Anak Dapat Mendalami Agama Dengan Marbel Asmaul Husna

Salah satu cara untuk membekali anak dengan agama yang kuat adalah dengan mengenalkannya kepada Sang Pencipta. Salah satu caranya adalah dengan mengenalkan nama-nama agung ya Dia miliki. Ada 99 nama yang bisa anak pelajari dan Educa Studio memberikan cara yang menarik untuk mengajarkannya kepada anak.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Iya, Devs tidak salah baca, 100 aplikasi lebih yang telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

Game Marbel Asmaul Husna telah memenangkan beberapa tantangan yang ada di Dicoding yakni 100K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background Game

Screenshot Marbel Asmaul Husna 1

Screenshot Marbel Asmaul Husna 1

Anak-anak bisa dibilang fase dimana otak kita akan lebih mudah menyerap informasi baru. Di momen inilah biasanya daya ingat akan menjadi lebih maksimal sehingga mudah untuk menghafalkan berbagai macam hal.

Untuk itu, mengenalkan anak-anak kepada Asmaul Husna sedari dini merupakan hal yang perlu dilakukan oleh para orang tua yang beragam Islam. Dengan aplikasi Marbel Asmaul Husna, orang tua bisa mengajarkan Asmaul Husna kepada anak-anaknya.

Review Game

Screenshot Marbel Asmaul Husna 2

Screenshot Marbel Asmaul Husna 2

Seperti namanya, Marbel yang memiliki moto Mari Belajar Sambil Bermain, game ini memiliki dua mode yang bisa dimainkan. Mode yang bisa dimainkan adalah mode bermain dan mode belajar.

Pada mode bermain, anak akan diajarkan terlebih dahulu mengenai Asmaul Husna. Tidak hanya pelafalan, anak juga akan diajarkan tentang arti dan penulisannya dalam bahasa Arab.

Ada tiga pilihan belajar pada mode belajar. Yang pertama adalah mode 1/1 dimana kita bisa belajar satu persatu dari Asmaul Husna, lalu ada mode auto dimana kita bisa mengenal satu persatu Asmaul Husna yang tiap namanya diputar satu persatu, dan yang terakhir mode tabel dimana bisa melihat keseluruhan Asmaul Husna dengan mudah.

Di mode bermain ada empat pilihan permainan yang bisa dimainkan. Yang pertama adalah tebak nama dimana akan disebutkan Asmaul Husna dan kita harus memilih jawaban, lalu ada pasang nama dimana akan diberi petunjuk Asmaul Husna lalu kita bisa memasangkan namanya, lalu ada tebak arti dimana kita harus menebak arti dari Asmaul Husna yang ditampilkan, dan yang terakhir adalah pasang arti dimana kita akan memasangkan beberapa Asmaul Husna dengan pilihan artinya.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Game Marbel Asmaul Husna dikembangkan di atas game engine bernama Cocos2D. Dengan menggunakan Cocos2D, Devs bisa lebih mudah untuk menggunakan library yang biasa digunakan dalam pengembangan game.

Selain itu, Cocos2D juga memudahkan kita untuk membuat aplikasi yang bisa dijalankan di berbagai platform. Sebagai contoh, dengan menggunakan Cocos2D, kita bisa membuat aplikasi kita bisa dimainkan baik itu di Android maupun di iOS tanpa perlu mengubah banyak kode.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Melalui game Marbel Asmaul Husna, Educa Studio mendapatkan penghasilan dari iklan yang ada di dalam game. Iklan tersebut ditampilkan di bagian bawah layar sebagai banner dan juga iklan sisipan yang muncul di antara transisi layar.

Layanan iklan yang digunakan oleh Educa Studio pada game Marbel Asmaul Husna adalah AdMob. AdMob merupakan layanan penyedia iklan milik Google yang cukup populer di kalangan para developer di Indonesia.

Kesimpulan

Screenshot Marbel Asmaul Husna 3

Screenshot Marbel Asmaul Husna 3

Marbel Asmaul Husna adalah aplikasi yang cocok diberikan kepada anak Anda. Dengan game ini, anak bisa belajar Asmaul Husna secara menyenangkan.

Unduh Marbel Asmaul Husna: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more