Belajar Dasar UX Design
Teknologi:
UI/UXLevel: Dasar
Siswa Terdaftar
Teknologi:
UI/UXLevel: Dasar
Siswa Terdaftar
User Experience (UX) merupakan hal yang sangat penting dalam membuat sebuah produk, baik dalam bentuk aplikasi mobile maupun website. Karena pada zaman sekarang, proses membuat produk itu relatif mudah. Selain itu, hampir setiap produk memiliki fungsi, harga, dan fitur yang mirip. Lantas, apa yang membuat orang memilih salah satu dari produk tersebut? Jawabannya adalah User Experience (UX) yang membuat nyaman pengguna.
Peralatan Belajar
Spesifikasi minimal perangkat:
Prosesor
Intel Dual Core (Rekomendasi Core i3 ke atas)
Lihat semua peralatan belajar
Lihat semua peralatan belajarKelas ini membutuhkan spesifikasi perangkat seperti berikut:
RAM
1 GB (Rekomendasi 2 GB)
Layar
1366 x 768 (Rekomendasi Full HD 1920 x 1080)
Sistem Operasi
Windows, Linux, MacOS
Prosesor
Intel Dual Core (Rekomendasi Core i3 ke atas)
Metode Ajar
Lihat semua metode ajar
Lihat semua metode ajarKontributor
2Curriculum Developer yang membangun kelas ini:
Triawanri Novianung
Product Designer who building product at Dicoding Indonesia
Ahmad Arif Faizin
Curriculum Developer at Dicoding Indonesia
Reviewer
20Code Reviewer yang akan me-review tugas dan kode Anda:
Taufik Hidayat
Android Developer at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Alfian Yusuf Abdullah
Head of Reviewer at Dicoding Indonesia
Leonanta Pramudya Kusuma
Web & Mobile App Developer
khairul anas
External Code Reviewer at Dicoding Indonesia
• Dicoding Graduate
• Flutter Developer
• Mobile & Web Enthusiast
Lihat semua kontributor dan reviewer
Lihat semua kontributor dan reviewerKontributor kelas
Curriculum Developer yang membangun kelas ini:
Triawanri Novianung
Product Designer who building product at Dicoding Indonesia
Ahmad Arif Faizin
Curriculum Developer at Dicoding Indonesia
Tim Reviewer
Code Reviewer yang akan me-review tugas dan kode Anda:
Taufik Hidayat
Android Developer at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Alfian Yusuf Abdullah
Head of Reviewer at Dicoding Indonesia
Leonanta Pramudya Kusuma
Web & Mobile App Developer
khairul anas
External Code Reviewer at Dicoding Indonesia
• Dicoding Graduate
• Flutter Developer
• Mobile & Web Enthusiast
Ferdian Ahmad Rozikin
Frontend Engineer & External Code Reviewer
Experienced Frontend Engineer Crafting Immersive Digital Experiences: Elevate Your Team's Web Development Capabilities with Innovation, Precision, and a Proven Track Record
Fauzia Rahma Cahyarini
UI/UX Designer
Cahyadesthian Rizki Widigda
Passionate about UX
Sedekah yg paling utama adalah ketika seorang belajar suatu ilmu, kemudian mengajarkannya pada saudara lainnya
(˵ •̀ ᴗ - ˵ ) ✧
Love to Explore UX, Android Development, Flutter, and Editing
Sesaka Aji Nursah Bantani
External Reviewer Dicoding at Dicoding Indonesia
Muhammad Amru Salim
External Code Reviewer at Dicoding Indonesia
Dandy Candra Oktaviano
Web Engineer at Crocodic | External Reviewer at Dicoding Indonesia
Triawanri Novianung
Product Designer who building product at Dicoding Indonesia
Kevin Jonathan
External Code Reviewer at Dicoding Indonesia
Research Assistant at Waseda University | Apple Developer Academy Alumni
Listra Julias Bethzeta
External Code Reviewer at Dicoding Indonesia
- Digital Marketing Intern at Jababeka Infrastructure
- UI/UX Enthusiast
- VR/AR Enthusiast
Ahmad Arif Faizin
Curriculum Developer at Dicoding Indonesia
Taufik Hidayat
Android Developer at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Alfian Yusuf Abdullah
Head of Reviewer at Dicoding Indonesia
Leonanta Pramudya Kusuma
Web & Mobile App Developer
khairul anas
External Code Reviewer at Dicoding Indonesia
