A Year of Dicoding Achievements and Milestones!

Salah satu sahabat pernah mengatakan bahwa saya berusaha menambang digunung yang sama, gunung yang telah saya geluti selama 8 tahun terakhir. Hanya saja dengan kendaraan bernama Dicoding, berplat “startup”. Harusnya saya berani untuk pindah haluan, meskipun mungkin tidak sejalan dengan passion. Karena hampir semua startup mengarah ke gunung yang jelas melimpah emasnya.

Dicoding mungkin memang tidak terlalu layak disebut startup. Dari awal berdiri hingga sekarang kami hanya terdiri dari 4 orang full time dan 1 orang part time yang semuanya sekarang tinggal di kota yang berbeda. Kami tidak pernah mendapatkan pendanaan Series A, B, dst. Bila ada client yang bertanya dimana kantor, kami selalu jawab di awan. Meskipun awal tahun depan kami akan menempati kantor baru di Bandung.

Hal yang paling menyenangkan buat kami adalah saat kami bisa memotivasi developer agar dapat menghasilkan produk terbaik. Saat developer yang tergabung mendapatkan download hingga 5 juta atau saat mereka bisa mengeluarkan potensi terbaiknya, kami memang tidak mendapatkan keuntungan duniawi. Tapi itulah momen dimana kami merasakan “passion validated”.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Hampir satu tahun perjalanan kami berinteraksi dengan 9,300 developer secara online dan 3,100 developer secara offline melalui event seminar, workshop, dsb. Platform academy kami yang baru berusia 4 bulan saat ini telah mereview 900 submission code dari 300 developer yang belajar berbagai teknologi terkini perusahaan dunia. Platform challenge kami juga telah membantu developer menghasilkan 1,350 aplikasi yang telah diunduh lebih dari 36 juta kali dari seluruh dunia.

Untitled-1 copy-2

Dicoding dari awal berdiri hingga sekarang hidup dari profit. CTO kami memiliki lahan di sebuah kota kecil di Jawa Timur dan setiap jam 4 sore beliau akan ganti Thinkpad dengan pacul. Bukan karena kekurangan gaji, tapi karena ingin hidup lebih sehat dengan makanan organik. Saya sendiri sekarang sangat bersyukur karena  bisa memiliki probabilitas lebih besar untuk menunaikan ibadah tepat waktu. Bagi kami waktu untuk menikmati hidup adalah bagian dari profit.

Mimpi kami sebenarnya sederhana. Bagaimana bisa melahirkan developer terbaik untuk menjadi bagian inti dari perkembangan ekosistem digital di Indonesia. Terima kasih telah menjadi bagian dari keluarga besar Dicoding. Mari kita jadikan tahun 2016 sebagai tahun kita, developer Indonesia!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.