Diundang ke Jepang, LINE Developer Day 2019!

Diundang ke Jepang (lagi), menghadiri acara LINE Developer Day 2019 –

Halo semuanya, kembali lagi di tulisan saya yang biasanya membahas beberapa hal seputar developer, programming, Kotlin, Android, dsb.

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman menghadiri acara tahunan dari LINE, yaitu LINE Developer Day. Ini adalah kali kedua saya pergi ke Jepang untuk menghadiri acara tersebut. Sebelumnya, di tahun 2018 saya juga berkesempatan untuk hadir pada acara yang sangat keren itu.

LINE Developer Day merupakan sebuah konferensi teknologi yang memperkenalkan tentang tantangan, keahlian, dan juga inisiatif masa depan terkait berbagai layanan LINE dari perspektif teknis. Di acara ini kita bisa kepo dan belajar semua teknologi yang sedang atau akan dikembangkan oleh LINE.

2019 menjadi tahun ke-5 diadakannya LINE Developer Day. Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, kali ini pertama kalinya acara tersebut diselenggarakan selama 2 hari. Bisa dibilang, acara ini 2 kali lipat lebih besar dari tahun sebelumnya. Acara terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu keynotes sessions, short track, hands-on, dan juga after party.

Bagaimana Bisa Diundang ke LINE Dev Day?

Mungkin ada yang penasaran atau ingin tahu bagaimana ceritanya bisa diundang ke LINE Dev Day. Saya tidak sendirian menghadiri acara tersebut, melainkan bebarengan dengan beberapa teman dari Dicoding, LINE API Expert, media, influencer, dan juga LINE Indonesia.

Singkat cerita, sejak awal bergabung di Dicoding, saya cukup aktif berkontribusi terhadap ekosistem LINE Developer di Indonesia. Mulai dari mengembangkan kurikulum LINE Academy di Dicoding hingga sharing di berbagai acara developer untuk mengenalkan beberapa teknologi LINE yang bisa dimanfaatkan oleh semua developer. Beberapa academy yang saya kembangkan termasuk Belajar Membangun LINE Chatbot, Belajar Membangun Prototype Chatbot Dengan LINE Bot Designer, dll.

Pada akhir tahun 2017, LINE mengumumkan program baru bernama LINE API Expert, sebuah title yang diberikan kepada engineer yang kompeten dan memiliki pemahaman mendalam tentang API yang disediakan oleh LINE, serta berpengaruh dalam komunitas developer. Saya pun tanpa ragu langsung mendaftar saat diberitahu oleh LINE mengenai program tersebut. Setelah memenuhi semua persyaratan administrasi dan yang lainnya, Alhamdulillah saya terpilih menjadi LINE API Expert angkatan pertama yang diumumkan pada Q1 2018 bersamaan dengan beberapa developer lain dari Japan, Taiwan, Thailand, dan juga Indonesia.

Nah, undangan untuk menghadiri LINE Dev Day adalah salah satu benefit yang diperoleh dari LINE API Expert. Keren kan? Jika kamu tertarik dan merasa layak menjadi LINE API Expert, kamu bisa daftar di https://www.line-community.me/contributors/request.

Topik Apa Saja yang Dibahas pada LINE Dev Day 2019?

Acara yang diselenggarakan pada 20 – 21 November 2019 di Grand Nikko Tokyo Daiba tersebut mengusung tema LIFE with LINE. Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 3000 peserta yang berasal dari berbagai kalangan developer. Di setiap sesi yang setidaknya terdiri dari 68 main talks, 42 short tracks, 9 poster sessions, 6 hands-on sessions, dan 19 booths tersebut para praktisi termasuk Liner (sebutan untuk karyawan LINE) membagikan pengetahuan mereka tentang teknologi yang sedang ditekuni.

LINE Developer Day 2019

CTO LINE, Euvin Park – Keynote Sessions

Pada sesi Keynote, CTO LINE, Euvin Park memaparkan sebuah konsep “Connect with LINE Platform” dan “Natural Experience with AI Technology”. Beberapa bidang yang termasuk ke dalam LIFE with LINE adalah Fintech, Commerce, O2O, dan juga Contents & Entertainment. Jadi, perlu kita ketahui bahwa produk LINE itu tidak hanya LINE Messenger saja, banyak juga produk – produk keren lainnya yang saat ini mungkin belum tersedia di Indonesia. Misalnya saja LINE Pay, di Jepang produk ini bisa dibilang sangat ramai. Kita bisa menggunakan LINE Pay untuk berbelanja di mini market, restoran, bahkan transportasi umum.

