Evolusi LINE Things dan Produk yang Dirilis

Halo teman-teman, apa kabar?

Apakah kalian sudah tahu atau pernah mendengar LINE Things?

Pada bulan November yang lalu penulis berkesempatan mengikuti LINE Developer Day di Tokyo, Jepang. Acara yang berlangsung selama dua (2) hari ini memperkenalkan berbagai teknologi dan produk terbaru yang dikembangkan oleh LINE. Salah satunya adalah LINE Things.

LINE Things

Apa itu LINE Things?

LINE Things sebenarnya telah diperkenalkan oleh LINE kepada para developer pada bulan November 2018 silam dan terus berkembang hingga kini. Menurut penjelasan resminya, LINE Things merupakan platform IoT yang memungkinkan suatu LINE channel dan perangkat berkemampuan Bluetooth® Rendah Energi (BLE – Bluetooth® Low Energy) dapat dihubungkan dan dioperasikan melalui LINE.

Seperti kita ketahui, saat ini semakin banyak perangkat bluetooth yang muncul di pasar. Masing-masing memiliki aplikasi dan cara pengoperasian yang terkadang rumit. Kehadiran LINE Things ini dapat menjadi solusi bagi masalah tersebut.

Bagaimana cara kerjanya?

Sebagai gambaran, anggap saat ini Anda memiliki sebuah perangkat bluetooth yang memiliki sensor untuk dapat membaca denyut nadi dan menghitung langkah kaki. Melalui LINE Things kita dapat menghubungkan perangkat tersebut langsung ke aplikasi LINE.

Setelah terhubung, kita dapat mengakses langsung informasi yang dihasilkan oleh perangkat tersebut langsung melalui aplikasi LINE. Tak hanya itu saja, kita juga dapat mengatur dan menjalankan perintah tertentu langsung ke perangkat tersebut.

How LINE Things works

Gambar di atas adalah diagram sistem LINE Things. Terdapat 4 bagian yang perlu kita pahami, yaitu: Akun Bisnis LINE, Server Aplikasi yang kita buat, Aplikasi LINE, dan perangkat Bluetooth Low Energy (BLE).

#1 Akun Bisnis LINE

Anda perlu mendaftar ke akun bisnis LINE untuk dapat mendaftarkan Bot atau aplikasi LIFF yang telah dibuat. Pada akun ini Anda dapat mengatur dan memonitor statistik pengguna aplikasi.

Setelah mendaftarkan Bot atau aplikasi LIFF, Anda akan mendapatkan kredensial untuk mengakses LINE Messaging API, LINE LIFF API, dan LINE Things API.

#2 Server Aplikasi

Server aplikasi digunakan untuk menjalankan Bot maupun aplikasi LIFF yang telah Anda buat. Aplikasi yang telah dijalankan akan saling berkomunikasi dan bertukar data ke sistem LINE maupun ke aplikasi LINE melalui API yang telah disediakan.

#3 Aplikasi LINE

Aplikasi LINE yang Anda pasang pada smartphone akan menjadi penghubung komunikasi data antara perangkat Bluetooth Low Energy (BLE) ke aplikasi yang Anda buat maupun sistem LINE.

#4 Perangkat Bluetooth Low Energy(BLE)

Pada perangkat ini terpasang beberapa alat maupun sensor sesuai kebutuhan. Perangkat BLE terhubung ke aplikasi LINE melalui smartphone. Selanjutnya melalui aplikasi LINE, koneksi tersebut dihubungkan ke aplikasi Anda maupun sistem LINE.

Seperti halnya tercantum pada blog LINE Engineering, beberapa perangkat pengembangan yang dapat kita coba hubungkan ke LINE Things adalah sebagai berikut:

Hingga saat ini, sudah lebih dari 1800 trial products telah terhubung menggunakan LINE Things dan menghasilkan sekitar 164 juta MAU Global.

