Belajar Berhitung Menjadi Lebih Seru Dengan Game Marbel Berhitung

Buat Devs yang sudah berkeluarga dan punya anak atau punya adik kecil, pasti pernah merasakan sulitnya mengajak anak kecil belajar matematika. Entah kenapa, matematika sering sekali menjadi momok yang menakutkan buat anak-anak.

Untuk itu, Dicoding akan coba membahas aplikasi menarik nih yang mungkin bisa membantu Devs semua. Dengan aplikasi karya Educa Studio, anak-anak akan bisa belajar matematika dengan perasaan gembira.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Iya, Devs tidak salah baca, 100 aplikasi lebih yang telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

Marbel Berhitung juga telah memenangkan tantangan yang ada di Dicoding. Tantangan yang sudah Marbel Berhitung menangkan adalah 100K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Game

Screenshot Marbel Berhitung 1

Screenshot Marbel Berhitung 1

Belajar matematika menjadi sesuatu menyenangkan, kenapa tidak. Educa Studio coba membuktikan hal ini melalui aplikasi yang berjudul Marbel Berhitung.

Bagi yang belum tahu, Marbel atau Mari Belajar merupakan serial dari Educa Studio yang isinya adalah konten-konten edukatif. Jadi Devs bisa coba lihat review Dicoding tentang seri Marbel untuk mengetahui aplikasi game edukatif dari Educa Studio lainnya.

Review Game

Screenshot Marbel Berhitung 2

Screenshot Marbel Berhitung 2

Marbel Berhitung memiliki dua mode yang bisa dipilih. Yang pertama adalah mode belajar dan yang kedua adalah mode latihan soal melalui mini game.

Di model belajar, ada empat metode belajar yang bisa dipilih. Yang pertama adalah belajar berhitung, yang kedua adalah membandingkan dua angka mana yang lebih besar, yang ketiga penjumlahan, dan yang terakhir adalah pengurangan.

Di tiap metode belajar, anak akan dikenalkan dengan cara berhitung menggunakan objek yang jika ditekan akan berubah menjadi angka. Model ini membantu anak untuk mengerti konsep jumlah dan angka dengan mudah. Lalu dengan metode pembandingan, konsep tersebut bisa diperkuat lagi. Kemudian baru anak belajar konsep penjumlahan dan pengurangan dengan bahasa matematika yang sederhana.

Di model latihan, kita juga akan diberikan empat modul latihan soal. Modul ini disesuaikan dengan empat metode pembelajaran yang ada di model belajar. Jadi ketika selesai mempelajari suatu modul, anak bisa langsung melatihnya di mode latihan ini.

Marbel Berhitung juga dilengkapi dengan dua pilihan bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dengan begitu, kita juga bisa sekalian mengajarkan anak bahasa Inggris sembari belajar berhitung.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Model monetization yang digunakan adalah melalui iklan. Ada iklan berupa banner yang muncul selama aplikasi ini digunakan. Lalu ada juga iklan intertisial yang akan muncul mengisi layar dalam beberapa waktu tertentu.

Kesimpulan

Screenshot Marbel Berhitung 3

Screenshot Marbel Berhitung 3

Seri Marbel Berhitung merupakan aplikasi game edukatif yang menarik untuk diberikan kepada anak kita. Dengan Marbel Berhitung, anak-anak bisa belajar matematika dengan metode yang menyenangkan untuk mereka dan bisa menghilangkan image yang menyeremkan dari pelajaran matematika.

Unduh Marbel Berhitung: Google Play (free)


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!