Ajak Pengembang Lokal Hasilkan Karya Terbaik, LINE Indonesia Kembali Hadirkan Kompetisi Chat Bot di Ajang LINE CREATIVATE 2018

  • Kompetisi Chat Bot merupakan bagian dari LINE CREATIVATE 2018 yang membawa tema baru ‘BANGGA INDONESIA’
  • Kompetisi Chat Bot berhadiah total Rp 367juta serta kesempatan mewakili Indonesia di LINE BOOT Awards 2018 di Tokyo, Jepang
  • Kompetisi Chat Bot menghadirkan 5 (lima) kategori yang terdiri atas Hiburan, Produktivitas, Wawasan, Pelajar, dan Prototipe

JAKARTA – 4 September 2018 Tahun ini, LINE Indonesia kembali membawa ajang kompetisi digital terbesar miliknya, LINE CREATIVATE 2018 dengan tema ‘BANGGA INDONESIA. Selain menyajikan sejumlah kompetisi baru, LINE CREATIVATE 2018 juga kembali mengajak para pengembang berkualitas di Tanah Air untuk ikut berkompetisi menghasilkan Chat Bot terbaik yang bisa menunjang kehidupan sehari-hari penggunanya.

Melalui kompetisi Chat Bot, LINE ingin kembali mendukung serta mengapresiasi para kreator muda berbakat Indonesia untuk menampilkan karyanya dan mendekatkan mereka dengan target pasar yang lebih luas. Selain itu, Dicoding kembali memberikan dukungannya untuk bersama-sama menyaring talenta-talenta muda menghasilkan karya Chat Bot terbaik. Bentuk nyata dari dukungan ini bisa dilihat dari paket hadiah berupa Dicoding Points dan XP di setiap kategori yang ditawarkan. Tidak hanya itu, kompetisi Chat Bot sendiri menawarkan total hadiah sebesar Rp 367juta. Lebih jauh lagi, Chat Bot terbaik dari semua kategori akan berangkat sebagai perwakilan Indonesia guna mengikuti putaran final LINE BOOT Awards 2018 di Tokyo, Jepang.

“Tema tahun ini adalah kelanjutan dari tema-tema sebelumnya. Tahun lalu, di bawah tema ‘Unjuk Indonesia Kreatif’, kami ingin mendorong para pencipta untuk menunjukkan dan mengekspresikan kreatifitas mereka. Melalui ‘BANGGA INDONESIA’, kami berharap bahwa kami bisa memacu bukan saja para pencipta, tapi juga semua generasi muda Indonesia untuk merayakan dan mengapresiasi karya cipta dan pencapaian bakat-bakat Indonesia. Maka itu, kami akan menghadirkan konten yang lebih segar dan beraneka ragam, agar bergema ke lebih banyak orang,” kata Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Kompetisi Chat Bot pada ajang LINE CREATIVATE 2018 menghadirkan 5 (lima) kategori, yang terdiri atas kategori Hiburan (Fun), Produktivitas (Productivity), Wawasan (Knowledge), Pelajar (Student), dan Prototipe (Prototype). Kategori Hiburan, Wawasan, dan Produktivitas akan memilih 20 Chat Bot terbaik yang kemudian akan disaring menjadi tiga besar. Sementara itu, kategori Pelajar dan Prototipe masing-masing akan memilih 60 Chat Bot terbaik sebelum menentukan juara pertama, kedua, dan ketiga. Sebagai putaran final, setiap tiga besar akan diundang ke Jakarta untuk melakukan presentasi tentang karyanya pada 20 Oktober 2018 nanti.

Selama rangkaian acara ini, LINE Indonesia pun mengadakan lokakarya di tiga besar di Indonesia bekerjasama dengan Dicoding. Lokakarya ini bertujuan untuk memberikan workshop singkat kepada para pengembang lokal mengenai LINE Chat Bot. Lokakarya pertama diadakan di Bandung pada Akhir Agustus lalu, sedangkan lokakarya kedua dilaksanakan di Yogyakarta pada awal September kemarin. Lokakarya terakhir akan diadakan di Surabaya pada 8 September ini.

Adapun sebagai keberlanjutan dari kompetisi Chat Bot ini, LINE juga akan mendukung para top Chat Bot dengan memberikan promosi di sejumlah saluran platform milik LINE Indonesia. Sebagai contoh, pada LINE Ramadan kemarin LINE Indonesia menampilkan dan memperkenalkan Chat Bot terbaik pemenang LINE Creativate tahun lalu ke top users. Selain itu, tim Product and Engineering (P&E) dari LINE Indonesia juga akan membantu para pemenang tahun ini guna memberikan bimbingan gratis secara berkelanjutan dalam pengembangan produk Chat Bot miliknya.

Seperti disebutkan sebelumnya, Chat Bot terbaik pada kompetisi ini akan diberangkatkan ke ajang LINE BOOT Awards 2018 yang berlangsung di Tokyo, Jepang pada 11 November 2018 mendatang. LINE BOOT Awards merupakan kompetisi para pengembang dengan menggunakan LINE Messaging API yang bertujuan untuk menghasilkan serangkaian layanan komunikasi baru. Ajang ini akan mengundang para pengembang, baik dari latar belakang perusahaan/kelompok maupun individu untuk mengembangkan chat bot dengan hadiah mencapai 10 juta Yen. Tidak hanya itu, para peserta pun berkesempatan untuk mendapatkan penghargaan yang dinilai berdasarkan sudut pandang beragam, seperti penghargaan berbasis kategori ‘Home Hacking’ dan ‘Family’.

Untuk kompetisi Chat Bot sendiri, tenggat waktu pengumpulan akan lebih awal, yaitu sampai 7 Oktober. Bagi para pengguna yang tertarik untuk berlomba dan menerima tantangan ini bisa mengunjungi situs http://dicoding.id/line. Sebagai tambahan, bagi yang belum pernah membuat Chat Bot sebelumnya, LINE pun sudah membuka kelas online di http://bit.ly/line-chatbot-academy untuk mengetahui lebih jauh tentang pembuatan Chat Bot dari awal.

Tentang LINE Corporation

Berbasis di Jepang, LINE Corporation (NYSE:LN/TSE:3938) memiliki misi untuk ‘Mendekatkan Jarak” dan menghubungkan informasi, layanan, dan pengguna. Aplikasi pesan LINE diluncurkan pada Juni 2011 dan sejak saat itu telah berkembang menjadi ekosistem global yang beragam, termasuk teknologi AI, teknologi keuangan (FinTech), dan lainnya.

Selamat berkreasi di LINE Creativate – Chabot Competition 2018 ini! Kami tunggu karya digitalmu.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.