Pengenalan dan Registrasi IBM Bluemix

Pengenalan Bluemix

Bluemix adalah layanan cloud-PaaS (Platform as a Services), yang menawarkan layanan dimana kita bisa melakukan pengukuran pada server virtual dan membangun mikroservis dengan model-event. Secara garis besar bluemix berfungsi sebagai platform cloud, analitik, penyimpanan, keamanan data, dan sebagainya. Selain itu Bluemix menyediakan lebih dari 30 layanan pada bluemix. Contohnya pada Boilerplates, terdapat layanan seperti mobile cloud, node js web started, Internet of Things Starter.

Registrasi Bluemix

Langkah awal untuk membuat aplikasi menggunakan Bluemix adalah dengan registrasi Bluemix. Berikut langkah-langkah membuat akun bluemix :

  1. Buka alamat Bluemix.net, kemudian klik Sign Up dipojok kanan atas
    1
  2. Kemudian isikan detail yang diminta sampai dengan selesai. Setelah itu, klik Create Account.
    1
    2
  3. Setelah itu cek email Anda untuk melakukan konfirmasi.
  4. Kemudian Log in dengan menggunakan email dan password yang sudah Anda isi sebelumnya
    1
  5. Langkah selanjutnya adalah Create Organization
    “Anda dapat memilih lokasi layanan dari tiga tempat berbeda, yaitu Sydney, United Kingdom, dan United State”. Lalu isi nama organisasinya, selanjutnya klik tombol Create
    1
  6. Setelah itu isi space Anda. Klik lagi tombol create
    1
  7. Lalu ada summary, dan klik tombol I’m Ready
    1
  8. Setelah itu klik Create Application
    1
  9. Sampai dengan tahap ini, Anda sudah bisa menggunakan bluemix.
    “Ada beberapa layanan Bluemix yang dapat digunakan pada Apps dan Services. Contohnya pada Boilerplates di Apps, ada Mobile Cloud, Node js Web Started, Internet of Things Starter dan sebagainya.”
    1

 

Pembayaran dengan Voucher dan Kartu Kredit

Model pembayaran yang diterapkan oleh Bluemix adalah Pay-As-You-Go (bayar sesuai yang Anda pakai). Terdapat 2 pilihan yang dapat digunakan untuk pembayaran, yaitu dengan memakai Voucher atau Credit Card (CC).

  1. Klik Account di pojok kanan atas *kotak warna merah
    1
  2. Kemudian pada menu Billing, terdapat informasi tentang tipe akun dan info untuk memasukkan kode voucher atau kartu kredit
    1
  3. Jika Anda ingin mengupgrade akun, tinggal pilih ingin dengan memasukkan kode voucher atau dengan kartu kredit. Klik Add Credit Card jika Anda membayar dengan kartu kredit
    1
  4. Selanjutnya lengkapi data profil anda dan masukkan nomor kartu kredit Anda. Jangan lupa mencentang I accept the Cloud Services terms, kemudian klik Next.
    1
    2

Untuk layanan voucher, kadang-kadang ada sales Bluemix atau perwakilan Bluemix lainnya memberikan voucher. Dengan menerapkan voucher, Anda bisa mendapatkan sumber daya tambahan atau kapabilitas yang disediakan oleh Bluemix untuk akun free trial Anda.

Sumber daya atau kapabilitas sering bervariasi bergantung pada kode tertentu, tetapi dapat mencakup satu atau lebih dari item berikut:

  • Meningkatkan kuota memori ke sejumlah GB yang dispesifikasikan oleh kode promo
  • Menambahkan satu organisasi, dengan kuota memori yang ditentukan oleh kode promo
  • Menambah organisasi dalam jumlah tak terbatas
  • Mengunggah tambahan jumlah sertifikat SSL, sebagaimana ditentukan oleh kode promo
  • Menggunakan rencana layanan premium.

Catatan: Anda dapat menggunakan beberapa kode promo ke akun Anda. Setiap kode promo dapat di redeem hanya sekali sebelum tanggal berakhirnya kode.

