Mulai Percaya Diri
dengan Kartu Prakerja

Galau cari kerja ?
Gak ngerti apa potensi dirimu ?
Mau siap kerja ?
Kembangkan potensi dirimu di bidang pemrograman dengan Kartu Prakerja


Logo Prakerja
Dicoding Indonesia

Mulai Percaya Diri
dengan Kartu Prakerja

Galau cari kerja ?
Gak ngerti apa potensi dirimu ?
Mau siap kerja ?
Kembangkan potensi dirimu di bidang pemrograman dengan Kartu Prakerja


Logo Prakerja Dicoding Indonesia

Program Kartu Prakerja

Dicoding merupakan platform belajar pemrograman dengan kurikulum resmi standar global untuk Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja adalah bantuan pemerintah berupa kartu untuk akses pelatihan bagi pencari kerja, pekerja aktif, dan pekerja yang terkena PHK.

BELAJAR PEMROGRAMAN GRATIS PAKAI KARTU PRAKERJA

Keuntungan Program Kartu Prakerja

Bebas biaya

Tiap orang bisa dapat bantuan
dana untuk menutup
biaya belajar pemrograman.

Insentif

Dapatkan insentif gaji dari
pemerintah setelah menyelesaikan
pelatihan.

Siap Kerja

Sertifikat kelulusan dari Dicoding diakui industri. Yuk bangun karirmu sebagai developer profesional.

Ikuti Langkah Mereka Berkarir Sebagai Developer

Rui Fernando

Rui Fernando
Unicorn-Company Engineer

"Biasanya di kursus lain hanya cara buat aplikasi. Tapi kalau Dicoding itu materi lengkap."
Rui saat masih mahasiswa semester 7, berbekal materi lengkap Dicoding untuk mengalahkan 1.700 developer lainnya se-Indonesia di ajang pencarian bakat dari Tokopedia. Ia sukses mendapatkan tiket emas jadi engineer pada perusahaan tersebut.
Ananda Wiradharma

Ananda Wiradharma
Associate Android Developer

"Pengalaman belajar di Dicoding cocok untuk saya yang kerja karena bisa diakses kapan saja."
Ananda adalah pekerja pabrik elektronik jebolan SMK jurusan akuntansi. Ia mengikuti proses belajar Dicoding, standar kurikulum Google, untuk jadi developer profesional. Ia pun sukses lulus ujian Google untuk menjadi Google Certified Associate Android Developer.
Andrew Prasetyo

Andrew Prasetyo
Programmer Startup

"Bekal belajar di Dicoding, saya banting setir jadi programmer."
Andrew sudah kerja 4 tahun sebagai Market Intelligence di perusahaan properti. Kelas Dicoding membuatnya percaya diri untuk pindah karir menjadi developer. Sertifikatnya menolong wawancara di tempat kerja yang sekarang.
Junia Firdaus

Junia Firdaus
Android Engineer

"Interview, tau saya lulusan Dicoding. Kayaknya itu yang mereka cari."
Junia sempat jadi loper koran dan kerja ojek online. Ia melamar jadi Android Engineer di 10 lowongan kerja dengan mencantumkan sertifikasi kelas Android Expert dari Dicoding. Dari 10 yang dia lamar, semua terpanggil interview.

Sudah Siap Belajar Pemrograman?

1. Daftar di program Kartu Prakerja

Syarat:
  1. Semua Warga Negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas
  2. Tidak sedang sekolah atau kuliah
  3. Prioritas untuk yang sedang cari kerja maupun yang sudah bekerja namun ingin meningkatkan skill

2. Gunakan di mitra resmi Dicoding untuk Kartu Prakerja

Kemnaker Tokopedia Pintaria

Kelas yang tersedia pada setiap mitra platform beda namun Kartu Prakerja dapat kamu gunakan untuk platform apa pun di bawah.
Kelas yang saat ini tersedia sesuai dengan arahan situasi COVID-19, nantikan kelas lainnya 4 bulan kedepan.

