Bersiaplah untuk Acara AWS re:Invent 2020

Bersiaplah untuk Acara AWS re:Invent 2020


Jika kamu adalah seorang developer, cloud engineer, atau siapa pun yang tertarik menggeluti dunia komputasi cloud, maka kamu wajib mengikuti acara teknologi tahunan terbesar dari Amazon Web Service, yaitu AWS re:Invent. Dengan mengikutinya, Anda dapat belajar banyak hal seputar platform AWS. 

Acara ini telah diselenggarakan sejak tahun 2012 dan menjadi salah satu konferensi teknologi terpenting yang selalu dihadiri oleh banyak orang. Tahun lalu ada sekitar 65 ribu orang yang menghadirinya. [1]

Dari tahun ke tahun AWS re:Invent selalu menyajikan materi yang menarik. Salah satu bagian yang ditunggu-tunggu adalah Keynote dari CEO AWS: Andy Jassy. Disiarkan langsung dari kota Seattle, Amerika Serikat, beliau akan membagikan kabar terbaru seputar pelanggan, produk, dan layanan AWS.

Selain itu, acara ini juga menyuguhkan sesi dengan beragam topik yang disampaikan oleh para pimpinan AWS. Beberapa topik yang akan disampaikan antara lain analitik, arsitektur, komputasi, database, dan masih banyak lainnya.

Yang lebih menarik, ada sesuatu yang baru pada acara tahun ini, yaitu Machine Learning Keynote. Sesi ini akan membahas bagaimana mereka berinovasi pada machine learning dengan pengembangan terkini di AWS. Anda juga dapat menyimak demonstrasi teknologi terbaru serta pengalaman dari pelanggan AWS.

Dengan mengikuti acara ini, kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Di antaranya adalah:

  • Dapat mengakses semua konten dari acara re:Invent sampai akhir bulan Januari 2021. Setelah itu kamu tetap dapat menontonnya di kanal Youtube AWS.
  • Bisa mempelajari layanan AWS dan praktik terbaik dari para ahli.
  • Dapat mempelajari tentang apa saja yang baru di AWS.
  • Raih kesempatan untuk mengakses pelatihan dan persiapan exam AWS.

Bedanya, tahun ini AWS re:Invent tahun 2020 terselenggara virtual tanpa dipungut biaya sama sekali. Acara ini akan berlangsung selama 3 minggu dari tanggal 30 November sampai 18 Desember 2020. Jadi, bagaimana cara mendaftar acara ini?

Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi tautan berikut Daftar AWS re:Invent. Kemudian klik tombol Register Now.
  2. Isikan informasi kontak kamu sesuai yang tertera, seperti nama, alamat, dan nomor telepon.

  3. Silakan gulir halaman ke bawah dan kamu akan menemukan bagian Tell us a bit about you. Di sini kamu bisa mengisikan seputar latar belakang seperti pekerjaan, pengalaman menggunakan AWS, dan ketertarikanmu.
  4. Selanjutnya, masukkan email dan password yang ingin kamu daftarkan. Pastikan password yang akan kamu buat itu memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Kriteria password yang aman adalah setidaknya memiliki 8 karakter, mengandung angka dan simbol, serta terdapat huruf kecil dan huruf besar.
  5. Nah, bagian ini adalah opsional. Silakan tentukan apakah kamu ingin dikirimi email oleh AWS perihal kabar terbaru layanan dan sponsor atau tidak.
  6. Setelah itu, centang I’m not a robot pada bagian reCAPTCHA. Jika sudah siap silakan klik Register. Kamu bisa mengosongkan bagian Registration Code.
  7. Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman konfirmasi email. Silakan buka email Anda dan periksa apakah ada email yang masuk dari AWS.
  8. Tampilan email yang dikirimkan oleh AWS adalah seperti berikut. Kamu harus memverifikasi email yang Anda daftarkan, jadi lanjutkan dengan klik Verify Account.

  9. Oke, email yang kamu daftarkan sudah terkonfirmasi oleh AWS.
  10. Selanjutnya, kita akan login ke halaman AWS re:Invent menggunakan email tersebut. Kunjungi lagi halaman utama AWS re:Invent lalu klik bilah navigasi yang ada di pojok kiri atas.
  11. Klik Log In yang ada di pojok kanan atas.

  12. Silakan masukkan email dan password yang telah didaftarkan. Kemudian klik tombol Sign In.

  13. Oke, kamu sudah berhasil masuk ke halaman acara AWS re:Invent, mari kita ulik apa saja yang ada di dalam. Klik View Sessions.

  14. Di halaman inilah kamu bisa memilih sesi apa saja yang akan Anda ikuti, seperti Keynote, Leadership Sessions, Hands-on Content, dan masih banyak lainnya.

Selamat! Kamu telah berhasil mendaftar dan sekilas mengintip apa saja yang akan berlangsung pada acara AWS re:Invent.

Agar bisa mengikuti acara ini dengan baik, lakukanlah beberapa persiapan seperti berikut:

  1. Buat jadwal yang terstruktur
    Buatlah suatu rentetan jadwal tentang sesi apa saja yang akan kamu ikuti selama tiga minggu acara berlangsung. Misal hari pertama kamu ingin mengikuti sesi Keynote dari CEO AWS: Andy Jassy, lalu hari kedua sesi Hands-On Content, dst. Ini sangat berguna agar kamu bisa mengikuti acara dengan optimal.
  2. Kosongkan Agenda
    Setelah membuat jadwal, pastikan meluangkan waktu yang cukup untuk mengikuti sesi yang telah kamu tentukan. Tidak harus kamu ikuti semuanya, cukup hadiri sesi yang sekiranya menarik saja.
  3. Siapkan alat tulis dan buku
    AWS re:Invent adalah acara besar yang dinanti-nanti oleh banyak orang di seluruh dunia karena berisi banyak kabar teknologi terbaru. Oleh karena itu, siapkanlah alat tulis dan buku untuk mencatat hal-hal penting selama berlangsungnya acara, atau kamu juga bisa menulisnya pada aplikasi catatan di smartphone.
  4. Manfaatkan sumber daya online
    Mengingat acara AWS re:Invent tahun ini akan diselenggarakan secara virtual dan gratis, maka jangan ragu untuk menghadiri sesi sebanyak apa pun yang kamu inginkan. Optimalkan kesempatan langka ini. Jika kamu tidak bisa meluangkan banyak waktu, akseslah semua konten-konten tersebut secara on-demand sampai akhir bulan Januari 2021.

Dengan semua hal yang telah kamu lakukan di atas, yakinlah bahwa kamu telah siap menyambut Acara ini. Buatlah pengingat untuk setiap sesi pada kalender agar tak ketinggalan momen penting ini.

Sampai bertemu di AWS re:Invent nanti ya!

Referensi:

[1] J. Tsidulko. “No Surprise: AWS re:Invent 2020 Conference Will Be Virtual.” crn.com. https://www.crn.com/news/cloud/no-surprise-aws-re-invent-2020-conference-will-be-virtual (diakses pada 19 November 2020)

 

Bersiaplah untuk Acara AWS re:Invent 2020 – end

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this: