Belajar menulis bersama Boci Menulis Alfabet

Orang tua masa kini harus semakin kreatif untuk bisa menarik perhatian anak agar mau belajar. Apalagi di era dimana gadget sudah semakin dekat dengan anak. Namun tak perlu khawatir, kini telah hadir aplikasi edukasi yang akan membantu anak untuk belajar yang bernama Boci Trace Alphabet.

Background Developer & Challenge

Logo Rolling Glory

Logo Rolling Glory

Rolling Glory merupakan perusahaan yang bergerak di digital creative. Perusahaan yang satu ini memang terkenal dengan berbagai karya yang inovatif dan kreatif. Fokus utamanya memang bukan hanya di game. Rolling Glory sanggup mengerjakan berbagai proyek selama itu di dunia digital seperti pembuatan website, aplikasi, animasi, dan lain sebagainya.

Untuk ranah game, Rolling Glory memiliki sebuah serial yang fokus di edukasi untuk anak melalui aplikasi. Serial ini bernama Petualangan Boci. Dengan mengangkat karakter bernama Boci, Rolly Glory mengajak anak-anak untuk belajar sambil bermain.

Game berjudul Menulis Alfabet ini juga telah memenangkan tantangan dari Dicoding yang bernama Create Any Education Application or Game for Preschool & Kindergarten.

Background App

Screenshot_2015-10-22-02-30-21

Boci Menulis Alfabet merupakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk anak-anak. Aplikasi ini dapat digunakan oleh orang tua sebagai alat bantu untuk mengajarkan anak belajar menulis alfabet dari A sampai Z menggunakan mainan favoritnya.

Anak-anak bisa lebih mudah belajar apabila diajak bermain dengan hal-hal yang mereka senangi. Pendekatan ini lah yang digunakan oleh Rolling Glory untuk mengembangkan Boci Menulis Alfabet agar bisa menjadi media yang efektif bagi orang tua untuk mengajarkan anak menulis.

Review App

Screenshot_2015-10-22-02-31-41

Boci Menulis Alfabet merupakan aplikasi edukasi yang dikembangkan dengan baik. Secara visual dan animasi sangat cocok untuk anak-anak. Warnanya cerah, penuh dengan animasi yang menarik mata, dan yang pasti memiliki metode gameplay yang menarik.

Konsep dari game ini tidak hanya sekedar mengajarkan anak cara menulis huruf dan mengenal alfabet, namun juga memancing minat anak menggunakan mainan kesukaan mereka. Untuk menulis huruf, mereka dibiarkan memilih kendaraan yang akan dipakai, ada pesawat, kapal, dan kereta. Dengan memainkan kendaraan tersebut, anak-anak berasa sedang bermain padahal sebenarnya sedang belajar menulis.

Dalam game ini, Rolling Glory juga sembari mengenalkan karakter ciptaan mereka yakni Boci. Dalam Boci Menulis Alfabet, Boci tidak sendirian namun ditemani juga oleh Kato dan The Cat. Karakter-karakter yang lucu ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri dari game Boci Menulis Alfabet.

Development Tools

Untuk proses pengembangannya, Rolling Glory memanfaatkan game engine dalam pembuatan aplikasi Boci Menulis Alfabet. Game engine yang digunakan oleh Rolling Glory adalah Unity. Unity merupakan game engine gratis yang bisa digunakan untuk mengembangkan game dengan cepat. Unity juga merupakan game engine yang cukup populer di Indonesia sehingga mudah untuk bertanya dan berdiskusi apabila menemui permasalahan.

Monetization

Strategi monetisasi yang digunakan oleh Rolling Glory dalam game Boci Menulis Alfabet adalah dengan memanfaatkan iklan di dalam aplikasi. Di sisi bawah layar akan ada iklan dari Google yang ditampilkan. Dengan memanfaatkan layanan Admob dari Google, Rolling Glory bisa mendapatkan keuntungan dari tiap aplikasi yang dilihat atau di-klik oleh pengguna.

Kesimpulan

Screenshot_2015-10-22-02-30-31

Boci Menulis Alfabet adalah aplikasi permainan edukasi yang sangat cocok untuk anak-anak. Metode yang digunakan untuk mengajarkan anak menulis sangat menyenangkan. Secara visual juga aplikasi ini menarik dilihat mata.

Unduh Boci Menulis Alfabet: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more