Apa Pentingnya SEO untuk Developer dan Apa Hubungannya Dengan Developer

Apa Pentingnya SEO untuk Developer? Apa pula Hubungan SEO dengan Developer?

Apa Pentingnya SEO untuk Developer? Apa pula Hubungan SEO dengan Developer?

Halo teman-teman,

Sering kan dengar istilah “SEO?” Tapi sebenarnya apa SEO itu sih? Apa pentingnya SEO?

Sederhananya, SEO adalah sebuah proses untuk memaksimalkan potensi dalam suatu website. Tujuannya agar website tersebut dapat terindeks di google search. Atau lebih lagi, agar dapat muncul di laman utama dan teratas suatu google search.

Mau kan website buatamu jadi yang teratas di laman search pertama?

Nah, mulai sekarang think about SEO! Pikirkan bagaimana jadikan website-mu sebagai  “Top of the Top.” Alias Excellent Content dan Excellent Technology, mudah dibaca oleh robot google search dan user tentunya. 

Apa Pentingnya SEO untuk Developer?

Sebagai developer kita pasti  pasti berpegang pada guideline kala membuat fitur / aplikasi. Sebagai contohnya, prinsip S.O.L.I.D, test driven development (TDD), dan security.

Dalam semangat yang sama, SEO itu seharusnya jadi guideline wajib untuk developer kala am pembuatan fitur / aplikasi apapun. Bukan dianggap sebagai fitur atau request terpisah dari apa yang kita kerjakan sehari-hari.

Kenapa begitu? Sebagai seorang developer, kita bertanggung jawab untuk menghasilkan fitur dan karya terbaik. Apalagi sekarang, definisi sebuah website yang baik adalah sebuah website yang sudah dibuat sesuai standar Google Search yakni platform nomor satu untuk menemukan situs. Bayangkan jika website sudah bagus tapi SEO-nya ambyar? Bisa saja web-mu tak akan dapat peringkat bagus di Google Search. Alhasil tak ada visitor website yang sudah capek-capek kamu buat. Terus apa gunanya website tersebut?

Masalah yang umum  terjadi adalah developer baru memikirkan SEO di akhir setelah yang lainnya beres. Ini bahaya sebenarnya. Kamu jadi capek cek ulang dan edit satu-satu. Kenapa tak kamu kerjakan sedari awal?

Berikut ini beberapa fakta tentang search engine data: 

  • Sekitar 93% dari semua traffic web adalah via search engine.
  • Rata-rata orang melakukan pencarian 3 – 4 kali setiap harinya.
  • 71% konsumen menggunakan search engine untuk menemukan produk dan layanan baru.
  • 74% konsumen menggunakan sebuah search engine untuk pertimbangan sebelum melakukan pembelian.

Setelah baca data di atas, makin paham kan kenapa developer harus selalu mengimplementasikan SEO dalam produknya?

Kamu mungkin berpegang teguh pada prinsip security, S.O.L.I.D, dan sebagainya dalam membuat sebuah produk. Tapi tanpa implementasi SEO, websitemu jadi tidak optimal mendatangkan visitor website. Pentingnya SEO harusnya jadi pertimbangan dan task list utama seorang developer.

Developer Berperan Utama dalam Implementasi SEO

Saat Google Search melakukan crawling, ia akan mengutamakan halaman yang telah teroptimasi dengan baik. Di sinilah nilai alias pentingnya kita sebagai seorang developer. Developer sang perancang utama sebuah sistem. Kita lah yang mampu mendesain sistem optimal agar terindeks baik oleh Google Search.

Kunci itu semua ada di code. Dan man behind codes adalah developer. Sehingga bisa dibilang, developer- memegang peran utama  dalam implementasi SEO.  Bukan seorang marketing atau sales.

Mengutip ucapan ketua Asosiasi Praktisi SEO Indonesia (APSI): 

“90% dari SEO itu hal teknis”
(Arief D. Laksono)

 

Praktisi SEO di dunia percaya, nomer satu yang paling penting adalah code yang sudah diimplementasi – ini adalah tulang punggung SEO.

Setelah code-mu benar, barulah lakukan hal berikutnya. Misalnya, membuat konten yang menarik, pasang backlink, dan sebagainya. Intinya, right code comes first! 

Ingatlah bahwa bisa saja kita memiliki teknologi yang canggih, tetapi tidak dikenali atau sulit dibaca google search.  Teknologi yang kamu buat susah payah tak menghasilkan traffic atau pengunjung.

Bahkan akan terasa menyakitkan jika banyak visitor justru mengunjungi blog wordpress yang bikinnya mudah tapi SEO-nya super optimal. Robot google search dapat membaca/mengenali kontennya dengan baik.

Sebagai developer, tentunya kamu ingin perjuangan kita membuat website dapat traffic yang sepadan, bukan?

Apa Pentingnya SEO untuk Developer? Apa pula Hubungan SEO dengan Developer? -end


Artikel ini merupakan muatan materi yang didapat penulis dari SEACON 2020: “Bring your SEO to the Next Level” Jakarta, 26-27 Februari 2020

Jangan Lewatkan Artikel Selanjutnya:  Lima (5) Tips SEO untuk Developer: Mudah! 

 

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this: