Dirakit – Komunitas Internet of Things berbasis Web Indonesia

Internet of Things telah memulai invasinya di Indonesia. Berbagai vendor besar dan startup mulai mengembangkan produk-produk untuk teknologi tersebut, seperti XL Axiata, eFishery, dan lainnnya. Berbagai macam produk-produk yang didesain untuk teknologi ini juga telah mulai masuk ke pasaran Indonesia, seperti Intel Galileo, Genuino 101, Raspberry Pi, MKR1000, dan lain sebagainya.

Para maker harus belajar kembali dengan munculnya teknologi baru ini. Bagi sebagian maker, belajar Internet of Things dapat diakses melalui laman instructables atau hekster.io. Akan tetapi, kedua laman tersebut masih berbahasa inggris, sehingga memerlukan dua kali proses pemikiran untuk menyerap ilmu dari kedua laman tersebut.

Dengan alasan tersebut, Dirakit.com muncul sebagai solusi laman belajar para maker dengan bahasa Indonesia. Dirakit merupakan sebuah komunitas Internet of Things yang ditujukan kepada para praktisi dan enthusiast IoT untuk berkumpul, berbagi informasi dan bertukar ilmu terkait Internet of things.

Dirakit merupakan komunitas berbasis web yang memiliki misi untuk memajukan dunia Internet of Things dan memberikan solusi terbaik permasalahan-permasalahan yang terjadi dengan menggunakan teknologi Internet of Things di Indonesia.

Pada laman komunitas ini, para maker dapat berbagi ilmu tentang pembuatan sebuah proyek dengan video atau tulisan yang berisi berbagai hal tentang proyek yang dikembangkan, seperti alat bahan, langkah kerja, maupun software yang digunakan.

Berbagai proyek dengan tingkat kesukaran dapat dikembangkan di Dirakit. Proyek-proyek seperti getting started sebuah produk baru, tutorial, pengembangan prototype, atau proyek yang sedang dikembangkan dapat dibagikan pada laman web ini. Selain itu, Dirakit tidak membatasi jenis board yang digunakan.

Para maker juga dapat berdiskusi memanfaatkan kolom komentar yang terdapat pada setiap proyek. Para maker dapat menambahi atau mendiskusikan hal-hal yang dirasa membingungkan dalam pengembangan proyek tersebut.

Selain dapat saling bertukar ilmu, para maker dapat berkompetisi untuk mengembangkan sebuah teknologi Internet of things melalui fitur “Challenge” pada laman komunitas ini. Para maker dapat berkompetisi sesuai tema yang diberikan.

Seperti platform saudaranya, Dicoding, Dirakit juga memberikan penilaian dan hadiah kepada para maker yang terdaftar di komunitas tersebut dengan sistem poin dan XP. Sementara itu, untuk ketentuan sistem poin dan XP dapat dilihat pada laman cara kerja Dirakit.

Referensi : http://teknojurnal.com/dirakit-komunitas-internet-things-berbasis-web-indonesia/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Chief Operation Officer at Dicoding Indonesia