Cara Mengikuti Sertifikasi AZ-900

AZ-900 adalah ujian dari Microsoft Azure untuk mendapatkan sertifikasi Microsoft Azure Fundamentals. Ujian ini dirancang untuk kandidat yang ingin menguji pengetahuan tingkat dasar tentang layanan cloud dan bagaimana layanan tersebut disediakan dengan Microsoft Azure.

Ujian ini bisa diambil oleh Anda baik yang berlatar belakang IT untuk memvalidasi pengetahuan dasar terkait layanan cloud, maupun yang tidak punya latar belakang teknis, seperti yang terlibat dalam penjualan atau pembelian solusi dan layanan berbasis cloud.

Ujian AZ-900 dapat menjadi langkah awal dalam mempelajari layanan cloud dan bagaimana konsep-konsep tersebut digunakan oleh Microsoft Azure. Ujian ini juga bisa menjadi persiapan untuk mengambil ujian dari Microsoft Azure lainnya, meskipun tidak menjadi prasyarat untuk ujian di level selanjutnya.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengambil ujian ini beragam sesuai dengan negara tempat ujian dilaksanakan. Di Indonesia sendiri biaya untuk ujian ini adalah 55 USD. Untuk lebih detailnya bisa Anda baca di halaman sertifikasi AZ-900.

Apa saja yang harus dipelajari sebelum mengambil AZ-900?

Ujian AZ-900 menguji pengetahuan kita tentang beberapa poin berikut:

  • Cloud concepts;
  • Core azure services;
  • Security, privacy, compliance, and trust;
  • Azure pricing and support.

Semua materi ini telah tersedia pada kelas Belajar Dasar-Dasar Azure Cloud (https://www.dicoding.com/academies/144) dalam bahasa Indonesia. Untuk tambahan materi, Anda bisa membaca dokumentasi Microsoft Azure. Selain itu tersedia official practice test sebagai latihan soal (berbayar), namun Anda bisa mengerjakan 5 soal secara gratis.

Bagaimana cara registrasinya?

Untuk proses registrasi, Anda diharuskan memiliki akun Microsoft. Jika belum ada, silakan buat terlebih dahulu.

Kemudian untuk dapat menyelesaikan pembayaran, pastikan Anda sudah memiliki promo code yang valid dan sesuai dengan exam-nya. Jika tidak memiliki promo code maka harus melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit/debit.

Ikutilah step by step di bawah ini untuk registrasi exam AZ-900:

  1. Masuklah ke halaman dari exam AZ-900, bisa Anda buka di tautan berikut ini https://docs.microsoft.com/en-us/learn/certifications/exams/az-900.
  2. Klik Schedule exam.
  3. Lengkapi profile dari akun Microsoft-mu.

  4. Jika sudah selesai maka klik Save & Continue, kemudian tunggu sampai proses save-nya selesai.
  5. Di halaman ini, silakan langsung klik Go to Pearson VUE.
  6. Tersedia beberapa mekanisme exam yang disediakan, akan tetapi kami di blog ini hanya akan membahas 2 cara yaitu At a local test center dan At my home or office.

    1. At a local test center, berarti Anda akan mengambil exam di test center yang disediakan di kotamu.
    2. At my home or office, berarti Anda akan mengambil exam secara online dengan menggunakan peranti Anda sendiri, dan bisa dilaksanakan di dalam rumah atau kantor Anda.
  7.  Jika sudah yakin dengan cara apa yang mau diambil, silakan pilih salah satu dari poin yang telah disediakan. Kami akan menyertakan screenshot dari 2 cara yang dibahas di blog ini, silakan sesuaikan dengan pilihan Anda.
  8. Jika At my home or office yang dipilih, maka Anda bisa melakukan Run pre-check untuk mengetes device atau koneksi yang akan Anda pakai. Kami sangat menyarankan untuk melakukan pre-check ini.
    Ada beberapa hal yang akan secara otomatis dicek oleh sistem, yaitu mikrofon, koneksi internet, dan webcam.

    Jika semua sudah tercentang hijau, maka Anda bisa menggunakannya untuk exam nanti. Jika mikrofon/webcam belum tercentang hijau, maka kami sarankan untuk mengganti/memperbaiki terlebih dahulu. Jika koneksi internet belum hijau, maka pastikan ketika exam berlangsung, koneksi internet yang dipakai cukup dan stabil.
  9. Jika At my home or office yang dipilih, maka halaman selanjutnya Anda diharuskan mencentang online exam policies-nya.

