Ajak Anak Belajar Dalam Kisah Interaktif Monyet dan Ayam

Halo Devs. Kalau membacakan dongeng dari buku cerita mungkin sudah biasa. Kali ini Dicoding akan membahas sebuah aplikasi yang akan membuat aktivitas mendongeng menjadi lebih seru karya Educa Studio.

Background Developer & Challenge

Educa Studio

Educa Studio

Sejak berdiri pada 1 April 2011 hingga kini, Educa Studio telah memiliki lebih dari 100 aplikasi. Iya, Devs tidak salah baca, 100 aplikasi lebih yang telah dikapalkan oleh Educa Studio dalam berbagai platform. Tahun 2014 lalu, total unduhan seluruh aplikasi milik Educa Studio mencapai 15 juta download loh. Dan yang menarik, aplikasi yang dikembangkan oleh Educa Studio semuanya memiliki unsur pendidikan anak yang sangat bermanfaat.

Aplikasi cerita interaktif berjudul Monyet dan Ayam telah menjuarai tantangan di Dicoding yakni 10K Downloads Club Android NDK Challenge.

Background App

Screenshot_2015-07-29-00-07-42

Berbeda dengan seri pembelajaran edukasi yang dimiliki oleh Educa Studio, Monyet dan Anak merupakan seri dari kisah interaktif yang diberi nama Riri (Cerita Anak Interaktif). Dalam seri ini, Educa Studio menghadirkan berbagai lini aplikasi yang berisikan berbagai kisah rakyat dan dongeng menarik untuk anak.

Dengan membuat serial Riri, hubungan orang tua dan anak bisa menjadi lebih dekat. Orang tua bisa menceritakan berbagai kisah menarik kepada anaknya sembari anak juga bisa mengikuti cerita-cerita tersebut secara aktif.

Review App

Screenshot_2015-07-29-00-08-21

Kisah Monyet dan Ayam ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian yang pertama adalah menu cerita interaktif dan yang kedua adalah menu edukasi interaktif.

Pada menu cerita interaktif, di sini kita bisa mengikuti alur cerita tentang Monyet dan Ayam. Ada teks yang bisa kita bacakan kepada anak kita namun bisa juga dibacakan secara otomatis. Yang menarik, di menu cerita interaktif anak bisa secara aktif berinteraksi dengan objek-objek yang ada di dalamnya sesuai dengan alur ceritanya.

Lalu pada menu edukasi interaktif, akan ada beberapa mini game yang bisa dimainkan. Permainan yang ada di dalam menu ini berhubungan dengan kisah Monyet dan Ayam sehingga anak bisa menikmati permainan sembari mengingat pesan yang ada di dalam kisah ini.

Development Tools

Cocos2d

Cocos2d

Kisah Interaktif Monyet dan Ayam ini dikembangkan menggunakan game engine yang bernama Cocos2D. Cocos2D memberikan kemudahan bagi developer untuk bisa mengembangkan aplikasi untuk berbagai pilihan platform pengembangan.

Selain itu, dengan menggunakan Cocos2D, developer bisa mengakses berbagai library dengan mudah. Akses tersebut bisa mempersingkat waktu pengembangan aplikasi karena banyak modul-modul yang sudah disediakan dan siap dipakai.

Monetization

 Admob by Google

Admob by Google

Untuk model monetisasi, Educa Studio masih menggunakan iklan sebagai sumber pendapatan utamanya di dalam aplikasi Monyet dan Ayam. Iklan disisipkan di salah satu sisi layar dalam bentuk banner sehingga developer akan mendapatkan keuntungan tiap ada user yang melihat atau membuka iklan tersebut.

Selain model banner ada juga model iklan sisipan. Iklan ini akan muncul pada transisi antar dua layar. Ditampilkan dalam ukuran satu layar penuh, developer juga akan mendapatkan penghasilan tiap ada user yang melihat atau menyentuh iklannya.

Kesimpulan

Screenshot_2015-07-29-00-09-02

Aplikasi cerita interaktif untuk anak dengan kisah Monyet dan Ayam sangat cocok sekali untuk dimiliki oleh orang tua yang sudah memiliki anak. Selain bisa menjadi momen untuk menjalin kebersamaan, menggunakan aplikasi ini juga bisa memberikan edukasi kepada anak.

Game Cerita Anak: Monyet dan Ayam telah menggunakan Intel Android NDK yang membuat game berjalan lebih baik di Intel Device dengan x86 architecture. Untuk membuktikan hal tersebut kami telah mencoba game tersebut di dua buah device yaitu Asus Zenfone 2 ZE550 ML dan Xiaomi Redmi Note 4G yang memiliki spesifikasi hardware hampir identik.
Kesimpulan hampir tidak ada perbedaan dari sisi grafis game Cerita Anak: Monyet dan Ayam di kedua device tersebut. Namun kami merasakan loading di dalam game terasa lebih cepat di device Asus Zenfone 2 ZE550 ML yang menggunakan prosesor Intel.
5

Unduh Monyet dan Ayam: Google Play (free)

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more