Recruitment Facilitator Google Arcade

Dibuka! Pendaftaran Fasilitator untuk Program Google Cloud Arcade 2024

Hi developers! Ada kabar gembira dari Google Cloud dan Dicoding untuk kalian semua!

Di tahun 2024 ini, Google Cloud bekerja sama dengan Dicoding mengadakan program Google Arcade Fasilitator. Program ini merupakan beasiswa coding dari Google Cloud yang bekerja sama dengan Dicoding dengan konsep gamifikasi untuk menambah atau meningkatkan skill talenta digital di bidang cloud computing, pengembangan aplikasi, big data & artificial intelligence/machine learning. Peserta yang mengikuti program ini akan meraih badge digital dan poin yang dapat digunakan untuk ditukar dengan hadiah menarik dan merchandise Google Cloud.

Program Google Arcade Fasilitator nantinya akan terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia yang memiliki minat untuk upskilling di bidang teknologi terutama cloud computing dan artificial intelligence. Dengan mendaftar, peserta akan menerima akses belajar gratis ke materi pilihan di Google Cloud Skills Boost yang dikemas dalam bentuk tugas gamifikasi berhadiah. Selain itu, program ini juga menyediakan fasilitator (mungkin kamu adalah fasilitator yang kami cari) yang akan mendamping proses belajar peserta agar bisa menyelesaikan tugasnya dengan maksimal.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Kriteria dan Syarat Fasilitator yang Dicari:

Apa saja beasiswa gamifikasi yang nantinya akan diberikan kepada peserta di program ini?

  • Menyelesaikan “Arcade Game Badge”. Game di program ini berupa serangkaian laboratorium praktik langsung (hands-on) yang membantu peserta untuk belajar teknologi Google Cloud melalui persaingan di leaderboard dengan pengguna lain. Semakin cepat peserta belajar, lebih banyak poin yang didapatkan.
  • Menyelesaikan “Arcade Trivia Quest Badge”. Trivia bertujuan untuk menguji pemahaman peserta tentang konsep-konsep Google Cloud berdasarkan setiap topik yang akan dicakup oleh setiap badge. Badge Trivia terdiri dari lab praktik langsung (hands-on) dan kuis untuk menguji pengetahuan saat peserta menyelesaikan sebuah lab, sehingga memastikan peserta telah memahami semua konsep dengan benar.
  • Menyelesaikan “Google Cloud Skills Badge”. Skill adalah rangkaian praktik langsung dengan sebuah lab tantangan di akhir. Lab tantangan mengharuskan peserta untuk menyelesaikan tugas tertentu secara mandiri berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajari melalui praktik langsung di dalam badge tersebut. Badge skill adalah badge khusus yang hanya bisa diperoleh setelah menyelesaikan semua lab praktik langsung dan lab tantangan.

Program ini akan dirilis ke publik/dapat diikuti oleh peserta umum pada tanggal 15 Mei 2024 mendatang. Namun sebelum dirilis untuk peserta, Google dan Dicoding mencari 120 Fasilitator Arcade Pilihan yang nantinya akan bertugas untuk: 

  • Mengajak sebanyak mungkin rekan, kerabat, atau koneksi untuk mengikuti program ini setelah program ini dirilis pada tanggal 15 Mei 2024 menggunakan kode referral yang Google disediakan. Fasilitator akan dipasangkan dengan 1 fasilitator terpilih lain sehingga akan bekerja secara teamwork (1 tim berisi 2 orang fasilitator). Selain itu, pencarian peserta juga akan dibantu oleh tim Dicoding. Jadi fasilitator tidak perlu khawatir jika tidak memiliki koneksi yang luas.
  • Membantu mendorong dan memotivasi peserta terdaftar untuk menyelesaikan tugas atau tantangan yang diberikan oleh Google.
  • Menyelesaikan target yang diberikan dalam jangka waktu tertentu untuk menerima hadiah dari Google.

Mengapa kamu harus mendaftar jadi Fasilitator Arcade?

Melalui program ini, fasilitator akan mendapatkan keterampilan industri yang kuat dengan lab praktik yang akan membantumu memulai karir di bidang cloud. Selain itu, sebagai penghargaan jika berhasil menyelesaikan tugas sebagai fasilitator di program ini nantinya, kami akan memberikan hadiah pada berbagai milestone yang kamu capai, termasuk:

  • Google Cloud Skills Boost Credit selama 2 bulan.
  • Sertifikat penghargaan dari Google untuk setiap Fasilitator.
  • SWAG Google Cloud – Google Nest, Ransel, Kaos, Pulpen, dan masih banyak lagi.
  • Paket Internet – dalam bentuk Tokopedia Gift Card selama proses pendampingan peserta.
  • Mendapatkan hak untuk menyebut dirinya sebagai “Fasilitator Arcade” dari Google.

Timeline Pendaftaran Fasilitator Arcade

  • Pendaftaran fasilitator : 1 – 21 April 2024
  • Seleksi fasilitator: 29 April 2024
  • Pengumuman fasilitator terpilih: 3 Mei 2024
  • Train The Trainer fasilitator: 7 Mei 2024
  • Masa tugas Fasilitator (program dirilis untuk publik): 15 Mei – 15 Juli 2024

Tertarik menjadi bagian dari Fasilitator Arcade bersama Google?
Daftarkan dirimu sekarang juga melalui
dicoding.id/oprecfacil-arcade maksimal tanggal 21 April 2024 pukul 23:59 WIB.

Catatan: Kami hanya akan memilih 120 fasilitator dan diprioritaskan yang mendaftar tercepat, jadi kuota ini sangat terbatas! Silakan isi formulir dengan seksama dan kumpulkan pendaftaran terbaikmu!

Jika kamu memiliki pertanyaan, silakan hubungi email arcade@dicoding.com.

Kami tunggu partisipasimu di program ini ya! Sampai jumpa di Cloud!

Salam,
Tim Google Arcade Fasilitator


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.