Ayo Belajar Android Jetpack, Agar Aplikasimu Tambah Keren!

Ayo Belajar Android Jetpack, Agar Aplikasimu Tambah Keren! – karya Zidni Sika Azkia, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Lagi-lagi Google menggegerkan dunia programming terutama Android. Ada terobosan terbaru yang dikenalkan oleh Google waktu pagelaran Google. Apa itu? Jreng jreng… dia adalah Android Jetpack. Sangat asing kan di telinga kalian? Sama aku juga.

Android Jetpack adalah kumpulan library, tools dan panduan arsitektur untuk memudahkan dalam pengembangan aplikasi Android. Kalian bisa baca di situs resminya definisi lengkap Android Jetpack karena aku sendiri masih noob dalam hal Android hehe..

Google seperti mengirimkan surat cinta kepada Android Developer untuk belajar hal-hal yang baru. Sehingga, ada banyak profit yang kalian dapatkan jika belajar yang satu ini, diantaranya:

  1. Library, tools dan architecture yang wajib dipelajari jika kalian sedang membuat aplikasi Android.
  2. Ini dari Google loh – jika kalian belajar Android Jetpack kalian bisa saja main-main ke office-nya Google.
  3. Jetpack sudah support Java dan Kotlin, sehingga memudahkan kalian yang cinta dengan salah satu pemrograman tersebut.

Belajar android jetpack memudahkan untuk programming android dalam pengembangan aplikasinya.

Aku akan membahas beberapa komponen utama dalam Android Jetpack, diantaranya:

Komponen Yang Pertama Belajar Android Jetpack: UI

Android Jetpack menyediakan widget yang berfungsi untuk mempermudah tampilan anda, serta membuat tampilan anda indah dilihat. Saat mendevelop aplikasi, kita disuguhi beberapa fitur yang ada pada komponen UI diantaranya:

  • Animation & transitions
  • Emoji
  • Fragment
  • Layout
  • Palette

Yang Kedua Ada Architecture

Akhirnya Google telah menyediakan fitur ini juga. Google telah membenahi architecture mereka, jarang sekali Google memberikan panduan akan hal ini. Architecture ini mempunyai banyak manfaat untuk kalian semua. Bagaimana tidak, kalian dibantu untuk merancang aplikasi yang sedang dibuat agar aplikasi bisa kuat, bertahan lama, dapat diujikan pada user serta terpelihara.

Pada komponen UI, Android Jetpact juga memberikan fitur fitur pada komponen ini, seperti: Data Binding, Lifecycles, LiveData, Navigation, Paging, Room, ViewModel, WorkManager. Bagi kalian yang sudah nyemplung lama di dunia programming android pasti tidak asing dengan fitur fitru tersebut.

Di Nomer 3 Ada Foundation

Komponen ini menyediakan banyak fungsi seperti: memberi kecocokan terhadap kode barangkali ada yang duplikat, pengujian terhadap aplikasi, serta support terhadap bahasa pemograman Java dan Kotlin. Akan tetapi Android Jetpack banyak mengkhususkan fiturnya terhadap Kotlin.

Jadi, jika kalian cinta dengan Java tapi ada rasa dengan Kotlin, cobalah untuk mendekatinya karena ini sangat berpengaruh sekali terhadap aplikasi nanti. Foundation memberikan fitur fitur gila untuk programming android dalam membangun aplikasi, diantaranya:

  • Android KTX
  • AppCompat
  • Auto
  • Benchmark
  • Security
  • Test
  • TV
  • Multidex
  • Security
  • Wear OS by Google

Bisa lihat sendiri kan? Android Jetpack juga memberikan fitur TV bagi kalian yang sedang mengembangkan aplikasi untuk Android TV. Keren kan? Yo keren to rek..

Yang Terakhir Adalah Behavior

Pengin nggak aplikasimu bisa kaya Whatsapp, Facebook, Instagram dll yang bisa kasih notif waktu ada yang comemnt, like, atau follow kalian. Pengin kan? Nah Android Jetpack memberikan fitur tersebut pada komponen behavior.

Komponen behavior fungsi utamanya adalah membantu aplikasi kalian agar bisa berinteraksi dengan layanan Android pada umumnya seperti notification, sharing, dan assisten. Fitur pada komponen ini seperti kita ketahui ada Notifications, CameraX, Download Manager, Media & Playback, Permissions, Preferences, Sharing, dan Slices.

Ayo Belajar Android Jetpack, Agar Aplikasimu Tambah Keren!

-end-

Artikel ini ditulis oleh Zidni Sika Azkia, Junior Content Writer Dicoding Indonesia
“Bikin aplikasi kerenmu dengan dipandu developer kece dengan join di Dicoding.“

Ayo belajar Android Jetpack bersama 210.000++ member lainnya di Dicoding, cek disini: https://www.dicoding.com/academies/129

Mau tau, cerita Dicoding ngobrol dengan tim Google? Simak ceritanya agar mengobarkan semangatmu, cekidot: https://www.dicoding.com/blog/obrolan-android/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding