Belajar Membaca Dalam Tema Kesatria Berkuda

Buat Devs yang punya adik kecil yang baru belajar membaca, rasanya game karya Educa Studio yang satu ini patut dicoba. Game Marbel Belajar Membaca tidak sekedar memberikan pengalaman belajar membaca yang seru, tapi juga membalutnya dengan tema kesatria berkuda. Penasaran? Yuk kita simak pembahasannya di Dicoding.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Seratus aplikasi lebih telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Marbel Belajar Membaca juga sudah memenangkan tantangan dari Dicoding Create a New Application or Game Using Intel NDK.

Background Game

Screenshot_2015-08-28-00-48-09

Educa Studio merupakan studio game yang fokus dengan game berbasis pendidikan. Ada dua seri yang dimiliki oleh Educa Studio yakni Marbel dan Riri.

Marbel merupakan game dengan tema edukasi. Marbel Belajar Membaca merupakan salah satu game dari seri game tersebut dimana targetnya adalah anak-anak.

Review Game

Screenshot_2015-08-28-00-48-50

Marbel Belajar Membaca mengangkat pelajaran membaca dalam balutan tema kesatria berkuda. Terdapat dua bagian besar di dalam game ini. Yang pertama adalah bagian menu pembelajaran dan yang kedua adalah menu permainan interaktif.

Menu belajar di Marbel Belajar Membaca memiliki modul belajar yang cukup banyak dan lengkap. Ada delapan metode belajar yang bisa dipilih dan digunakan untuk belajar oleh anak.

Lalu di menu permainan, ada empat permainan interaktif yang bisa dimainkan. Permainan interaktif ini juga bersifat edukatif sehingga anak bisa bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Untuk pengembangan, Educa Studio memilih untuk menggunakan Cocos 2D. Hal ini untuk membantu mempercepat dan mempermudah proses produksi dari Marbel Belajar Membaca.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Startegi yang digunakan oleh Educa Studio adalah dengan memanfaatkan iklan. Ada dua jenis iklan yang digunakan di dalam Marbel Belajar Membaca yakni iklan banner dan iklan interstitial.

Marbel Belajar Membaca memanfaatkan layanan iklan AdMob untuk menampilkan iklannya. AdMob adalah layanan iklan milik Google yang cukup populer di kalangan developer di Indonesia.

Kesimpulan

Screenshot_2015-08-28-00-48-40

Bagi Devs yang mencari aplikasi yang tepat untuk mengajarkan anak-anak membaca, Marbel Belajar Membaca merupakan pilihan yang tepat. Selain karena memiliki metode pembelajaran yang lengkap, Marbel Belajar Membaca juga memiliki permainan edukatif yang menarik.

Unduh Marbel Belajar Membaca: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!