Bangkit 2020

Daftar Bangkit 2021 – Siapkan Karir di Perusahaan Teknologi Terdepan

Daftar Bangkit 2021 – Siapkan Karir di Perusahaan Teknologi Terdepan

Mengenal Bangkit Lebih Dekat 

Bangkit adalah program pendidikan yang ditujukan untuk mahasiswa yang ingin mempelajari dasar-dasar Machine Learning, Pemrograman Android, atau Cloud Computing, dan akan ditawarkan melalui Kampus Merdeka (kategori Studi Independen). Bangkit telah resmi diumumkan sebagai program Kampus Merdeka oleh Dirjen Pendidikan Tinggi – Kemdikbud RI.

Bangkit terbuka hanya untuk 3000 peserta pilihan dari seluruh Indonesia. Mahasiswa/i terpilih akan mengikuti pengalaman belajar online dengan total 900 jam selama 18 minggu yang dimulai pada Februari 2021. Kurikulum Bangkit dapat diakses di https://bit.ly/bangkit-curriculum. Peserta yang menyelesaikan program ini akan memenuhi syarat hingga 20 kredit studi universitas (SKS) (tergantung persetujuan universitas peserta). 

Jika kamu adalah mahasiswa S1/D4 yang terdaftar di kampus terakreditasi seluruh Indonesia – setidaknya telah tuntas 5 semester (terhitung Semester Genap 2020/2021) kamu dapat mendaftar Bangkit 2021. Bangkit 2021 akan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, pastikan Anda percaya diri dalam menulis dan berbicara Bahasa Inggris.

Dicoding sebagai Curriculum Developer Bangkit 

Dicoding bangga dipercaya menjadi penyedia assessment bagi calon peserta Bangkit. Jika kamu mendaftar, ada 3 jenis assessment atau tes kualifikasi yang wajib dituntaskan: 

  1. Matematika dan pemrograman 
  2. Kepribadian dan pola pikir
  3. Persetujuan universitas

Pastikan kamu siap dan memberikan hasil terbaik. Tes yang diberikan akan dipergunakan untuk memberikan pengalaman belajar terbaik dan memetakan kemampuan peserta.

Lebih lanjut, Dicoding juga menjadi platform penyedia pembelajaran untukmu yang memilih “Pemrograman Android.” Di Dicoding Academy kamu akan belajar sampai dengan kelas Menjadi Android Developer Expert. Di akhir program, semua peserta Bangkit 2021 akan berkesempatan mengikuti ujian sertifikasi global berstandar Google. Lengkapnya:

  • Associate Android Developer (untuk Pemrograman Android) 
  • Tensorflow Certification (untuk Machine Learning) 
  • Associate Cloud Engineer (untuk Cloud Computing)

Alih-alih membayar jutaan rupiah, ujian sertifikasi ini bisa kamu akses secara gratis atas dukungan penuh dari Bangkit.

Bangkit Membuka Peluang Karir Masa Depan

Tak sekadar program belajar, Bangkit merupakan program kesiapan karier.  Bangkit dirancang oleh Google dan dijalankan dengan dukungan dari berbagai perusahaan seperti dari Gojek, Tokopedia, Traveloka, Deeptech Foundation. Program ini didesain untuk memberi peserta paparan langsung dengan praktisi dari industri dan akan mempersiapkan peserta dengan keterampilan yang relevan untuk karir yang sukses di perusahaan teknologi terkemuka. 

Silakan pilih satu di antara alur Android, Cloud, atau Machine Learning, dan pelajari keterampilan penting seperti metodologi design thinking, kepemimpinan, komunikasi, dan keterampilan presentasi. Termasuk juga kemampuan bekerja sama dalam tim akan diasah melalui final/capstone project – terintegrasi dalam kurikulum Bangkit.

Setelah berhasil menyelesaikan program ini, kamu akan diundang ke pameran karier virtual, di mana kamu akan memiliki akses peluang kerja di perusahaan terkemuka di Indonesia. Selepas itu, sepuluh tim proyek akhir akan dipilih untuk pengembangan lebih lanjut termasuk dana inkubasi hibah dan dukungan dari Universitas mitra Bangkit yang ditugaskan.

Peserta terpilih dari beberapa universitas juga berkesempatan mengikuti program global yakni University Innovation Fellowship – Stanford University yang akan menjadikan kamu Agent of Change di almamatermu.

Ayo Daftar Bangkit Sekarang!

Bangkit merupakan program pengembangan diri kelas dunia yang sepenuhnya gratis dan kompetitif. Tahun lalu dari 2.500 pendaftar hanya 300 orang terpilih – yang memenuhi syarat dan bermotivasi tinggi. Di akhir program, 216 orang lulus dan sebanyak 41 lulusan diantaranya langsung mendapatkan kesempatan kerja dan magang. Simak video Irfani Sakinah, lulusan lulusan Bangkit, yang kini telah bekerja sebagai seorang Data Scientist di sini

Inilah rangkuman kenapa kamu harus bergabung dengan Bangkit

  • Konversi pembelajaran (studi independen) Kampus Merdeka hingga 20 SKS 
  • Sertifikasi Google Standar Global: Associate Android Developer / Associate Cloud Engineer / Tensorflow Certification
  • Peluang raih karir sukses di perusahaan teknologi terdepan melalui Career Fair untuk lulusan
  • Kesempatan jadi 1 dari 10 tim yang raih pendanaan inkubasi untuk proyek akhir
  • Kesempatan jadi 1 dari 40 lulusan yang ikuti program University Innovation Fellowship – Stanford University 

Tunggu apa lagi? Jika kamu adalah seorang mahasiswa yang tertarik dengan teknologi dan ingin mengikuti program ini, Bangkit is for you.

Silakan kunjungi https://g.co/bangkit untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran
Tanyakan ke bangkit@dicoding.com jika Anda memiliki pertanyaan.

Catatan:
Batas daftar adalah 8 Januari 2021 diperpanjang hingga 14 Januari 2021.
Kami menganjurkan agar mendaftar sesegera mungkin karena terdapat sejumlah persyaratan yang perlu dilengkapi.

 

Daftar Bangkit 2021 – Siapkan Karir di Perusahaan Teknologi Terdepan – end

Referensi:

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Content Editor at Dicoding Indonesia