Budayakan Hemat Energi Dalam Game Save The Power

Halo Devs semua. Sebagai developer, kadang kita suka keasyikan kerja sehingga lupa untuk memperhatikan konsumsi listrik di sekitar kita. Ada ruangan yang kosong, tapi ternyata lampunya masih menyala. Hal ini tentunya bisa menjadi pemborosan loh.

Buat yang suka lupa matiin lampu, Dicoding punya game yang cocok untuk dibahas nih. Yuk kita simak game yang mengangkat tema hemat energi karya The Flavare Studio.

Background Developer & Challenge

logo flavare studio

logo flavare studio

The Flavare didirikan pada bulan Maret 2012 dengan misi ingin memberikan sesuatu yang unik kepada semua orang. Misi tersebut diterjemahkan dalam bentuk game yang mereka kembangkan. Beberapa game yang sudah dikembangkan oleh studio asal Surabaya ini adalah Battleship dan Wanara Runner Game.

Save The Power telah memenangkan tantangan dari Dicoding yakni Create a New Application or Game Using Intel NDK.

Background Game

Screenshot Save The Power 1

Screenshot Save The Power 1

Mematikan lampu bisa mengurangi konsumsi energi dan memberikan impact positif untuk lingkungan hidup. Dengan kebiasaan ini, kita bisa membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik.

Salah satu pemborosan energi yang sering ditemukan di perkotaan adalah lampu-lampu gedung perkantoran yang dibiarkan menyala padahal tidak ada orang di dalamnya. Jika sedang ada yang menggunakan ruangan tersebut tidah masalah, namun jika ternyata ruangannya kosong maka hal tersebut merupakan pemborosan.

Atas dasar itulah game Save The Power dibuat. Game ini akan memberikan para penggunanya kesadaran lebih tentang hemat energi.

Review Game

Screenshot Save The Power 2

Screenshot Save The Power 2

Save The Power merupakan game casual yang terinspirasi dari game yang sudah cukup populer berjudul Piano Tiles. Cara bermainnya adalah kita harus menekan kotak yang tepat untuk mendapatkan poin.

Tiap kotak diwakili direpresentasikan sebagai jendela dari sebuah gedung. Ada tiga kondisi dari jendela tersebut yakni kondisi mati, menyala namun kosong, dan menyala tapi ada orangnya. Tugas kita adalah menekan jendela yang menyala namun tidak ada orang di dalamnya.

Jika kita salah memencet jendela, maka permainan akan berakhir. Lalu jika dalam waktu tertentu tidak segera memencet jendela, permainan juga akan berakhir. Poin kita akan dihitung dari berapa jumlah ruang kosong yang berhasil kita matikan lampunya.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Model monetisasi yang digunakan di dalam aplikasi ini adalah penggunaan iklan di dalam game. Ada dua jenis iklan yang ditampilkan yakni iklan dalam bentuk banner yang mengisi sebagian kecil area dari layar. Lalu ada juga iklan yang berbentuk intertisial atau mengisi layar secara penuh di antara pergantian layar.

Layanan iklan yang digunakan di dalam Save The Power adalah iklan AdMob. AdMob merupakan layanan iklan yang dimiliki oleh Google. Layanan ini merupakan salah satu yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengembang game di Indonesia, terutama untuk platform Android.

Kesimpulan

Screenshot Save The Power 3

Screenshot Save The Power 3

Save The Power merupakan game casual ringan yang memiliki pesan positif di baliknya. Dengan game ini, harapannya masyarakat bisa semakin sadar tentang pentingnya berhemat.

Unduh Save The Power: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more