 

Akses Free Akun

Bagi Anda yang pertama kali menggunakan Bluemix dan telah melakukan registrasi, disediakan layanan free trial selama 30 hari. Selama masa free trial ini, Anda mendapatkan layanan runtime dan memori kontainer sampai dengan 2 GB, akses ke 10 layanan Bluemix lainnya tanpa memerlukan pembayaran dengan kartu kredit, dan mendapatkan 1 sertifikat SSL.

1

Setelah melewati batas free trial, aplikasi di akun Anda dihentikan. Namun, Anda masih dapat mengakses akun. Anda dapat memilih jenis account dan hanya membayar layanan dengan model Pay-As-You-Go, membayar dari apa yang digunakan di luar tunjangan gratis.

1-copy

Jika Anda tidak mengupgrade akun setelah free trial berakhir, Anda akan menerima notifikasi email tentang status akun Anda setelah trial berakhir. Notifikasi sebagai pengingat untuk membuat akun berbayar Anda sehingga pengaturan dan konfigurasi aplikasi anda tidak akan hilang. Jika tidak ingin menerima notifikasi ini dari Bluemix, Anda dapat berhenti berlangganan setiap saat. Satu bulan setelah berakhirnya trial, aplikasi dan konfigurasi layanan dihapus.

Jika Anda mengupgrade akun Anda selama free trial, tunjangan gratis terbatas untuk tunjangan normal yang disediakan oleh masing-masing layanan.

 

Penjelasan UI pada Bluemix (Dashboard Overview, App Catalogue)

Dalam Bluemix sendiri disediakan lingkungan layanan Cloud yang mudah diakses untuk menggunakan API dan UI yang tersedia untuk membangun sebuah aplikasi. UI pada Bluemix hanya disajikan dengan Bahasa inggris.

Pada akun Bluemix, Anda dapat memanfaatkan layanan untuk mengotorisasi pengguna lain untuk berkolaborasi pada aplikasi yang dibuat. Otorisasi tersebut termasuk kemampuan untuk menyebarkan aplikasi, memilih layanan tambahan, dan layanan yang menimbulkan biaya yang terkait dengan akun.

