Cara Backup data Android ke PC

Cara Backup Data Android ke PC

Hallo, teman-teman!

Backup merupakan salah satu hal yang penting, terlebih jika kamu pengguna Android. Dengan melakukan backup, kamu akan meminimalisir terjadinya kehilangan data di Android. Data itu bisa berupa foto, musik, video, file, dan lain sebagainya. 

Lantas, bagaimana cara mem-backup data di peranti Android? Cara backup data Android sangat bervariasi, kamu bisa memilih cara yang cocok dan mudah dilakukan. PC/komputer merupakan salah satu destinasi yang tepat untuk digunakan sebagai menyimpan data. Kebanyakan orang pasti sudah mengetahui cara mem-backup data Android ke PC. Tetapi tidak semua orang tahu metode yang baik dan tepat.

Tentunya setiap orang tidak ingin kehilangan HP atau pun mengalami kerusakan pada ponselnya. Oleh karena itu kamu perlu menyimpan data sebagai cadangan di PC. Sebelum masuk ke pembahasan, kamu mesti tahu alasan mengapa kamu harus mem-backup data Android.

Alasan Mengapa Kamu Perlu Backup Data Android

Seseorang akan melakukan backup data Android sebagai langkah preventif jika sesuatu hal buruk terjadi pada HP Androidnya.

Berbagai macam alasan untuk backup data seperti, ketika melakukan suatu perubahan terhadap sistem Android, memodifikasi, update ROM, flashing ROM, reset data Android, dll.

Apabila kamu sudah melakukan backup ke PC, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sebab jika data pada Android hilang, datamu masih ada di PC. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut:

Cara Backup Data Android ke PC

Memindahkan data Android ke PC memang suatu hal yang cukup mudah dilakukan. Terutama jika handphone kamu masih bawaan pabrik (tanpa root). Cukup colok kabel data USB dari HP ke PC. Kemudian kamu bisa copy data HP ke PC. Sampai di sini data kamu sudah aman. Namun, pengirim data tersebut hanya beruba data eksternal Android saja, seperti foto, file doc, video, dan file download.

Lalu, bagaimanakah cara backup data Android yang berhubungan dengan sistem android?

Data Android yang berhubungan dengan sistem, misal aplikasi yang ter-install, SMS, kontak, log telepon, dan ROM Android. Ini tidak bisa hanya dilakukan dengan copy paste, perlu cara tertentu. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mem-backup data Android ke PC seperti berikut ini:

Backup Data Android ke PC via Aplikasi

Menggunakan aplikasi merupakan salah satu cara mem-backup data yang paling efektif. Dengan menggunakan aplikasi PC, seperti Wondershare Mobile Trans, sangat cocok bagi kamu jika ingin backup data hanya dengan satu kali beres.

aplikasi-wonderhare-menuTampilan menu utama dari Wondershare Mobile Trans

Berikut berbagai langkah dalam backup data menggunakan aplikasi Wondershare Mobile Trans:

  • Install terlebih dahulu aplikasi tersebut di PC/komputer kamu.
  • Bila ingin backup data, silakan klik menu “Back Up Your Phone”.
  • Kemudian hubungkan perangkat Android kamu ke PC dengan menggunakan kabel data.

backupdata-wondershare

Tampilan menu backup dari Wondershare Mobile Trans
  • Setelah tampilan di atas muncul, kamu bisa memilih beberapa opsi data yang akan dicadangkan. Contohnya ketika Anda ingin backup data kontak Android, maka kamu bisa beri checklist pada opsi “Contact”.
  • Jika sudah, klik tombol “Start Transfer” untuk memulai backup data Android ke PC.

backuphoto

Tampilan proses backup dari Wondershare Mobile Trans
  • Silakan tunggu proses backup tersebut sampai dengan selesai

finish

Tampilan finish backup dari Wondershare Mobile Trans
  • Oke, proses backup sudah selesai dilakukan. Bila kamu ingin tahu letak berkas backup tersebut, kamu bisa klik “Open Folder”

windows explorer

 Tampilan windows explorer: file hasil backup
  • Format file hasil backup berupa .bak. Dalam contoh kali ini saya menggunakan HP vivo, maka nama berkasnya menjadi “vivo 1904_20200414.bak”. Jika sudah selesai, silakan klik close “window explorer” dan klik tombol “OK” pada tampilan aplikasi. 
  • Bila kamu ingin mengembalikan data dari PC ke Android, maka cukup dengan klik tombol “Restore From Backups” pada tampilan menu utama aplikasi.