• Dicoding Graduate
• Flutter Developer
• Mobile & Web Enthusiast
Ferdian Ahmad Rozikin
Frontend Engineer & External Code Reviewer
Experienced Frontend Engineer Crafting Immersive Digital Experiences: Elevate Your Team's Web Development Capabilities with Innovation, Precision, and a Proven Track Record
Muhammad Awaluddin
Cloud Consultant at PT. Inovasi Informatika Indonesia
Fauzia Rahma Cahyarini
UI/UX Designer
Cahyadesthian Rizki Widigda
Passionate about UX
Sedekah yg paling utama adalah ketika seorang belajar suatu ilmu, kemudian mengajarkannya pada saudara lainnya
(˵ •̀ ᴗ - ˵ ) ✧
Love to Explore UX, Android Development, Flutter, and Editing
Sesaka Aji Nursah Bantani
External Reviewer Dicoding at Dicoding Indonesia
Muhammad Amru Salim
External Code Reviewer at Dicoding Indonesia
Dandy Candra Oktaviano
Web Engineer at Crocodic | External Reviewer at Dicoding Indonesia
Alex Wijaya
External Code Reviewer at Dicoding Indonesia
Muhammad Ari Rifqi
CTO at Teman Prestasi | External Reviewer at Dicoding
Triawanri Novianung
Product Designer who building product at Dicoding Indonesia
Kevin Jonathan
External Code Reviewer at Dicoding Indonesia
Research Assistant at Waseda University | Apple Developer Academy Alumni
Seprian Dani
External Academy Code Reviewer at Dicoding Indonesia
Listra Julias Bethzeta
External Code Reviewer at Dicoding Indonesia
- Digital Marketing Intern at Jababeka Infrastructure
- UI/UX Enthusiast
- VR/AR Enthusiast
Nadya Latifa
Product Designer Intern at Dicoding
Ivan Andrianto
Academy Code Reviewer at Dicoding Indonesia
Ribuan siswa sukses belajar di Dicoding Academy. Apa kata mereka? Berikut adalah testimoni asli mereka.
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan.
Materi yang akan Anda pelajari pada kelas ini.
Memahami HAKI, mekanisme belajar, forum diskusi, glosarium, dan daftar referensi.
2 Menit
10 Menit
10 Menit
10 Menit
20 Menit
Pre-test
30 Menit
Glosarium
10 Menit
Daftar Referensi
8 Menit
Memahami konsep dasar UX Design dan faktor yang mempengaruhinya, serta memahami proses desain dengan menggunakan pendekatan Design Thinking.
Dasar UX Design
10 Menit
Karakteristik UX Design yang Baik
5 Menit
Studi Kasus Identifikasi UX Design pada Aplikasi
10 Menit
Tugas UX Designer
5 Menit
Konsep Design Thinking
10 Menit
Tips dan Trik Membangun Personal Branding sebagai UX Designer
10 Menit
Rangkuman dari Konsep Dasar UX Design
10 Menit
Kuis Konsep Dasar UX Design
15 Menit
Memahami bagaimana cara untuk mengetahui masalah utama (pain point) pengguna dengan membuat Empathy Map, User Persona, dan User Journey Map. Dilanjutkan dengan mendefinisikan masalah dalam Problem Statement dan melakukan eksplorasi untuk mencari solusi dengan menggunakan metode How Might We (HMW) dan Crazy Eight.
Konsep Empathize : Berempati dengan User
10 Menit
UX Research
10 Menit
Latihan Melakukan Survei
380 Menit
Empathy Map
5 Menit
Latihan Membuat Empathy Map
10 Menit
Identifikasi Masalah (Pain Point)
5 Menit
User Persona
20 Menit
User Story
20 Menit
User Journey Map
20 Menit
Konsep Define : Mendefinisikan Masalah User (Problem Statement)
10 Menit
Latihan Membuat Problem Statement
10 Menit
Konsep Ideation : Menghasilkan Ide untuk Solusi
10 Menit
Competitive Audit
5 Menit
Latihan Membuat Competitive Audit
20 Menit
Brainstorming dengan How Might We (HMW)
15 Menit
Brainstorming dengan Crazy Eight
20 Menit
Tips dan Trik dalam Merancang Desain Produk
10 Menit
Rangkuman dari Empathize, Define, & Ideate
10 Menit
Kuis Empathize, Define, & Ideate
15 Menit
Mendefinisikan solusi dalam bentuk Goal Statement dan mengetahui cara membuat rancangan desain dengan membuat User Flow, Storyboard, dan Wireframe.