  10. Langkah selanjutnya, pilih bahasa exam-nya. Memang disediakan 4 pilihan bahasa, tapi sayangnya belum ada versi bahasa Indonesia.
  11. Kemudian muncul halaman untuk memilih jadwal exam-nya. Silakan sesuaikan dengan pilihan exam Anda, apakah di local test center atau rumah.
    1. Local test center
      Akan muncul halaman untuk mencari test center yang ada. Anda bisa memilih 3 tempat untuk kemudian dibandingkan. Pilihlah 3 tempat yang sesuai dengan preferensi Anda.

      Kemudian di halaman ini Anda bisa memilih tanggal yang masih available berdasarkan lokasi.

      Setelah itu Anda bisa memilih jamnya. Secara otomatis akan disesuaikan dengan timezone Anda. Contoh di bawah ini sudah langsung menyesuaikan dengan WIB.

    2. Home atau office.
      Pertama, pilih tanggalnya terlebih dahulu.

      Kemudian pilihlah jamnya, di sini sudah disesuaikan dengan timezone Anda. Contoh di bawah ini sudah langsung menyesuaikan dengan WIB.

  12. Setelah masuk ke halaman My Order, periksa kembali apakah sudah sesuai semuanya. Jika sudah, maka klik Proceed to checkout.

  13. Kemudian scroll ke bawah dan klik Accept.
  14. Sekarang tinggal proses terakhir, yaitu menyelesaikan pembayaran.
  15. Jika Anda memiliki promo code maka klik Add Voucher or Promo Code, kemudian akan muncul isian form. Isikan form tersebut dengan promo code yang Anda miliki, klik Apply.
  16. Jika menggunakan promo code, maka ESTIMATED TOTAL DUE-nya akan menjadi USD 0.00.

  17. Perlu diingat jika Anda tidak memiliki promo code, maka Anda harus membayar dengan menggunakan kartu kredit.
  18. Jika semua sudah selesai, klik Submit Order.

  19. Jika sudah masuk ke halaman ini, maka selesai proses registrasinya, yay!

 

Apa saja yang perlu disiapkan saat ujiannya?

Exam AZ-900 bersifat buku tertutup, berarti Anda tidak boleh membuka materi apa pun saat ujiannya berlangsung.

Jika Anda ujian secara onsite, siapkanlah dokumen identitas asli yang dibutuhkan seperti paspor atau SIM. Disarankan untuk datang lebih awal sebelum exam dimulai.

Jika Anda memilih di home atau office, maka disarankan untuk menyiapkan semua peralatan terlebih dahulu, kami sarankan maksimal 30 menit sebelum exam.
Beberapa hardware/software/alat yang dibutuhkan untuk mengambil exam via online adalah:

  1. Komputer/laptop dengan sistem operasi Windows/macOS, saat ini os Linux belum di-support untuk melakukan tes.
  2. Webcam dan sound recorder, boleh internal/eksternal.
  3. Smartphone untuk mengambil foto sebelum ujian, ketika ujian smartphone harus berada di luar jangkauan.
  4. Dokumen asli, dapat menggunakan paspor atau SIM.

Ketika sudah waktunya exam, silakan ikuti step by step berikut ini:

  1. Masuklah ke tautan berikut ini: https://home.pearsonvue.com/microsoft/onvue
  2. Pilihlah pada Begin exam dan klik Login.

  3. Masuk ke Your dashboard.

  4. Kemudian, ambillah exam sesuai dengan yang sudah dijadwalkan.
  5. Sebelum exam, Anda diharuskan mengunduh aplikasi Pearson VUE. Ikuti langkah-langkah yang sudah diberikan.

Ketika exam, kita akan diawasi oleh pengawas melewati webcam kita. Oleh karena itu, untuk mengurangi terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan exam, maka ada beberapa hal yang kami sarankan:

  • Carilah tempat yang tenang tanpa ada gangguan dari orang lain;
  • Pindahkan alat komunikasi apa pun (smartphone, jam tangan digital/smartwatch, dan lainnya) keluar dari jangkauan tangan;
  • Pada saat exam pastikan wajah kita selalu tampil di kamera;
  • Dilarang membaca soal dengan keras.

Sekian, blog tentang exam AZ-900. Anda juga bisa melihat video dari kami yang membahas exam AZ-900. Di video ini akan membahas beberapa pertanyaan (FAQ) seputar sertifikasi AZ-900 bersama Widyarso Joko Purnomo, content writer di Dicoding dan juga sudah tersertifikasi AZ-900. Berikut tautan videonya: https://youtu.be/TlZ4N9M0hkk

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Head of Academy at Dicoding Indonesia (Google Associate Android Developer)