3 Bulan Dicoding

Hari ini adalah tepat 3 bulan Dicoding diluncurkan. Dalam 3 bulan ini, kami telah menawarkan 15 tantangan, mengadakan lebih dari 30 events, dan mendistribusikan lebih dari 200.000 points untuk memantik kelahiran 300 aplikasi lokal. Mimpi kami adalah untuk membangkitkan developer Indonesia menjadi developer yang berdaya saing di tingkat dunia. Melihat progress tersebut dan animo dari 2,000 developer yang tergabung, kami semakin yakin bahwa kita bersama-sama dapat mencapainya.

Berdasarkan survey terhadap rekan-rekan developer yang kami lakukan saat awal Dicoding didirikan. Dua hal yang paling dibutuhkan oleh developer pemula adalah akses ke store dan bagaimana produk yang dibuat bisa dikenal (discoverability). Pada pertengahan Maret kami meluncurkan Dicoding Store, sebuah mekanisme akun kolektif, yang dapat dimanfaatkan oleh rekan developer agar karyanya tidak berakhir dalam folder saja.

Aplikasi/Games yang sudah publish di Dicoding Store

Aplikasi/Games yang sudah publish di Dicoding Store

Dalam sebulan terakhir kami juga fokus pada bagaimana memberikan akses discoverability kepada rekan-rekan developer. Kami telah bekerja sama dengan beberapa kanal media seperti Trenologi, TeknoJurnal, Aplikanologi, IDWinPhone, CodePolitan, dan beberapa media lain yang saat ini sedang dalam proses. Tentunya dengan fitur ini semua developer memiliki kesempatan yang sama agar produknya dapat dikenal. Kami sangat bahagia melihat antusiasme dari rekan developer terhadap peluncuran fitur- fitur ini.

Saat ini ada 8 challenge yang aktif dalam dicoding dari Intel, Nokia Here, dan POKKT, baik untuk developer yang masih pemula maupun developer professional. Kami akan terus bekerjasama dengan lebih dari 30 partners yang tergabung dalam Dicoding untuk menghadirkan challenge-challenge yang dapat mendukung perjalanan rekan developer dalam membangun produk terbaiknya.

 

Terima kasih atas dukungannya selama ini dan selamat berkarya.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Co-Founder Dicoding