BEKRAF Developer Conference 2017
Seminar

BEKRAF Developer Conference 2017

Diselenggarakan oleh: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia
Event Telah Selesai

Deskripsi

BEKRAF Developer Conference adalah event yang diadakan oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dan didukung penuh oleh Dicoding Indonesia. BEKRAF Developer Conference 2017 bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi untuk membangun ekosistem terbaik untuk developer di Indonesia. Acara ini diharapkan akan memunculkan sinergi dari stakeholder ekosistem yaitu akademisi, developer, komunitas, pemerintah, media, dan industri. Acara ini akan diadakan pada 25 November 2017 pk 08.00-21.00 di Bandung. Kuota acara ini sebanyak 250 peserta dari seluruh elemen stakeholder dari seluruh Indonesia.


Peserta dipersilakan waiting list terlebih dahulu, kemudian mengirim email ke bdd@dicoding.com yang berisi link portofolio Aplikasi / Game / Chatbot / Solusi Digital / account store


Peserta yang telah dikonfirmasi akan masuk dalam kuota. Peserta dari luar Bandung disediakan akomodasi oleh BEKRAF (1 malam tanggal 25 - 26 November 2017) apabila telah dikonfirmasi dapat hadir oleh tim terkait. Transportasi ditanggung secara pribadi, Mohon tidak booking transportasi sebelum ada konfirmasi anda dapat hadir / masuk kuota.


Target Peserta Developer:

  • Indie developer
  • Professional developer
  • Top developer


Persyaratan Peserta Developer:

  • Memiliki minimal 1 portofolio aplikasi atau game. 
  • Apabila peserta terdaftar di store (App Store, Play Store, Tizen Store, Windows Store, dsb.) akan diprioritaskan.  Silakan ikuti petunjuk di https://blog.dicoding.com/cara-verifikasi-store/ 
  • 1 entitas/startup/company maksimal mendaftarkan 3 orang anggota (daftar secara individu). Silakan email bdd@dicoding.com setelah mendaftar agar kami konfirmasikan.


Benefit untuk Developer:

  • Penyampaian pendapat dan kebutuhan developer
  • Networking dengan asosiasi dan komunitas developer
  • Networking dengan Pemerintah
  • Networking dengan Industri


Entitas Pemerintah yang Diundang:

  • Badan Ekonomi Kreatif
  • Kementrian Komunikasi dan Informatika
  • Kementrian Perindustrian
  • Kementrian Perdagangan
  • Dsb.


Entitas Industri yang Diundang:

  • IBM
  • Microsoft
  • Samsung
  • LINE (dalam konfirmasi)
  • Google (dalam konfirmasi)
  • Dsb.


Tujuan dari BEKRAF Developer Conference 2017 antara lain:

  • Menghubungkan akademisi, developer, komunitas, pemerintah, media, dan industri.
  • Mengumpulkan masukan dan pendapat dari developer di Indonesia.
  • Membuka kesempatan kolaborasi kepada stakeholder ekosistem dalam rangka menghadapi tantangan global.

Opening & Plenary I (1 Track)

1

Opening & Plenary I

25 Nov 2017 09:00 s/d 25 Nov 2017 10:30

Ringkasan

07.30 – 08.30

Registrasi Ulang

08.03– 08.45

Pembukaan & Doa

08.45 – 09.30

Sambutan BEKRAF

09.30 – 10.15

Plenary 1
Darurat Produk Aplikasi dan Permainan Digital Kelas Dunia

Pemateri:
Co Founder Dicoding

10.15 – 10.30

Sesi tanggapan dan tanya jawab

10.30 – 11.00

Coffee Break

Breakout 1 (3 Track)

Swipe ke kanan-kiri untuk melihat semua track.
Swipe ke kanan-kiri untuk melihat semua track.

1

Breakout 1A

25 Nov 2017 11:00 s/d 25 Nov 2017 12:15

Ringkasan

1A - Konsistensi dalam Membangun Produk Aplikasi Digital

 

Pemateri:

  1. Ray Rizaldy (GITS Indonesia)

  2. Najib Abdillah (Product Development - Sebangsa)

  3. Arie Affianto (Samsung Developer Warrior - Profilku)

 

Moderator: Demis Rizky Gosta (Information Technology Editor for Print and Online – Bisnis Indonesia)

2

Breakout 1B

25 Nov 2017 11:00 s/d 25 Nov 2017 12:15

Ringkasan

1B - Konsistensi dalam Membangun Permainan Digital

 

Pemateri:

  1. Rudy Sumarso (Creative Director - Wisageni)

  2. Yanuar Tanzil (Founder - IPlayAllDay Studio)

  3. Cipto Adiguno (CEO - Ekuator Games)

 

Moderator: Ricky Setiawan (Duniaku Network)

3

Breakout 1C

25 Nov 2017 11:00 s/d 25 Nov 2017 12:15

Ringkasan

1C - Konsistensi dalam Membangun Intelectual Property

 

Pemateri:

  1. Agung Subagiyo (Game Artist - Minimo Studio)

  2. Rachmad Imron (Founder - Digital Happiness)

  3. Fauzil Hamdi (CEO - The Wali Studio)

 

Moderator: Caecilia Mediana (Jurnalis)

Breakout 2 (3 Track)

Swipe ke kanan-kiri untuk melihat semua track.
Swipe ke kanan-kiri untuk melihat semua track.