Kelebihan Aplikasi Wondershare Mobile Trans:

Berikut beberapa kelebihan dari aplikasi Wondershare Mobile Trans:

  • Cukup satu klik untuk membuat backup-an atau cadangan semua kontak, SMS, apps, audio, video, foto, log panggilan dan kalender.
  • Selektif dalam melakukan cadangan foto, video, app/file, kontak, musik, SMS, dokumen file.
  • Tidak ada kerumitan dalam mengembalikan berkas backup-an dari PC ke Android kamu.
  • Tak hanya Android, aplikasi ini juga bisa backup data iOS.
  • Bekerja dengan baik pada peranti LG, Samsung, Sony, HTC, Motorola, HUAWEI, ZTE, dan Google.

Walaupun aplikasi ini mempunyai versi berbayarnya. Saya rasa dengan versi trial-nya saja sudah cukup, terutapa untuk kamu yang hanya ingin mem-backup data secara aman dan cepat. Dalam versi trial juga memungkinkanmu untuk transfer data dari HP satu ke HP lainnya, namun dibatasi untuk beberapa penggunaan saja.

Untuk fitur lainnya, mungkin saya sarankan kamu agar mempunyai versi full-nya. Silakan kunjungi tautan mobiletrans.wondershare.com untuk mengunduh dan mendapatkan informasi lebih lengkap.

Backup Data Android ke PC secara Manual

Untuk cara ini memang terlihat agak sulit, apalagi jika kamu yang gamau ribet atau tidak mementingkan data aplikasi android (seperti kontak, history panggila,  dan chat dan apps). Kamu dapat melakukan cara backup ke PC secara manual. Namun, kamu harus memindahkan data-data yang ingin kamu backup terlebih dahulu agar dapat dicar dengan mudah.

backup data

Kamu hanya bisa membackup data eksternal saja, seperti berkas doc, pdf, foto, video, atau berkas download. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Gunakanlah kabel data untuk menyambungkan perangkat Android ke PC/komputer.
  • Buka Windows Explorer dan pilih perangkat Android.
  • Setelah itu kamu akan melihat berbagai folder, seperti nama, photos, DCIM, video, music, download, dll.
  • Silakan pilih data yang perlu kamu backup. Cukup klik kanan copy, kemudian paste pada hardisk PC/komputermu.
  • Selesai deh. Mudah kan?

Memang cara ini tergolong simpel. Namun jika bandingkan dengan menggunakan aplikasi, cara manual ini cukup memakan waktu. Jika cara ini sudah cukup untukmu, maka gunakanlah cara ini.

Menggunakan Aplikasi Bawaan Android

Setiap sistem operasi Android pasti memiliki fitur bawaan backup. Ini merupakan cara yang bisa kamu lakukan ketika kamu ingin menyelamatkan data (seperti file akun, foto, video, history, dsb) tanpa perlu install aplikasi.

  • Buka pengaturan HP, lalu klik “Pengaturan lainnya”, dan silakan masuk ke “Buat cadangan & Atur ulang”.

setting

  • Selanjutnya pilih “Data cadangan”. Di situ kamu bisa backup atau restore data.

  • Kemudian kamu bisa pilih lewat mana kamu akan membackup data, bisa melalui cloud merek bawaan HP atau melalui Google. Sebagai contoh kita pilih “server google”.

via backup

  • Setelah itu, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Silakan geser tombol di sebelah “Cadangkan data saya”

cadangkan

Cara ini memang tergolong mudah. Bila kamu menghidupkan tombol tersebut, secara otomatis data kamu akan tersimpan ke server baik itu google drive maupun lainnya. Hal itu yang bisa mempersempit ruang ruang drive kamu dan pastinya membutuhkan setidaknya koneksi internet karena data yang disimpan melalui cloud.

Nah, setelah kamu mengetahui cara membackup data Android ke PC, kamu dapat simpulkan cara aman dan mudah yang digunakan untuk membackup data. Cukup gunakan cara yang menurutmu mudah, simpel, dan sesuaikan dengan kebutuhanmu ya! 

“Aku akan selalu memilih orang malas untuk mengerjakan pekerjaan yang sulit karena ia akan menemukan cara yang mudah untuk mengerjakannya.”

(Bill Gates)

Sekian yang dapat saya (penulis) sampaikan. Semoga bermanfaat. Oh iya, jangan lupa tinggalkan sebuah komentar atau ceritamu tentang backup data Android ya!

Cara Backup Data ke PC– karya Rendi Juliarto, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding