3 Hal untuk Coder Muda Indonesia

Awal tahun ini kami sempat mengadakan penelitian mengenai jumlah developer di Indonesia dan kami mendapatkan angka sekitar 500,000. Angka ini termasuk mahasiswa dan pemegang ijazah ilmu komputer / informatika. Pertanyaan yang sederhana adalah berapa % dari setengah juta yang memiliki kemampuan untuk membuat produk IT? Melalui metode survey diawal 2015 kami mendapatkan angka 5%. Angka tersebut terlalu kecil dibanding potensi market Indonesia yang sedemikian besar. Lalu apa saja yang bisa dilakukan oleh coder muda Indonesia?

Tingkatkan Skill

Kami telah meluncurkan program academy untuk membantu coder muda yang masih baru agar dapat mengetahui apa saja yang perlu dilakukan agar dapat menghasilkan sebuah produk aplikasi. Program ini mengharuskan setiap developer untuk mengikuti modul dan mengirimkan prototipe untuk kemudian dievaluasi oleh tim kami. Setiap peserta bahkan akan mendapatkan rewards setelah lulus. Hasilnya? Sekarang rasio developer yang dapat membuat aplikasi naik hampir 7% dan pertumbuhan aplikasi baru pun meningkat.

Tingkatkan Rating

Rata-rata aplikasi buatan developer Indonesia saat ini berada di angka 3.9. Padahal untuk bisa mendapatkan spotlight (featured), rating aplikasi harus berada diatas 4.5. Jadi bagi teman-teman developer yang rating aplikasinya masih dibawah 4.5 silahkan belajar dari karya lokal terbaik melalui kanal showcase. Lihat dan analisa bagaimana produk dari developer terbaik dibuat.

Bercerita

Indonesia saat ini sedang didominasi dengan generasi berumur 20 an tahun. Generasi ini tidak terlalu menyukai penawaran langsung. Tapi mereka sangat mencintai cerita, market ini mengharuskan kita pandai mengolah cerita dalam setiap produk yang kita buat. Lihat bagaimana The Wali Studio dan Agate Jogja mengolah aplikasi dan game yang mereka buat agar mendapatkan sudut pandang cerita yang bagus dan mudah diterima oleh pasar maupun media.

Summary

Saat teman-teman developer membutuhkan ide untuk membuat produk, dicoding bekerjasama dengan berbagai partner termasuk investor untuk memberikan ide melalui challenge. Beberapa challenge baru bisa dilihat setelah developer verified account atau submit aplikasi ke dicoding store. Kami selalu berkomitmen untuk membantu coder muda agar dapat sukses mengembangkan produk aplikasinya.

Developer Indonesia

Kami berharap pada peringatan sumpah pemuda tahun depan, aplikasi developer Indonesia yang diatas 1 juta download bisa meningkat tajam.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Co-Founder Dicoding