BDD 2020

Resmi Dibuka, Registrasi Event Developer Terbesar di Indonesia: Baparekraf Developer Day 2020  

Resmi Dibuka, Registrasi Event Developer Terbesar di Indonesia: Baparekraf Developer Day 2020  

Halo teman-teman, 

Sebelum era pandemi event Developer Day selalu dinanti. Dulu ini merupakan acara yang digagas BEKRAF {Kini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf)- red} dan didukung sepenuhnya oleh Dicoding. 20,000 developer di 19 kota telah kami sambangi. Serta ribuan developer dari Aceh hingga Papua yang telah menerima fasilitasi belajar. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Kini dengan adanya pandemi dan PSBB, tak berarti inisiatif pengembangan talenta digital indonesia ini berhenti. Karena Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) -dengan dukungan Dicoding– menyelenggarakan Baparekraf Developer Day 2020 dalam format ONLINE! Seperti apa? 

Acara ini memiliki 3 bagian, yakni Event workshop online, Fasilitasi belajar, serta Challenge.

#1 Event Workshop Online 

Event workshop online bersifat gratis. Di sini kamu bisa belajar online dan langsung dari ahlinya. Kamu akan mendapatkan paparan dan bertanya langsung terkait 4 topik yang sangat dibutuhkan industri masa kini, yakni Track Teknologi, Track Android, Track Permainan digital, dan Track Web. Keempatnya berlangsung live pada Sabtu, 18 dan Minggu, 19 Juli dari pukul 08.00 s.d. 17.00 WIB. 

Deretan narasumber pemateri adalah para pakar di keempat bidang yang telah kami kurasi dengan saksama. Mereka adalah para engineer dan praktisi tersertifikasi dari berbagai unicorn, perusahaan teknologi, perusahaan multinasional, komunitas, dan usaha rintisan. Tak ada kuota peserta dalam event workshop online ini. Jadi pastikan kamu mendaftar ya! Spesial tersedia copy materi/slide, serta sertifikat bagimu yang daftar dan menghadirinya. 

#2 Fasilitasi belajar

Seperti tahun-tahun sebelumnya fasilitasi belajar ini ditujukan untuk belajar programming online di Dicoding secara gratis. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) membuka kesempatan ini pada seluas-luasnya Warga Negara Indonesia tanpa sekat usia, latar belakang pendidikan, pekerjaan, dll. Syaratnya hanya 1: daftar dan menghadiri Event Online seperti dijelaskan di atas 

Pada Fasilitasi BDD 2020 ini kami membuka dua (2) pilihan kelas yakni Pengembangan Front End Web atau Pengembangan Aplikasi Android. Manapun pilihanmu, kamu akan mendapatkan kelas dasar – pemula sebagai prasyarat.  Jika sudah lulus dari kelas dasar – pemula, kamu akan otomatis mendapat kelas menengah (Android) atau kelas expert (Web). Tak ada kuota penerima pada program ini loh! Jadi daftarkan dirimu tanpa ragu!

#3  Challenge 

Inilah wadah untukmu berlomba menghasilkan solusi digital terbaik. Kamu ditantang memecahkan persoalan sehari-hari dengan karya aplikasi / web / IoT / lainnya hasil inovasimu sendiri. Rangkaian terakhir program BDD ini akan terbuka dari tanggal 1 September hingga 1 Desember 2020. Mari ramaikan Challenge ini nanti. Detail akan menyusul pada tanggal di atas. Kami berharap dapat menjaring sampai dengan 50 solusi digital yang lahir dari fasilitasi workshop maupun fasilitasi.

Hadir dalam format online, BDD 2020 ini memang beda. Jika dulu BDD selalu jadi magnet bagi ribuan developer di tiap kota. Kini, kami harap antusiasme justru bisa lebih tinggi. Seperti dikatakan CEO Dicoding: 

“BDD 2020 online hadir membawa semangat dan angin segar untuk pengembangan talenta terdampak COVID-19. Lewat talenta digital yang terus berinovasi, kita harus optimis Indonesia bisa pulih.” (Narenda Wicaksono, CEO Dicoding) 

Senada dengan semangat di atas, Muhammad Neil El Himam selaku Direktur Aplikasi dan Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf menyampaikan,

 “BDD 2020 adalah ajang bagi talenta digital untuk berkumpul, berjejaring, berbagi ilmu dan pengalaman, serta bertukar ide dan gagasan.”

Dengan format online BDD 2020 akan jadi lebih inklusif dan menjangkau lebih banyak developer dan startup se-nusantara. Developer dan startup, tulang punggung industri digital Indonesia. Semoga BDD 2020 dapat jadi jembatan bagimu mengembangkan diri serta maju membawa Indonesia pulih dan keluar sebagai bangsa pemenang di era digital. 

Ayo daftarkan dirimu pada Event dan Fasilitasi BDD 2020 yang berlangsung 1 s.d 19 Juli 2020 melalui web bdd.kemenparekraf.go.id. Seluruh kegiatan ini bersifat gratis.

Pengumuman dan informasi lebih lanjut mengenai program ini akan disampaikan melalui kanal sosial media Dicoding (IG: @dicoding; FB: @dicoding; Twitter: @dicoding; Youtube: Dicoding Indonesia).

Resmi Dibuka, Registrasi Event Developer Terbesar di Indonesia: Baparekraf Developer Day 2020  – end


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.