Rapor Pencapaian Dicoding Tahun 2022

Playback 2022: Pencapaian Dicoding Tahun Ini

Seiring berjalannya waktu, Dicoding tentu melakukan banyak pembaruan dan peningkatan layanan serta kualitas pembelajaran, learning experiences merupakan salah satu hal yang selalu kami prioritaskan. Untuk itu, Classroom 3 hadir dengan beberapa fitur dan tampilan baru untuk mempermudah siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Semua itu dilakukan agar visi-misinya untuk mendukung akselerasi Indonesia menuju transformasi digital bisa tercapai.

Tak terasa, kita sudah berada di akhir tahun. Pastilah banyak hal dan momentum yang telah dilewati. Dengan bangga kami persembahkan pencapaian tahun ini untuk semua yang telah berkontribusi membangun Dicoding.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Kelas Baru

Bentuk komitmen Dicoding dalam menyediakan materi yang selalu up to date dengan tetap menjaga kualitas tentu tidak pernah main-main. Demi menghasilkan talenta digital berbasis global, kami menyediakan 12 kelas baru pada tahun ini!

Berikut adalah daftar kelas yang dihadirkan Dicoding tahun 2022.

React Developer

Perkembangan React merupakan salah satu hal yang paling disoroti dalam dunia pemrograman tahun ini. Ia sangat penting dipelajari, salah satu alasan adalah karena kegunaannya untuk membuat web yang lebih dinamis. 

Maka dari itu, pada tahun 2022, Dicoding meluncurkan Learning Path React Developer untuk berpartisipasi memperluas ekosistem React. Di dalamnya, menghadirkan tiga kelas baru, yakni Belajar Membuat Aplikasi Web dengan React, Belajar Fundamental Aplikasi Web dengan React, dan Menjadi React Web Developer Expert.

DevOps Engineer

Efektifitas yang dihasilkan oleh praktik kerja dengan menerapkan prinsip DevOps membuat DevOps Engineer mulai banyak dibutuhkan dalam ranah industri. Dicoding tentu tidak ketinggalan untuk ikut memfasilitasi pembelajaran bidang yang satu ini.

Oleh sebab itu, tahun ini Dicoding menghadirkan Learning Path DevOps Engineer. Lima kelas baru pun dirilis melalui alur belajar tersebut. Di sana, kamu bisa belajar mulai dari dasar-dasar DevOps, jaringan komputer, menjadi Linux System Administrator, implementasi CI/CD, hingga membangun Arsitektur Microservices.

Android Developer

Kehidupan manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk berkomunikasi, bersosialisasi, dan mengekspresikan dirinya. Perangkat seperti ponsel pintar (smartphone) serta komputer tablet menjadi salah satu alat yang menunjang kebutuhan tersebut. Android merupakan salah satu sistem operasi yang membuat teknologi dalam perangkat tersebut semakin canggih.

Seiring perkembangan Android, Dicoding terus memperbarui kelas-kelasnya dalam Learning Path Android Developer agar bisa melahirkan pengembang-pengembang Android yang semakin ahli. Adapun tahun 2022, kami merilis kelas Belajar Pengembangan Aplikasi Android Intermediate dan Belajar Membuat Aplikasi Android dengan Jetpack Compose.

Lainnya

Tidak hanya berkontribusi pada pengembangan teknologi yang telah disebutkan, Dicoding juga memperbarui kelas-kelas dalam alur belajar lainnya. Di samping itu, kami pun merilis dua kelas baru, yaitu Machine Learning Operations (MLOps) dan Belajar Membuat Aplikasi Back-End untuk Pemula dengan Cloudeka.

Submission Kelas

Inilah salah satu ciri khas yang membedakan Dicoding dengan platform lainnya: Submission. Dengan adanya Submission, kamu bisa terlatih untuk menyelesaikan real case layaknya bekerja di industri. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan review langsung dari para expert.

Nah, pengerjaan Submission tentunya tidak mudah. Ada kriteria yang harus dipenuhi untuk menghasilkan proyek dengan baik. Namun, siswa Dicoding memiliki semangat juang tinggi! Tahun ini, sebanyak 123.766 submission telah dikirimkan oleh mereka. Di antara angka tersebut, adakah Submission yang kamu submit?

Feedback Kelas

Pengalaman belajar kamu tentu menjadi harapan dan semangat kami untuk terus meningkatkan mutu dan layanan. Dengannya, kami tentu selalu ingin membaca atau mendengar umpan balik dari siswa.

Ternyata, 107.262 feedback telah dikirimkan kepada Dicoding pada tahun ini. Angka ini sangat fantastis dan kami sangat mengapresiasinya, apa pun feedback yang diberikan.

Berdasarkan umpan balik yang telah kami terima, Dicoding pun berhasil meraih rating 4.87 dari 5 sebagai nilai kepuasan siswa terhadap kualitas kurikulum dan rating 4.88 dari 5 untuk 1-on-1 Professional Code Review. Terima kasih karena sudah memberi perhatian agar Dicoding menjadi lebih baik!

Beasiswa di Dicoding

Terakhir dan tidak kalah penting, beberapa program di Dicoding terselenggara melalui kerja sama dengan para pegiat industri teknologi. Salah satunya adalah program beasiswa yang sering menjadi andalan siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang teknologi.

Tahukah kamu, selama tahun 2022, ternyata sudah ada 19 program beasiswa yang diluncurkan Dicoding bersama partner industri. Dalam program tersebut, ada 109.433 siswa terbaik yang telah berani memperjuangkan mimpinya. Apakah kamu termasuk bagiannya?

 

Itulah beberapa pencapaian Dicoding pada tahun 2022. Dengan ini, kami sangat bangga dan bahagia bisa tetap mempertahankan kualitas serta pelayanan yang baik. Tentu pencapaian tersebut tidak lepas dari semua kontribusi yang telah diberikan kepada Dicoding. Kami juga mengapresiasi segala bentuk dukungan dan umpan balik yang telah diberikan.

Kami berharap, lebih banyak lagi kontribusi yang kita ciptakan bersama-sama, dalam rangka akselerasi Indonesia menuju akses literasi digital. Kami sangat bersemangat dan tidak sabar untuk meraih mimpi yang lebih besar lagi. Kamu juga harus antusias, ya, untuk menggapai asa dan cita-citamu!

Mari bersiap untuk menyambut lebih banyak program persembahan Dicoding pada tahun 2023!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.