1

Breakout 2A

25 Nov 2017 13:15 s/d 25 Nov 2017 14:30

Ringkasan

2A - Kolaborasi bersama Industri

 

Pemateri:

  1. Irsan S. Saputra (ISV & Ecosystem Business Development - IBM Indonesia)

  2. Alfred S. Boediman (Samsung R&D Institute Indonesia)

  3. Dilla Anindita (LINE)

 

Moderator: Adrianus Yoza (CIO - Dicoding Indonesia)

2

Breakout 2B

25 Nov 2017 13:15 s/d 25 Nov 2017 14:30

Ringkasan

2B - Kolaborasi bersama Komunitas

 

Pemateri:

  1. Sidiq Permana (Google Developer Expert Android, CIO - Nusantara Beta Studio)

  2. Aflacha Imadida (Gamedev Semarang)

  3. Nurendratoro (Google Developer Group Bogor Manager)

 

Moderator: Firman Nugraha (Co-Founder Teknojurnal)

3

Breakout 2C

25 Nov 2017 13:15 s/d 25 Nov 2017 14:30

Ringkasan

2C - Kolaborasi bersama Pemerintah

 

Pemateri:

  • Muhammad Azhar Iskandar Zainal, MBA (Kasubdit Manajemen Pelaksanaan TIK, Kedeputian Infrastruktur, BEKRAF)
  • Menhariq Noor, S.Kom, M.T (Kasubdit Perancangan TIK, Kedeputian Infrastruktur, BEKRAF)
  • Luat Sihombing, S.Kom ( Kasie Manajemen Audit Penyelenggaraan Sistem Elektronik, Kementerian Komunikasi dan Informatika)

 

Moderator: : Iman Argiono S.Kom, M.T (Kasubag Tata Usaha Direktorat Fasilitasi Infrastruktur TIK, Kedeputian Infrastruktur, BEKRAF)

Plenary dan Networking Night (1 Track)

1

Plenary dan Networking Night

25 Nov 2017 14:15 s/d 25 Nov 2017 21:00

Ringkasan

15.45 – 16.45
Plenary 2:
Diskusi Panel Hasil Breakout Konsistensi dan Kolaborasi

Pemateri : 

1. Moderator 1A - Demis Rizky Gosta  (Information Technology Editor for Print and Online – Bisnis Indonesia)
2. Moderator 1B - Ricky Setiawan (Duniaku Network)
3. Moderator 1C - Caecilia Mediana (Jurnalis)
4. Moderator 2A - Adrianus Yoza (Dicoding)
5. Moderator 2B - Firman Nugraha (Co-Founder Teknojurnal)
6. Moderator 2C - Iman Argiono S.Kom, M.T (Kasubag Tata Usaha Direktorat Faslitasi Infrastruktur TIK, Kedeputian Infrastruktur, BEKRAF) 


Moderator:
Firstman Marpaung (AksiNusantara)

16.45 – 17.00
Survey Anonymous & NDA
Kevin Kurniawan (CIO - Dicoding Indonesia)

17.00 – 18.15
Plenary 3:
Mencapai Titik Sustainability agar Dapat Konsisten Membangun Aplikasi dan Permainan Digital Kelas Dunia

Pemateri:

1. Arief Widhiyasa (Proud Crew of Agate Studio)
2. Eldwin Viriya (CEO & Founder at Own Games)
3. Puja Pramudya (Co Founder & Technology Director at Radya Labs)
4. Andi Taru (CEO - Educa Studio, Samsung Developer Warrior, Deputi Edukasi AGI)

Moderator:
Kevin Kurniawan (CIO - Dicoding Indonesia)

18.15 – 18.45
Ishoma    

18.45 – 19.00
Pengumuman hasil survey
Pemateri:
Kevin Kurniawan (COO - dicoding)

19.00 – 19.30
Plenary 4:
Kesimpulan Conference

Pemateri:

1. Adam Ardisasmita (CEO - Arsanesia, Intel Game Innovator, Ketua Harian AGI)
2. Fathah Noor Prawita (Telkom University)
3. Muhammad Azhar Iskandar Zainal, MBA (Kasubdit Manajemen Pelaksanaan TIK, Kedeputian Infrastruktur, BEKRAF)
Moderator:
Co Founder (Dicoding Indonesia)

19.30 – 21.30
Dinner & Awarding
Networking Night


Keikutsertaan
Pendaftaran Tutup
Bonus Kehadiran
Point
: 25 Pts
Jadwal Pelaksanaan
Mulai
: 25 Nov 2017 08:00
Selesai
: 25 Nov 2017 21:00
Lokasi

Akan diinformasikan hanya ke peserta yang Dikonfirmasi

Kota Bandung