Mainkan Game Tentang Kain Ulos Batak di Game Ulos Batak Frenzy

Kain ulos merupakan salah satu kekayaan budaya Batak yang sangat populer. MadFal Studio mencoba mengangkat salah satu keragaman budaya Indonesia ini dalam bentuk game yang berjudul Ulos Batak Frenzy.

Background Developer & Challenge

logo madfal

Madfal Studio merupakan pengembang game yang berdiri pada tahun 2010 ketika Muhammad Adam Fahilah masih semester 5. Walaupun seorang diri, Madfal Studio sudah mampu menghasilkan banyak sekali game di Playstore, Gamejolt, dan Kongregate. Total ada lebih dari 20 aplikasi yang sudah dikembangkan oleh Madfal Studio.

Madfal Studio sudah mendapatkan beberapa penghargaan seperti mendapatkan juara 2 mobile game dengan tema Toleransi Antar Umat Beragama yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama. Lalu juga pernah mendapatkan juara harapan 1 di Increfest 2015 dalam kategori mobile game. Ulos Batak Frenzy juga mendapatkan penghargaan dari Dicoding yang berjudul North Sumatra Tourism Challenge.

Background Application

Screenshot_2016-01-14-18-21-38

Madfal Studio memang terkenal dengan ide-ide aplikasinya yang unik. Game Ulos Batak Frenzy sendiri dikembangkan dengan alasan utama mengikuti tantangan dari Dicoding. Namun untuk ide game-nya itu sendiri, Madfal Studio berusaha mencari inspirasi game yang unik dan berbeda.

Jika bicara tentang budaya, biasanya orang akan langsung terasosiasi dengan tempat wisata, tarian adat, bahasa, dan lain-lain. Di sini Madfal Studio mencoba mengangkat tema yang lebih spesifik dan mungkin tidak banyak orang yang tertarik mengembangkan game-nya, yakni tentang kain ulos dari Batak.

Review Application

Screenshot_2016-01-14-18-23-39

Ulos Batak Frenzy merupakan game dengan genre casual dimana di dalam game ini kita akan belajar membuat kain tradisional yang bernama ulos. Cara bermainnya adalah kita perlu memutar tombol-tombol panah di sisi bawah layar agar menunjuk ke arah yang sama dengan panah yang turun menuju tombol tersebut. Sekali pencet, tombol tersebut akan berputar 90 derajat. Tugas kita memastikan agar jumlah sentuhan tepat agar objek bisa jatuh di tempat yang tepat.

Objektif utama di dalam Ulos Batak Frenzy adalah untuk mendapatkan nilai tertinggi. Untuk mendukung itu, Madfal Studio juga menghafirkan fitur native dari alikasi seperti adanya leaderboard di dalam game ini.

Development Tools 

Dalam proses pengembangan Ulos Batak Frenzy, Madfal Studio menggunakan software Unity. Yang menarik, untuk pembuatan aset visual, alih-alih menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, atau Corel Draw, Madfal Studio memilih untuk menggunakan Adobe Flash.

Ulos Batak Frenzy sendiri dikembangkan dari awal Desember. Game ini dikerjakan oleh dua orang dengan komposisi satu artist dan satu programmer.

Monetization

Screenshot_2016-01-14-18-23-48

Monetasi game ini menggunakan iklan AdMob dalam bentuk banner dan interstitial. Selain itu juga terdapat InApp Purchase untuk membeli koin agar bisa mengganti jenis ulos yang ingin digunakan. Madfal Studio sendiri beranggapan metode free seperti ini adalah model yang paling tepat untuk mini game seperti game ini.

Kesimpulan

Madfal Studio merupakan sebuah studio yang selalu peka terhadap isu yang ada di masyarakat dan menghadirkannya dalam bentuk game. Hal itu juga yang membuat jumlah unduhan dari aplikasi Madfal Studio akan tinggi jika topik yang sedang tren. Jika ingin mencoba game Ulos Batak Frenzy, bisa langsung saja diunduh.

Unduh Ulos Batak Frenzy : Google Play

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

CEO and GameDev @arsanesia | Blogger http://ardisaz.com | Writer @Trenologi and @Dicoding | GGMU | gadgetboy | and many more