Kelas Kemnaker Tokopedia Pintaria
Memulai Pemrograman Dengan Python (Kurikulum Google) - -
Belajar Dasar Pemrograman Web (Kurikulum Google)
Belajar Fundamental Front-End Web Development (Kurikulum Google) Coming Soon
Belajar Membuat Aplikasi Kognitif (Kurikulum IBM) - -

3. Aktifkan token belajar pemrograman dari mitra resmi Dicoding


Pertanyaan Umum (FAQ)

1. Sudah membeli pelatihan menggunakan kartu prakerja, selanjutnya bagaimana?

Cari token aktivasi yang telah diberikan oleh platform tempat kamu beli (seperti Bukalapak, Kemnaker, Tokopedia, dsb).Token aktivasi ini bukan nomor invoice atau billing namun merupakan kode berbeda.

Tiap platform memiliki cara berbeda dalam pengiriman, ada yang lewat email, sms, whatsapp maupun tersedia di akun platform tersebut.

Jika tidak menemukan, silakan hubungi platform tempat menggunakan saldo Kartu Prakerja untuk membeli, karena token tidak disediakan oleh Dicoding.

Jika sudah menemukan token, token tersebut dapat digunakan pada kolom token (langkah 3) di https://www.dicoding.com/kartuprakerja. Setelah klik tombol Aktifkan Token, kelas akan otomatis diaktifkan. Setelah token aktif, carilah dan pilih kelas yang telah kamu aktifkan di https://www.dicoding.com/academies/list, kemudian lanjut belajar.

2. Apakah saya harus menggunakan nama dan alamat email yang sama dengan yang di Kartu Prakerja?

Menggunakan nama dan alamat email yang berbeda dapat menyulitkan kamu untuk mendapatkan insentif. Peraturan ini dapat berubah tanpa pemberitahuan oleh tim PMO (manajemen pelaksana program Kartu Prakerja / Pemerintah).

Dicoding adalah salah satu dari lembaga yang melakukan pelatihan yang berhubungan dengan mitra pelatihan (seperti Kemnaker, Tokopedia, Bukalapak, atau platform lain di mana kamu melakukan pembelian kelas) namun tidak memiliki jalur ke PMO (manajemen pelaksana program Kartu Prakerja/Pemerintah). Peraturan sepenuhnya ditentukan oleh tim PMO.

3. Saya tidak memiliki laptop/notebook.

Kelas kami adalah kelas pemrograman berstandar global dengan kurikulum dari perusahaan seperti Google, Microsoft, IBM, dan sebagainya.

Sesuai standar industri, belajar pemrograman termasuk harus belajar cara coding dan mempraktekkannya.

Untuk melakukan hal itu, maka wajib memiliki komputer karena kelas tidak dapat diselesaikan tanpa mengerjakan proyek akhir yang akan berupa tugas coding.

4. Laptop saya tidak memenuhi spesifikasi untuk mengerjakan submission-nya.

Setiap kelas kami memiliki informasi spesifikasi minimal komputer yang diperlukan untuk dapat dengan lancar belajar dan melakukan proyek akhir.

Sebagai contoh untuk kelas Belajar Dasar Pemrograman Web di https://www.dicoding.com/academies/123, telah tertulis dibutuhkan minimal intel celeron (rekomendasi di Core i3 ke atas) dan RAM 1GB (rekomendasi di 2GB ke atas).

5. Saya ingin ganti kelas.

Dicoding adalah salah satu dari lembaga yang melakukan pelatihan. Sedangkan keputusan mengenai kelas apa yang dapat diambil siswa program Kartu Prakerja adalah di sisi mitra pelatihan (seperti Kemnaker, Tokopedia, Bukalapak, atau platform lain di mana kamu melakukan pembelian kelas) dan di sisi PMO (manajemen pelaksana program Kartu Prakerja / Pemerintah).

