Cari Kerja Lebih Mudah Dengan Aplikasi Loker Indonesia

Buat Devs yang sedang mencari kerja, sekarang ada loh cara untuk mencari lowongan pekerjaan yang praktis. Kalau biasanya mencari informasi lowongan pekerjaan di koran atau datang ke pameran, kali ini GITS Indonesia membuat sebuah aplikasi yang akan membantu Devs mencari tempat untuk bekerja. Penasaran seperti apa aplikasinya? Yuk kita lihat lebih lanjut.

Background Developer & Challenge

logo gits indonesia

logo gits indonesia

GITS Indonesia merupakan perusahaan IT yang sudah cukup senior di Indonesia. Yang menarik, GITS Indonesia merupakan salah satu pelopor di pengembangan aplikasi Android di Indonesia. Dikala Google belum mendukung developer di Indonesia untuk membuat akun di Google Play, GITS Indonesia sudah selangkah lebih maju dengan membuat akun di luar Indonesia.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Selain menjadi expert dan pelopor Android di Indonesia, GITS Indonesia juga memiliki variasi portofolio dan skill di dunia IT yang sangat banyak, mulai dari kemampuan di area pengembangan website hingga berbagai platform mobile seperti untuk Windows Phone, Blackberry, iOS, Android, dan lain sebagainya.

Aplikasi Loker Indonesia sudah memenangkan beberapa challenge di Dicoding yang diselenggarakan oleh Intel Indonesia. Tantangan yang sudah dimenangkan adalah 100K Downloads Club Android NDK Challenge dan 10K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Aplikasi

Screenshot Loker Indonesia 1

Screenshot Loker Indonesia 1

Semakin hari persaingan di dunia kerja semakin berat. Apalagi mengingat ekonomi di Indonesia yang sedang melemah, tentu banyak dari kita yang sedang kesulitan mencari kerja.

Aplikasi Loker Indonesia akan menampilkan berbagai informasi lowongan pekerjaan untuk kita. Dengan menggunakan aplikasi mobile, diharapkan para penggunanya bisa lebih mudah untuk mencari pekerjaan.

ReviewAplikasi

Screenshot Loker Indonesia 2

Screenshot Loker Indonesia 2

Aplikasi Loker Indonesia berisikan berbagai informasi lowongan pekerjaan di Indonesia. Ada lowongan kerja dari berbagai industri yang bisa kita temukan mulai dari lowongan dari BUMN, Bank, Telekomunikasi, dan lain sebagainya.

Di dalam informasi lowongan kerja, akan ada keterangan tentang profil perusahaan yang membuka lowongan kerja juga posisi lowongan yang dibuka. Selain itu, juga dilampirkan persyaratan yang dibutuhkan untuk mereka yang ingin melamar di posisi tersebut.

Untuk memudahkan pencarian dari sekian banyak lowongan pekerjaan, GITS Indonesia memberikan fitur filtering di dalam aplikasi ini. Kita bisa memilih lowongan pekerjaan berdasarkan beberapa pilihan industri seperti Bank, Farmasi, Minyak, Nutrisi, dan lain-lain.

Development Tools

Android Studio

Android Studio

Aplikasi yang hanya tersedia untuk Google Play ini dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java. Untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android, tools yang digunakan adalah Android SDK dan Android Studio.

Yang masih menjadi pertanyaan, darimana data-data lowongan pekerjaan ini ditarik. Nampaknya data dimasukan secara manual mengingat input data di dalam aplikasi ini dilakukan oleh nama-nama akun ang terlihat seperti admin dari aplikasi ini.

Positifnya menggunakan input manual adalah datanya bersih dan sudah terkurasi. Semua informasi seragam, bahkan ada ilustrasinya yang diambil dari beberapa sumber. Namun tentu akan ada keterbatasan jumlah data jika dibandingkan menarik data secara otomatis dari situs lowongan kerja lainnya.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk monetization, Lowongan Kerja menggunakan iklan di dalam aplikasi. Beberapa nampak menggunakan iklan dari AdMob milik Google seperti untuk menampilkan iklan banner dan iklan intertisial. Tapi beberapa juga nampak seperti format layanan iklan lain, terutama untuk iklan berbasis video intertisial. Bisa jadi GITS Indonesia menggunakan ad mediation di dalam aplikasi ini.

Sayangnya tidak ada fitur untuk upgrade agar bisa menghilangkan iklan. Jika ada fitur pro, kita bisa membayar versi aplikasi yang tidak ada iklannya agar bisa lebih nyaman mencari pekerjaan.

Kesimpulan

Screenshot Loker Indonesia 3

Screenshot Loker Indonesia 3

Aplikasi Lowongan kerja karya GITS Indonesia merupakan salah satu solusi praktis untuk bisa menemukan lowongan pekerjaan di Indonesia. Dengan data yang sangat rapih dan up to date, aplikasi ini akan sangat membantu rekan Devs mencari pekerjaan yang sesuai.

Unduh Loker Indonesia: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!