Memahami Apa itu VPN dan Kegunaanya

Memahami Apa itu VPN dan Kegunaanya

Belakangan ini, istilah VPN sering terdengar di kalangan pengguna internet. Lalu, apa itu VPN? VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas pengertian, kegunaan, kekurangan serta kelebihan dari VPN ini. Jadi simak artikel ini dengan baik ya, agar tidak ada informasi yang tertinggal.

Apa itu VPN?

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah layanan yang memungkinkan kamu terhubung ke sebuah website secara aman dan lebih private. Singkatnya, VPN merupakan sebuah protokol komunikasi yang membuat sistem komunikasinya menjadi lebih private karena adanya sistem tunneling atau sistem terowongan, di mana koneksi akan menjadi lebih private dan akan berbeda dengan koneksi publik pada umumnya. Selain itu, VPN membuat perangkat kamu dapat terhubung dengan perangkat lain melalui VPN Server di suatu tempat sehingga kamu dapat menggunakan internet di tempat tersebut. 

đź’» Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Sampai saat ini, VPN masih sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk melindungi data-data yang bersifat rahasia dan sensitif. VPN melindungi data mereka dengan cara dienkripsi, sehingga pihak lain tidak dapat melihat aktivitas yang dilakukan. Sehingga VPN juga sering digunakan untuk menghubungkan jaringan antar gedung perkantoran. 

Namun apakah kamu sadar jika kamu sedang menggunakan VPN koneksi kamu menjadi lebih lambat dan tidak stabil? Ada banyak hal yang dapat menyebabkan hal tersebut, seperti lokasi server, beban server, dan jenis enkripsi yang digunakan.

Kegunaan VPN

Selain yang sudah dijelaskan di atas, VPN memiliki kegunaan yang lain. Berikut adalah beberapa kegunaannya:

  • Melakukan transfer data dengan aman

Kegunaan pertama VPN adalah untuk pertukaran data penting dengan aman. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, VPN dapat mengamankan dan menyembunyikan informasi pengguna dengan cara mengenkripsi dan melakukan enkapsulasi trafik pengguna menggunakan sistem tunneling. Karena itu VPN juga dapat menyembunyikan informasi penggunanya secara realtime, maka tidak sembarang orang yang dapat mengetahui informasi tersebut.

  • Mengamankan pertukaran data dengan enkripsi

Ketika kamu mengirimkan data menggunakan VPN, data penting akan dilindungi dengan cara dienkripsi. Selain itu, enkripsi ini dilakukan juga kepada informasi pengguna seperti informasi perangkat, data pribadi pengguna, dan lain-lain. 

  • Menyamarkan lokasi

Kegunaan selanjutnya dari VPN adalah dapat digunakan untuk menyamarkan lokasi kamu lewat server VPN. Server VPN bertugas untuk meneruskan koneksi kamu ke website yang dituju. Karena hal tersebut, lokasi kamu yang sebenarnya tidak akan ditemukan. Selain itu beberapa perusahaan VPN tidak menyimpan log aktivitas penggunanya untuk melindungi privasi penggunanya.

  • Mengakses konten atau website regional

Seperti yang kamu ketahui, ada beberapa website yang tidak dapat diakses oleh pengguna internet di luar regionalnya. Nah, VPN dapat digunakan untuk mengakses konten atau website yang bersifat regional tersebut, sehingga kamu dapat membuka dan menggunakan website tersebut. Seperti contohnya ketika kamu mengakses situs Reddit. Dimana situs ini tidak dapat diakses di region Indonesia.

Kekurangan dan Kelebihan VPN

Selain dapat digunakan untuk mengakses konten atau website regional negara lain, VPN juga memiliki beberapa kelebihan lain. Akan tetapi, VPN juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari VPN.

Kelebihan

  • Mengamankan data yang bersifat sensitif.
  • Identitas pengguna tidak dapat langsung diketahui.
  • Pertukaran data menjadi lebih aman karena menggunakan enkripsi.

Kelemahan

  • Koneksi menjadi tidak stabil dan lebih lambat.
  • Beberapa penyedia VPN menetapkan biaya.
  • Memiliki resiko kebocoran atau pencurian data jika menggunakan VPN yang gratis.

Jadi, Apa itu VPN?

Jadi, itulah pembahasan kita mengenai VPN. VPN sendiri singkatan dari Virtual Private Network yang dapat diartikan sebagai sebuah layanan yang memungkinkan kamu terhubung ke sebuah website secara aman dan menggunakan koneksi pribadi. Dulunya VPN ini digunakan untuk menghubungkan jaringan antar gedung perkantoran dan untuk menjaga keamanan transfer data dari perusahaan. Dengan menggunakkan VPN kamu juga dapat menyamarkan lokasimu dan mengakses konten atau web yang bersifat regional.

VPN ini juga memiliki kelebihan seperti kamu dapat dengan aman untuk melakukan pertukaran data tetapi VPN juga memiliki kekurangan seperti koneksi yang kamu gunakan menjadi tidak stabil dan lebih lambat. 

Bijaklah dalam menggunakan teknologi seperti VPN ini, di tangan orang yang tepat VPN dapat menjadi sangat berguna. Tetapi jika digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, akan menimbulkan kerugian. Demikian artikel kami kali ini, nantikan artikel kami selanjutnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Memahami Apa itu VPN dan Kegunaannya – end

Baca juga artikel pilihan berikut untuk menambah wawasan kamu:

  1. Apa itu JSON? Simak Perbedaannya dengan XML
  2. Apa itu Framework? Developer Wajib Tahu 
  3. Apa Itu XML? Developer Wajib Mengetahuinya 

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!