Berikut beberapa peraturan yang ditetapkan oleh PMO dan tidak dapat dilanggar oleh Dicoding:
  • Peserta harus belajar sesuai kelas yang peserta beli.
  • Lembaga pelatihan tidak boleh mengganti kelas yang peserta pelajari karena data kelulusan harus cocok dengan yang di sisi mitra pelatihan (tempat beli kelas) dan PMO (manajemen pelaksana program Kartu Prakerja / pemerintah).
6. Saya tidak dapat mengerjakan materi dan ingin digagalkan saja.

Dicoding adalah salah satu dari lembaga yang melakukan pelatihan. Sedangkan keputusan mengenai pelaporan gagal berada di sisi mitra pelatihan (seperti Kemnaker, Tokopedia, Bukalapak, atau platform lain di mana kamu melakukan pembelian kelas) dan di sisi PMO (manajemen pelaksana program Kartu Prakerja / Pemerintah).

Saat ini belum ada jalur bagi lembaga untuk melaporkan seorang siswa telah gagal kepada mitra pelatihan untuk diteruskan ke PMO. Hal ini berakibat pada:
  • Tidak ada kepastian kapan data siswa di PMO (prakerja.go.id) akan terupdate sebagai gagal
  • Karena data tidak terupdate, maka siswa tidak akan bisa melanjutkan ke kelas / pelatihan lain menggunakan saldo Kartu Prakerja
  • Jika tercatat gagal maka dapat berpengaruh kepada keputusan PMO untuk memberikan insentif ke siswa (peraturan ini bukan dari Dicoding)
7. Kapan saya akan dapat insentif pemerintah?

Insentif mengikuti peraturan dan jadwal PMO (manajemen pelaksana program Kartu Prakerja / pemerintah). Mengenai ini dapat ditanyakan ke customer service program Kartu Prakerja di prakerja.go.id

Persyaratan insentif adalah siswa harus terbukti lulus dari kelas. Harus ada bukti kelulusan yang jelas (kami mengumpulkan nilai, sertifikat dan pekerjaan kalian untuk dilaporkan ke mitra pelatihan dan PMO).

Pelaporan dari Dicoding ke mitra pelatihan terjadi secara harian namun proses dari mitra pelatihan ke PMO dapat membutuhkan waktu sampai 3x24jam atau lebih panjang. Setelah dilaporkan ke PMO, sisi mereka juga akan membutuhkan waktu untuk tercatat bahwa kalian sudah lulus.

8. Apakah saya dapat mendaftar ke kelas dan pelatihan lain?

Dicoding sebagai lembaga pelatihan tidak memiliki akses untuk membantu siswa mendaftar ke kelas atau pelatihan lain. Pembelian kelas dan pelatihan ada di sisi mitra pelatihan (seperti Kemnaker, Tokopedia, dan Bukalapak).

Sesuai peraturan yang diberikan oleh PMO (manajemen pelaksana program Kartu Prakerja / pemerintah), penerima program Kartu Prakerja dapat mendaftar ke kelas dan pelatihan lain jika sudah lulus.

Pelaporan kelulusan siswa dari Dicoding ke mitra pelatihan terjadi secara harian namun proses dari mitra pelatihan ke PMO dapat membutuhkan waktu sampai 3x24jam atau lebih panjang. Setelah dilaporkan ke PMO, sisi mereka juga akan membutuhkan waktu untuk tercatat bahwa kalian sudah lulus.

9. Bagaimana caranya mengerjakan submission / proyek akhir?

Seluruh ketentuan untuk submission telah tertulis pada modul kelas tersebut dan didasarkan pada materi yang telah diajarkan pada kelas tersebut.

Kurikulum dan modul kelas sudah melalui berbagai tahap pengecekan oleh developer expert, industri, dan pemilik teknologi seperti Google, Microsoft dan IBM untuk memastikan siswa yang benar-benar belajar akan dapat mengerjakan submission / proyek akhir tersebut.