Apa keuntungan menggunakan LINE Things

Mengapa kita perlu menggunakan LINE Things? Apa keuntungan yang akan kita dapatkan sebagai pengembang jika menggunakan LINE Things?

#1 No Install

Masalah paling mendasar saat kita mengembangkan suatu produk adalah mengarahkan pengguna untuk mau mengunduh dan memasang aplikasi yang telah kita buat. Menggunakan LINE Things, kita tidak perlu lagi repot cari pengguna yang mau memasang aplikasi kita.

Pengguna cukup menggunakan aplikasi LINE mereka untuk mengakses dan menjalankan perangkat yang telah kita kembangkan. Hal ini akan sangat menghemat waktu dan tenaga saat pengembangan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Tinggal pindai saja kode QR atau ketuk tautan dan layanan LINE Things akan segera terbuka.

#2 No Signup

Saat ini orang cenderung malas untuk melakukan pengisian formulir satu per satu dan mendaftarkan akun. Jika proses pendaftaran berbelit-belit alias ribet, pengguna akan berpaling dan enggan menggunakan produk yang kita kembangan.

Keuntungan kedua yaitu pengguna tidak perlu mendaftarkan diri untuk dapat menggunakan produk yang kita kembangkan. Cukup dengan satu akun LINE, pengguna dapat menghubungkan dirinya dan mencoba produk yang telah kita kembangkan.

#3 No Credit Card

Jika produk yang Anda kembangkan menjual sesuatu kepada pengguna, Anda dapat menagihnya secara mudah menggunakan API LINE Pay (terbatas hanya di Jepang dan negara tertentu). Ini sangat memudahkan karena kita tidak perlu lagi menambahkan kode untuk mengintegrasikan LINE Things ke sistem pembayaran.

#4 No Unreachable User

Melalui LINE Things, Anda dapat dengan mudah menjangkau pengguna. Dari perangkat yang telah terhubung, pesan pemberitahuan dapat langsung dikirimkan kepada pengguna. Pengguna akan tetap dapat menerima pemberitahuan saat Anda menambahkan teman.

#5 No Useless Development

LINE Things terintegrasi secara langsung dengan aplikasi LINE dan sistem perpesanan LINE. Hal ini dapat memudahkan dan mempercepat proses pengembangan. Anda tidak perlu lagi menguhungkan banyak komponen satu per satu untuk membuat produk Anda menjadi lebih powerfull.

Evolusi Fitur LINE Things

#1 Device Link
Cukup buat satu buah aplikasi LIFF saja, Anda sudah dapat mengubungkan banyak perangkat sekaligus. Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya saat pengembangan.

#2 LIFF BLE(LIFF SDK BLE Plugin)

Menggunakan LIFF SDK, Anda dapat terhubung langsung dan mengakses fitur yang dimiliki oleh perangkat BLE dengan mudah. Cukup panggil method API dari LIFF SDK melalui baris kode javascript berikut dan selanjutnya perangkat Anda sudah terhubung. Wow! [ rujukan ]

GATT (Generic Attribute Profile) server merupakan sebuah API bawaan perangkat BLE yang berisi sekumpulan karakteristik dan koneksi dengan layanan lainnya [ rujukan ]. GATT ini dapat kita gunakan nantinya untuk mengakses data, membaca nilai, serta menuliskan perintah ke perangkat BLE.

#3 Fitur Baru: Komunikasi BLE Otomatis

Automatic communication overview

Komunikasi BLE Otomatis adalah fungsi yang memungkinkan perangkat BLE dan LINE dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa keterlibatan pengguna, berdasarkan skenario yang ditentukan oleh developer. [ rujukan ]

Dapat membuat skenario yang sinkron dengan aplikasi LINE

Anda dapat merencanakan skenario tertentu untuk otomasi. Misalnya mengirimkan pemberitahuan saat baterai akan habis, atau mencatat nilai saat Anda menimbang berat badan.