Konsep Prototype: Membuat Rancangan Desain
10 Menit
Goal Statement
20 Menit
Merancang User Flow
20 Menit
Storyboard
30 Menit
Perbedaan Low-Fidelity dan High Fidelity
5 Menit
Wireframe
5 Menit
Latihan Dasar Menggambar Wireframe di Kertas
15 Menit
Latihan Studi Kasus Eksplorasi Desain dengan Wireframe
25 Menit
Tool Membuat Wireframe Secara Digital
5 Menit
Latihan Menggambar Wireframe Secara Digital
10 Menit
Latihan Membuat Banner
10 Menit
Latihan Membuat Menu Pencarian
10 Menit
Latihan Membuat Filter Kategori
10 Menit
Latihan Membuat Bottom Navigation
10 Menit
Latihan Membuat Daftar Menu
10 Menit
Latihan Export Gambar
10 Menit
Tips dan Trik dalam Membuat Wireframe
10 Menit
Rangkuman dari Storyboard dan Wireframe
10 Menit
Kuis Storyboard dan Wireframe
15 Menit
Memahami cara membuat Mockup dan High-Fidelity Prototype yang menarik dan interaktif dengan menerapkan prinsip desain visual.
High-Fidelity Prototype
10 Menit
Elemen Dasar Desain Visual
15 Menit
Layouting (Mengatur Elemen)
15 Menit
Prinsip Desain Visual
15 Menit
Latihan Membuat Mockup
10 Menit
Latihan Memasukkan Gambar Banner
10 Menit
Latihan Memanfaatkan Grid & Padding
10 Menit
Latihan Menggunakan Ikon dari Material Design
10 Menit
Latihan Mengganti Tipografi dan Margin
10 Menit
Latihan Menggunakan Frame
10 Menit
Latihan Menggunakan Components
15 Menit
Latihan Menerapkan Auto Layout dan Bulk Insert
15 Menit
Latihan Memanfaatkan Style dan Layout Grid
15 Menit
Latihan Menambahkan Effect dan Ikon pada Bottom Navigation
10 Menit
Design System
5 Menit
Latihan Membuat Sticker Sheets di Figma
20 Menit
Latihan Membuat High-Fidelity Prototype
30 Menit
Latihan Menambahkan Interaksi Scrolling pada Overflow & Animasi
10 Menit
Tips dan Trik dalam Membuat High-Fidelity Prototype
10 Menit
Rangkuman dari High-Fidelity Prototype
10 Menit
Kuis High-Fidelity Prototype
15 Menit
Merencanakan dan melakukan usability study, mengidentifikasi insight, memodifikasi desain berdasarkan hasil riset, dan membagikan hasil desain kepada tim.
Konsep Test : UX Research untuk Menguji Coba Prototype
10 Menit
7 Elemen Perencanaan UX Research
10 Menit
Latihan Merencanakan Riset
20 Menit
Latihan Usability Study
450 Menit
Menganalisis Hasil Riset & Mensintesisnya
5 Menit
Latihan Membuat Affinity Diagram
15 Menit
Latihan Identifikasi Insight
10 Menit
Membagikan Hasil Riset
5 Menit
Memodifikasi Desain Berdasarkan Riset
10 Menit
Mendokumentasikan dan Membagikan Hasil Desain kepada Tim
10 Menit
Latihan Membuat UX Case Study Untuk Portofolio
20 Menit
Tips dan Trik Berprofesi Menjadi UX Designer Profesional
10 Menit
Rangkuman dari UX Research & Dokumentasi
10 Menit
Kuis UX Research & Dokumentasi
15 Menit
Ujian dan proyek akhir yang harus diselesaikan untuk lulus dari kelas ini.
Rangkuman Kelas
30 Menit
Ujian Akhir Kelas
30 Menit
Proyek Akhir: Membuat UX Case Study
10 Menit
Proyek Akhir: Kriteria Submission
20 Menit
Proyek Akhir: Kirim Submission dan Review
180 Menit