10. Apakah tidak ada cara lain untuk lulus selain mengerjakan submission?

Kurikulum kami dibuat dengan industri dan partner global untuk memastikan lulusan sesuai dengan standar industri sekarang. Untuk memenuhi standar tersebut, lulusan wajib dapat membuktikan bahwa mengerti materi melalui sebuah submission / proyek akhir. Maka sertifikat Dicoding dinilai tinggi dan dipercaya, bahkan oleh perusahaan seperti Google (berbagai beasiswa pemrograman dari Google menggunakan materi dan sertifikat kami).

Oleh karena itu tidak ada cara lain untuk lulus selain mengerjakan submission.

11. Saya mau diluluskan tanpa menyelesaikan kelas atau mengerjakan submission.

Untuk pelaporan kelulusan, Dicoding diwajibkan memberikan bukti kelulusan yang jelas (kami mengumpulkan nilai, sertifikat dan pekerjaan kalian untuk dilaporkan ke mitra pelatihan dan PMO).

Akan ada pengecekan di sisi mitra pelatihan dan PMO untuk setiap kelulusan. Sebagai program pemerintah pengecekan dapat juga melibatkan instansi lain seperti KPK.

Pelanggaran seperti meluluskan tanpa melalui prosedur yang benar dapat berimbas hilangnya insentif dan hukuman untuk siswa program Kartu Prakerja.

12. Bagaimana saya bertanya jika ada kesulitan?

Setiap kelas memiliki forum diskusi untuk berkonsultasi mengenai materi. Cara akses ada di https://help.dicoding.com/academy-dicoding/bagaimana-jika-saya-ingin-konsultasi-dengan-reviewer/

13. Saya sudah tulis di forum diskusi namun tidak dijawab.

Sesuai syarat & ketentuan belajar di Dicoding, pertanyaan di forum diskusi akan direspon dalam waktu 2 hari kerja. Jika tidak direspon dalam waktu lebih dari 2 hari kerja, silakan lapor kepada kami melalui tombol chat yang ada di kanan bawah halaman website Dicoding.

Mayoritas kelas di Dicoding memberikan waktu 30 hari untuk menyelesaikan yang merupakan waktu yang cukup untuk dapat bertanya dan mendapatkan jawaban.


Tentang Dicoding

Kurikulum Standar Industri Internasional

Dicoding Academy bekerjasama dengan perusahaan teknologi dunia dalam pengembangan kelas-kelasnya. Mulai dari tingkat pemula hingga profesional.


Google Authorized Training Partner
Academy Partner Google
AWS Educate
Academy Partner Microsoft
LINE

Kenapa Dicoding Academy Berbeda

Saatnya bijak memilih sumber belajar. Tak hanya materi yang terjamin,
Dicoding Academy juga memiliki reviewer profesional yang akan mengulas kodemu.

Online Tanpa Tatap Muka

Mau kapan pun, di mana pun, bisa belajar. Setiap kelas tersedia forum diskusi untuk dapat bertanya hal teknis terkait materi.

Materi Up-To-Date

Kurikulum dibuat dengan skenario nyata yang selalu diupdate dengan teknologi terkini.

Akses Seumur Hidup

Akses ke kelas tersedia seumur hidup bagi lulusannya, termasuk akses ke materi terbaru dan forum diskusinya.

Alur Belajar Jelas

Tidak perlu bingung mulai dari mana, berbagai learning path disusun terstruktur agar target belajar lebih mudah tercapai.

Bedah Kode Developer Expert

Setiap tugas direview oleh developer expert. Feedback diberikan secara in-line pada kode yang siswa tulis.

Belajar Lebih Leluasa

Dengan berlangganan, Anda dapat mempelajari semua kelas dengan lebih mudah.

Learning Path Sesuai Kebutuhan Karir

Jangan sampai bingung memulai dari mana. Tersedia berbagai Learning Path yang membantumu belajar sesuai kebutuhanmu dengan alur yang jelas.

Apa kata lulusan Dicoding Academy?

Sudah ribuan siswa yang sukses belajar di Dicoding Academy. Mau tau pendapat dari sisi mereka? Ini adalah testimoni asli mereka.