Pada dasarnya skenario terdiri dari dua (2) hal, yaitu pemicu (trigger) dan aksi (action). Pemicu merepresentasikan sebagai sebuah kondisi, dimana ketika nilainya memenuhi persyaratan yang telah ditentukan maka skenario dijalankan.

Bagian selanjutnya yaitu aksi, yang mereperesentasikan sekumpulan aktivitas yang akan dilakukan ketika pemicu memenuhi persyaratan. Ketika tujuan skenario hanyalah untuk mengambil data notifikasi, maka aksi ini dapat dikosongkan.

Skenario 1

  • Trigger: BLE_NOTIFICATION
  • Actions: Tidak ada. Hanya digunakan untuk mendapatkan notifikasi data.

Skenario 2

  • Trigger: IMMEDIATE
  • Actions: Melakukan serangkaian langkah berikut:
    • GATT_READ: Membaca data dari nilai karakteristik GATT.
    • SLEEP: Menghentikan sementara proses selama 5 detik.
    • GATT_WRITE: Menuliskan nilai  “6AMAAA==” ([0xe8, 0x03, 0x00, 0x00], atau 1000 dalam format 32-bit integer) ke nilai karakteristik GATT.

Dapat berkomunikasi di latar belakang

Melalui fitur baru ini, perangkat BLE Anda dapat terus terhubung dengan LINE Things tanpa harus membuka aplikasi. Anda dapat membuat LINE terhubung dan berkomunikasi dengan perangkat secara berkala, atau mempertahankan koneksi yang terus-menerus dan membiarkan LINE mendengarkan pemberitahuan dari perangkat. Hasil komunikasi ini dikembalikan ke URL Webhook channel Anda melalui Messaging API.

Koneksi langsung ke perangkat BLE

Anda hanya perlu menghubungkan perangkat BLE ke aplikasi LINE saat pertama kali saja. Pada waktu selanjutnya Anda tidak perlu lagi melakukannya. Aplikasi LINE akan memindai perangkat yang tersedia dan menguhubungkannya secara otomatis. Selanjutnya perangkat akan langsung dapat berkomunikasi dengan LINE sesuai dengan skenario yang telah dibuat.

Produk yang menggunakan LINE Things

Car Battery Checker

Perangkat ini ditanam pada sistem baterai kendaraan. Menggunakan perangkat ini kita tidak perlu lagi bongkar mesin demi cek daya baterai masih bagus atau perlu diganti. Saat baterai akan habis, notifikasi juga akan muncul melalui aplikasi LINE kita.

LINE Things Car Battry Checker

LINE Things Drink Bar

Bayangkan Anda memiliki sebuah mesin yang dapat membuatkan segelas kopi atau teh. Cara kerja perangkat ini mirip seperti itu, namun lebih menyenangkan lagi. Begitu perangkat ini terhubung ke LINE Things, Anda dapat membuat minuman langsung dari aplikasi LINE Anda.

LINE Things Drink Bar

JINS MEME

Jins Meme merupakan perangkat LINE Things berupa sebuah kacamata. Di dalam kacamata tertanam beberapa sensor yang dapat membaca tingkat kemiringan saat Anda menggerakkannya miring ke kiri maupun ke kanan.

Menariknya, perangkat LINE Things ini telah memanfaatkan LIFF SDK yang berisi sebuah game Bounce Ball yang dapat kita mainkan. Saat kepala atau leher Anda lelah, cobalah gunakan kacamata ini. Dijamin akan rileks kembali!

Smart Pen

Perangkat ini memungkinkan Anda menulis langsung pada sebuah buku catatan dan hasilnya langsung ter-replikasi pada aplikasi LIFF.

LINE Things Smart Pen

Referensi

 

Penasaran ingin membaca oleh-oleh artikel dari LINE Developer Day 2019 lainnya? Cek:

  1. Membuat Module Bundler Sendiri ala Front-end Engineer LINE
  2. Belajar Membuat gRPC Microservice dengan LINE Armeria dan Spring WebFlux

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Chief Product Officer