mengaji – Belajar

Salah satu metode yang sering digunakan untuk mempelajari bahasa baru adalah dengan model flash card. Metode tersebut memberikan kita petunjuk dalam bentuk visual huruf atau kosa kata baru yang akan dipelajari. Cara ini diterapkan juga dalam fitur belajar di dalam Marbel Belajar Mengaji.

Kita bisa belajar dan mengenal huruf-huruf hijaiyah melalui kartu-kartu yang berisikan huruf dalam bahasa arab, pengucapannya dalam bahasa latin, juga disertakan audio pelafasan huruf tersebut. Akan ada seri huruf-huruf hijaiyah yang bisa kita hafalkan, lalu cara pembacaan menggunakan harokat, juga aturan mengenai tanwin.

Tentu bagi anak-anak, model ini akan sangat mudah untuk diikuti. Dengan berbekal visual bertema kartun dan juga suara di tiap kartunya, proses menghafal dan mengenal huruf-huruf hijayah akan terasa menyenangkan. Bagi anak, belajar mengaji akan menjadi sebuah aktivitas yang seru.

Marbel Belajar Mengaji Juga Dilengkapi Dengan Mini Game

Screenshot Marbel Belajar Mengaji - Bermain

Screenshot Marbel Belajar Mengaji – Bermain

Demi membuat proses belajar mengaji menjadi lebih menyenangkan, Educa Studio menambahkan fitur bermain di dalam aplikasi ini. Bukan sekedar permainan, fitur ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar dan mempertajam hafalan anak.

Ada beberapa jenis permainan yang bisa kita lakukan. Yang pertama yaitu tebak hijaiyah, tebak harokat, dan tebak tanwin dimana kita akan diberikan sebuah petunjuk suara dan harus memilih jawaban yang sesuai dari tiga pilihan. Model permainannya menggunakan model kartu seperti di fitur belajar yang sebelumnya dibahas. Lalu yang kedua adalah pasang harokat dan pasang tanwin. Selain menebak huruf yang dibacakan, kita juga harus menebak tanda baca yang benar sesuai dengan pengucapannya.

Setiap kita berhasil menyelesaikan sebuah permainan, kita akan mendapatkan bintang. Di dalam game ini juga ada rewards berupa kostumisasi baju kedua karakter yang ada di dalam game. Pada umumnya, sebagai hadiah dan menjadi motivasi bermain, rewards tersebut ditukar dengan bintang yang didapatkan dari permainan. Namun ternyata di Marbel Belajar Mengaji, kita bisa menggunakan setiap baju karakter tanpa perlu membelinya menggunakan bintang.

Kesimpulan Aplikasi Marbel Belajar Mengaji

Screenshot Marbel Belajar Mengaji - Rewards

Screenshot Marbel Belajar Mengaji – Rewards

Aplikasi Marbel Belajar Mengaji dari Educa Studio merupakan media yang sangat baik bari para Devs untuk mengajarkan anak-anaknya mengaji. Dengan nuansa kartun juga unsur game yang ada di dalam aplikasi ini, belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk anak.

Aplikasi ini dapat diunduh secara cuma-cuma di Google Play Store. Tidak ada pembelian konten yang perlu kita lakukan di dalam game ini. Untuk monetisasi, Educa Studio menggunakan iklan intertisial di game Marbel Belajar Mengaji. Mungkin model iklan seperti ini agak sedikit tricky mengingat anak-anak akan bisa tidak sengaja menekan iklan yang muncul sehingga pendampingan dari orang tua tetap harus dilakukan.

Satu lagi poin plus dari aplikasi Marbel Belajar Mengaji adalah tersedia pilihan dua bahasa yakni Indonesia dan Inggris. Hal ini dapat membuat aplikasi ini dinikmati juga oleh pengguna selain di Indonesia dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat di seluruh dunia.

Jadi tunggu apa lagi, ayo segera unduh dan mainkan salah satu karya yang apik dari Educa Studio. Educa Studio juga merupakan pemenang dari banyak tantangan Dicoding mulai 1 Million Downloads Club Android NDK Challenge, 500k Downloads Club Android NDK Challenge, 10K Downloads Club Android NDK Challenge, hingga 100% Indonesia (Android).

Game Marbel Belajar Mengaji telah menggunakan Intel Android NDK yang membuat game berjalan lebih baik di Intel Device dengan x86 architecture. Untuk membuktikan hal tersebut kami telah mencoba game tersebut di dua buah device yaitu Asus Zenfone 2 ZE550 ML dan Xiaomi Redmi Note 4G yang memiliki spesifikasi hardware hampir identik.
Kesimpulan hampir tidak ada perbedaan dari sisi grafis game Marbel Belajar Mengaji di kedua device tersebut. Namun kami merasakan loading di dalam game terasa lebih cepat di device Asus Zenfone 2 ZE550 ML yang menggunakan prosesor Intel.

9

Unduh Marbel belajar Mengaji: Google Play (Free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.