Beraksi Seru Ala Power Ranger Dalam Game Own Super Squad

Buat para Devs yang kecilnya senang nonton film Power Ranger, perlu banget nih coba mainkan game apik karya Own Games. Game ini akan menampilkan karakter maskot khas Own Games dalam aksi laga yang seru melawan kebosanan.

Background Developer & Challenge

Logo Own Games

Logo Own Games

Own Games merupakan salah satu studio yang sudah cukup senior di Indonesia. Berdiri pada akhir tahun 2011, Own Games sudah memiliki banyak portofolio game berkualitas seperti Own Pet Dragon, Own Ranger, Beneath the Wall, dan lain sebagainya.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Studio game asal Bandung ini juga sudah memiliki segudang prestasi bergengsi. Own Games sudah menyabet gelar Nokia Developer Champion, menjadi juara di INAICTA, menjuarai Mobile Game Developer Wars, hingga membuat game bersama Project Pop.

Game Own Super Squad juga sudah menjuarai tantangan dari Dicoding yakni Create a New Application or Game Using Intel NDK.

Background Game

Screenshot_2015-08-09-15-18-49

Own Super Squad bercerita tentang perjuangan Tako dan kawan-kawan untuk melawan Boredom, monster yang keluar dari dunia game menuju dunia nyata. Dalam petualangan ini, Tako akan melawan musuh-musuh tersebut dan mengembalikannya ke dunia permainan agar tidak mengusik kedamaian di dunia nyata.

Yang menarik, Tako dan kawan-kawan dibekali kekuatan layaknya Power Ranger. Mereka bisa berubah menjadi super hero berkekuatan spesial agar bisa mengalahkan musuh yang lebih kuat.

Review Game

Screenshot_2015-08-09-15-20-48

Own Super Squad merupakan salah satu master piece dari Own Game. Game yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari Own Ranger ini nampak dikembangkan dengan sangat baik dan full polished.

Elemen game yang ada di Own Super Squad sangatlah lengkap dan dikembangkan dengan baik. Desain karakter dan visual di dalam game-nya sangat baik, gameplay juga menarik dan penuh dengan variasi sehingga akan terus memberikan tantangan yang menyenangkan, dan story telling di dalam permainan dilakukan dengan apik.

Mengangkat genre hack and slash, Own Super Squad sukses membuat karakter Tako dan kawan-kawan menjadi jagoan utama yang menonjol di dalam game ini. Kita bisa mengalahkan musuh di arena 3 dimensi dengan menggunakan berbagai aksi seperti berlari, melompat, memukul, hingga memanfaatkan berbagai objek atau senjata yang ada di arena.

Ada 40 level dan 4 bos dengan berbagai objektif di tiap levelnya yang bisa kita mainkan. Dengan pilihan lima karakter, kita bisa memilih karakter yang paling kita sukai dan cocok dengan cara bermain kita. Kita juga bisa menaikan level dari karakter kita seuai dengan keinginan kita.

Development Tools dan Monetization

Unity 3D

Unity 3D

Pada game Own Super Squad, Own Games menggunakan game engine Unity3D untuk mengembangkannya. Unity3D memang sudah digunakan oleh Own Games di beberapa game sebelum ini sehingga banyak kode atau aset gambar yang bisa digunakan ulang dengan mudah agar bisa mengurangi cost development dari Own Super Squad.

Untuk model monetisasi, skema utama yang digunakan pada game Own Super Squad adalah dengan model in app purchase. Pemain bisa membeli mata uang tambahan untuk mendapatkan berbagai item yang bisa digunakan di dalam game.

Own Games juga menyematkan iklan intertisial di dalam Own Super Squad. Namun jangan khawatir, iklan ini tidak akan mengganggu pengalaman bermain kita karena cukup jarang dimunculkan dan tidak mengganggu layar. Iklan ini juga bisa dihilangkan dengan melakukan pembelanjaan iAP di dalam permainan.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-09-15-21-05

Own Super Squad adalah sebuah karya yang memiliki visual berkualitas, gameplay yang dalam dan lengkap, terlihat sekali dibuat dengan penuh passion dan kesungguhan. Tak hanya itu, Own Super Squad juga memiliki berhasil mengembangkan brand Tako dan Kawan-Kawan agar bisa menjadi semakin populer.

Own Super Squad telah menggunakan Intel Android NDK yang membuat game ini berjalan lebih baik di Intel Device dengan x86 architecture. Untuk membuktikan hal tersebut kami telah mencoba game tersebut di dua buah device yaitu Asus Zenfone 2 ZE550 ML dan Xiaomi Redmi Note 4G yang memiliki spesifikasi hardware hampir identik.
Kesimpulannya terdapat sedikit perbedaan dari kualitas dari sisi grafis dari game Own Super Squad. Kami merasakan gambar yang lebih smooth di device Intel yang menggunakan x86 architecture dan tidak mengalami grafis yang patah sama sekali.

2

Unduh Own Super Squad: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!