  1. Dashboard View. Pada menu Log In, halaman untuk memasukkan email dan password dibuat terpisah. Anda harus memasukkan email terlebih dahulu setelah itu klik Continue untuk memasukkan password Anda.
    1
  2. Setelah Log In, pada halaman dashboard Anda dapat mulai membuat aplikasi dengan mengkilk Create Application.
    1
  3. Pada dashboard, pojok kiri atas (*kotak warna merah) terdapat menu untuk menelusuri Apps, Services, Infrastructure, Dashboard, Cloud Foundry Apps, Container, OpenWhisk, dan Mobile.
    1
    2
  4. Kemudian, angka yang berada di bagian kanan atas pada Dashboard, merupakan keterangan untuk sisa hari bagi pengguna free trial. Jika diklik, maka pop-up keterangan akan muncul dengan tambahan didalamnya pilihan untuk menambah kartu kredit atau kode promo.
    1
  5. Lalu pada menu Catalogue, Anda dapat melihat semua kategori layanan yang disediakan Bluemix untuk penggunanya. Mulai dari Infrastructure, Apps, dan Services. Anda juga dapat langsung mencari layanan apa yang akan digunakan dengan kolom Search dan mem-filter apa yang Anda cari.
    1
  6. Kemudian, jika Anda mengklik Support pada dashboard di bagian atas kanan, maka terdapat layanan untuk:
    ● Add Tickets – Memudahkan Anda untuk dapat langsung meminta Support atau mengontak sales.
    ● View Tickets – Anda akan langsung dihubungkan ke halaman IBM Client Success Portal untuk menampilkan support tadi.
    ● Find Answers – Jika Anda mengalami kesulitan menggunakan layanan Bluemix, maka Anda dengan mudah dapat mencari jawabannya, salah satunya dengan mengirim pertanyaan langsung ke akun Stack Overflow Anda.
    ● Status – Anda dapat melihat status sistem akun Bluemix Anda dan event yang terjadi. Ada 3 status yaitu No known issues, Some issues, dan No status.
    1
  7. Pada dashboard Account, terdapat pilihan layanan sebagai berikut:
    ● Notifications – Anda dapat menyesuaikan notifikasi untuk event dan maintenance yang telah direncanakan.
    ● Team Directory – Melihat status akun Anda sebagai owner dan akun anggota tim. Pada menu ini, Anda dapat mengatur jenis organisasi dan 3 status yaitu Billing Manager, Manager, dan Auditor.
    ● Invite Team Members – Anda dapat memilih sebuah organisasi untuk anggota tim baru Anda. Kemudian melihat undangan yang tertunda.
    ● Usage Dashboard – Melihat betapa sibuknya apps yang anda bangun. Mulai dari status penggunaan Runtime, Containers, dan Services Instances.
    ● Billing – Pada menu ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai status akun dan aplikasi Anda. Aplikasi Anda yang telah dibangun akan berhenti pada akhir trial kecuali jika Anda menambahkan kartu kredit atau kode promo. Tambahkan kartu kredit Anda atau membuat akun berlangganan untuk menikmati layanan gratis dan hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan di atas tunjangan gratis.
    ● Manage Organizations – Anda dapat melakukan manajemen pada organisasi yang telah Anda buat di akun Bluemix Anda.
    1
  8. Lalu pada bagian dashboard kanan paling atas, terdapat menu untuk melihat keterangan:
    ● Account
    ● Region
    ● Organization
    ● Space
    Pada menu tersebut yang dapat diganti adalah Region saja. Selain itu Anda dapat me-manage organisasi pada Manage Organizations dan membuat space pada Create a Space.
    1
  9. Jika Anda ingin melihat profil kemudian ingin menambahkan foto pada akun Anda, klik User Profile. Lalu pilihan Log Out dari bluemix, Anda bisa mengklik menu dibagian pojok kanan atas dashboard (kotak warna merah)
    1
  10. Katalog Apps. Seperti yang sebelumnya dijelaskan bahwa Anda dapat melihat semua kategori layanan yang disediakan Bluemix untuk penggunanya. Mulai dari Infrastructure, Apps, dan Services. Pada menu katalog Apps, Anda diberikan pilihan untuk layanan aplikasi yang akan digunakan seperti yang terdapat pada kotak merah.
    ● Boilerplates
    ● Cloud Foundry Apps
    ● Containers
    ● OpenWhisk
    ● Mobile
    1

 

Penjelasan Mikroservis Bluemix

Anda telah mendapatkan keterangan tentang Catalogue dari penjelasan sebelumnya. Pada bab ini akan dijelaskan layanan apa saja yang ditawarkan pada pilihan menu Services. Dalam menu ini terdapat banyak sub kategori yang dapat Anda manfaatkan.

1

Pada menu yang diberi kotak merah merupakan kategori layanan dari menu Services, seperti layanan Data & Analytics, Watson, Internet of Things, APIs, Network, Storage, Security, DevOps, Application Services, dan Integrate. Adapun contoh sub kategorinya yaitu:

  • Data & Analytics
    Apache Spark – Analisis IBM untuk Spark Apache bagi Bluemix
    Compose for PostgreSQL – Postgres merupakan sumber objek-relasional database yang handal dan bisa disesuaikan
    Compose for RabbitMQ
    dan sebagainya.
    1
  • Internet of Things
    Internet of Things Platform
    IoT for Electronics
    Flowthings.io
    dan sebagainya
    1
  • APIs
    API Connect
    1
  • DevOps
    Active Deploy
    Auto-Scaling
    Availability Monitoring
    dan sebagainya.
    1
  • Application Services
    Blockchain
    Business Rules
    Data Cache
    dan sebagainya.
    2

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Chief Operation Officer at Dicoding Indonesia