Euvin juga mengumumkan produk baru bernama LINE Mini App, produk ini termasuk salah satu topik yang hangat dibicarakan pada LINE Dev Day. LINE Mini App memungkinkan untuk para pelaku bisnis mengintegrasikan aplikasi mereka ke aplikasi LINE. Sebagai contoh, ketika kamu memiliki sebuah Cafe dan ingin bisa dipesan secara online, kamu bisa membuat aplikasi berbasis web dan mengintegrasikannya dengan LINE Mini App. Aplikasi kamu akan bisa diakses melalui aplikasi LINE. Secara tidak langsung, jutaan pengguna LINE akan dengan mudah bisa menjangkau aplikasi kamu. LINE Mini App ini merupakan salah satu bagian dari konsep “Connect with LINE Platform”. Penasaran lebih lanjut tentang LINE Mini App? Mungkin di artikel selanjutnya saya akan membahasnya.

Masih banyak lagi beberapa topik besar dan menarik yang dibahas pada sesi Keynote, diantaranya adalah LINE AI, Data Platform and Infrastructure, Data Security and Privacy, dll.

LINE Developer Day 2019

CTO LINE, Euvin Park – Keynote Sessions

Sementara itu, di sesi lainnya mereka membahas produk dan teknologi yang lebih spesifik secara teknikal dan mendalam. Short tracks menjadi sesi paling favorite untuk saya, dengan waktu yang sangat singkat yaitu 10 menit, para Liner membagikan pengetahuan yang sangat menarik dari beberapa teknologi yang mereka gunakan sehari-hari di LINE. Banyak insight yang saya dapatkan dari sesi tersebut, misalnya saja tentang Kotlin yang mereka adopsi tidak hanya untuk Android melainkan juga server-side, tentang bagaimana mereka menangani fitur Dark mode pada aplikasi LINE, dll. Semua topik tersebut juga didokumentasikan dengan sangat rapi, kamu bisa mengakses semua slide presentasi mereka di https://speakerdeck.com/line_devday2019 dan juga menonton videonya di YouTube.

Tunggu artikel – artikel saya selanjutnya ya, mungkin saya akan membahas beberapa topik yang saya ikuti disana seperti LINE LIFF, LINE Mini App, dll.

Keseruan di LINE Dev Day 2019

Tentunya, saya juga ingin berbagi tentang keseruan – keseruan yang saya dapatkan selama mengikuti acara tersebut. Bisa dibilang, acara ini merupakan acara paling seru dan menarik yang pernah saya ikuti. Bagaimana tidak? Berangkat dan pulangnya saja disediakan bus yang dikemas secara “LINE banget”. Mau tahu bus-nya seperti apa?

LINE Developer Day 2019

Bus sebagai alat transportasi dari dan ke LINE Dev Day

Check-in dengan menggunakan Face Recognition. Absennya sudah tidak lagi manual dengan tanda tangan maupun barcode, kita tinggal berkaca saja pada tablet yang telah disediakan. Muka kita otomatis akan dikenali jika sebelumnya sudah didaftarkan di aplikasi LINE Dev Day.

Narsis di Photobooth yang super kece.

LINE API Expert

Saya dan Habibi Mustafa (CPO, Dicoding)

Pada sadar nggak? Itu logo LINE Dev Day disusun dengan smartphone! Animasinya pun bisa berubah-ubah dan keren banget.

Bermain di booth dengan teknologi yang memanfaatkan AI.

Selain itu, di beberapa booth tersebut kita bisa bertanya langsung dengan para Liner. Mereka sangat ramah sekali, dan menjawab semua pertanyaan kita dengan sangat detail. Bahkan mereka membagikan merchandise yang unik – unik.

Masih banyak lagi keseruan lainnya yang mungkin tidak akan cukup jika diceritakan pada artikel ini. Kami, LINE API Expert juga berkesempatan untuk menghadiri sesi khusus bersama CTO LINE untuk membahas issue – issue menarik dari setiap negara dan juga tour ke LINE HQ yang ada di Shinjuku.

LINE API Expert

Global LINE API Expert @ LINE Corp Shinjuku

Sampai disini dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk semua teman – teman developer. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Ingin belajar mengenai teknologi LINE seperti LINE Messaging API dan LINE LIFF? Ikuti beberapa academy berikut:

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Head of Reviewer, Dicoding